November
16
2022
     22:03

Dorong Industri Pariwisata, Blibli Perkuat Ekosistem Omnichannel Travel & Hiburan

Dorong Industri Pariwisata, Blibli Perkuat Ekosistem Omnichannel Travel & Hiburan
ILUSTRASI. Prosesi Peresmian Nota Kesepakatan Antara Blibli dan Tourism Malaysia.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Sebagai pelopor omnichannel commerce dan lifestyle platform di Indonesia, Blibli berkomitmen untuk menghadirkan ekosistem yang seamless dalam memenuhi setiap kebutuhan pelanggan sehari-hari dengan mudah. Tidak terkecuali kebutuhan perjalanan dan hiburan, Blibli memiliki kategori tiket, voucher, dan juga pilihan tour & travel berkualitas untuk mewujudkan one-stop shopping destination terbaik bagi semua pelanggan.

Memperkuat pelayanan dalam kategori travel guna memenuhi animo pelanggan, Blibli memulai kerjasama dengan Tourism Malaysia (TM) secara simbolis yang bertempat di Grand Hyatt Hotel Jakarta pada 15 November 2022. Melalui kerja sama ini, pelanggan akan mendapatkan lebih banyak pilihan harga terbaik untuk destinasi wisata dan berbagai atraksi hiburan di Malaysia, tiket perjalanan, serta kelengkapan travel lainnya.

Komitmen di atas selaras dengan kebangkitan sektor pariwisata dan industri kreatif nasional pasca-pandemi, di mana menurut data World Economic Forum 2022, posisi Indonesia meningkat tajam dari peringkat ke-44 menjadi ke-32 dalam Global Tourism Index. Fakta tersebut di antaranya dipengaruhi oleh pertumbuhan tingkat vaksinasi, serta pembukaan kembali sebagian besar perbatasan internasional di seluruh dunia.

Di saat bersamaan, Blibli juga mencatatkan pertumbuhan positif atas bisnis traveling & entertainment, seperti di antaranya kenaikan permintaan rental kendaraan roda empat yang signifikan di paruh kedua tahun 2022, penjualan tiket event di semester II naik 7 kali lipat dibandingkan semester I pada tahun yang sama, serta pembelian tiket penerbangan dan kereta api yang masing-masing meningkat 2,5 dan 4 kali lipat dibanding tahun 2021.

Executive Vice President (EVP) of Digital Product & Automotive Category Blibli, Lay Ridwan Gautama, mengatakan, “Sejalan dengan dukungan nyata Blibli dalam memperkuat pertumbuhan sektor pariwisata dan industri kreatif, kami dengan senang hati mengumumkan awal kemitraan bersama Tourism Malaysia.

Selain untuk sama-sama membangkitkan industri pariwisata, sinergi ini turut menghadirkan pengalaman travel & lifestyle yang terintegrasi penuh dalam satu platform yang mempermudah customer journey, sebelum dan selama bepergian. Sinergi ini juga mempertegas komitmen Blibli dalam menyediakan layanan berkualitas terbaik dan berfokus pada pelanggan serta didukung dengan berbagai kemudahan, diantaranya kelengkapan fasilitas pembayaran baik itu dengan partner bank, kartu kredit atau debit, dompet digital sampai dengan cicilan.”

Senada dengan optimisme tersebut, Bapak Mohd Yusri Mohd Yusof, Wakil Sekretaris Jenderal (Kebudayaan), Kementerian Pariwisata, Seni dan Budaya Malaysia mengatakan, “Sinergi yang terjalin ini merupakan salah satu pelayanan terbaik yang bisa didapatkan pelanggan Blibli dalam memenuhi kebutuhan travelling ke Malaysia dengan mudah. Apresiasi saya untuk Blibli yang telah menjadi pelopor omnichannel commerce & lifestyle platform terdepan di Indonesia, menjadikannya pilihan yang tepat bagi pelanggan saat travelling karena semua yang dibutuhkan berada dalam satu platform yang mudah dan nyaman.”

Ke depannya, baik Blibli maupun TM, optimis sinergi yang dijalin oleh keduanya dapat mendorong terciptanya layanan yang lebih terpersonalisasi dan semakin customer-centric, khususnya terkait traveling & entertainment, kepada seluruh pelanggan. Kedua belah pihak juga berharap sinergi ini dapat menghadirkan berbagai inovasi yang relevan dengan kebutuhan customer journey, termasuk aktif mendukung kebangkitan industri pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia dan Malaysia melalui platform Blibli yang inklusif.

“Blibli optimis melalui sinergi dengan TM, yang didukung oleh solusi omnichannel terdepan, dapat membantu pelanggan memenuhi kebutuhan travelling pasca-pandemi, yang mana mendukung perjalanan dengan nyaman dan mudah melalui pemanfaatan teknologi digital terpadu,” tutup Lay.

Sementara itu, menyemarakkan sinergi ini, Blibli memberikan voucher potongan harga spesial hingga Rp200.000 untuk booking hotel, pembelian tiket pesawat, serta pemesanan tur dan atraksi wisata di website blibli.com sampai dengan April 2023. Jangan lewatkan juga berbagai kompetisi dan kuis menarik di akun Instagram Sahabatperjalananmu, yang berhadiah tiket penerbangan gratis dari/ke berbagai destinasi di Malaysia.

Tentang Blibli

Didirikan tahun 2011, PT Global Digital Niaga Tbk (“Blibli” atau “Perseroan”; BEI: “BELI”) merupakan pelopor ekosistem perdagangan dan gaya hidup omnichannel terdepan di Indonesia yang fokus melayani konsumen ritel dan institusi lewat konektivitas digital. Blibli mengintegrasikan pengalaman online dan offline melalui layanan e-commerce dan toko fisik untuk beberapa mitra merek terkemuka.  Selain itu, Blibli juga berkolaborasi dengan lebih dari 27.000 toko yang melayani fitur Blibli InStore dan Click&Collect, serta didukung oleh infrastruktur rantai pasok, termasuk jaringan pergudangan dan logistik yang dikembangkan secara nasional dan meningkatkan layanan pengiriman langsung lewat layanan Blibli Express Services (BES), dan berbagai mitra logistik pihak ketiga.

Pada tahun 2017, Blibli mengakuisisi tiket.com untuk memperluas layanan hingga perjalanan, akomodasi, dan pengalaman gaya hidup. Pada tahun 2021, ekosistem omnichannel Blibli semakin lengkap dengan penambahan produk segar dan kebutuhan sehari-hari bagi pelanggannya melalui akuisisi PT Ranch Market Tbk (BEI: “RANC”) – perusahan pengelola sejumlah supermarket seperti Ranch Market dan Farmers Market. Pada tahun 2022, Blibli menempati peringkat pertama kategori consumer electronics dan makanan segar (fresh products) B2C omnichannel menurut Frost & Sullivan, serta memiliki layanan pelanggan 24/7.

Blibli memiliki unified omnichannel ecosystem yang disebut sebagai Blibli Tiket terdiri dari entitas anak, tiket.com dan Ranch Market, untuk menegaskan sinergi ekosistem yang memberikan kemudahan serta nilai tambah bagi pelanggan, dengan menyediakan layanan lebih lengkap, bermanfaat juga terintegrasi di setiap channel dan platform.

Saham Blibli diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan kode saham "BELI"

Baca Juga: Begini Jurus Blibli (BELI) Hadapi Ketidakpastian Global

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved