April
08
2022
     11:08

Dorong Daya Saing Ekspor Pangan & Makanan Olahan, Kemendag Gelar Klinik Produk Ekspor

Dorong Daya Saing Ekspor Pangan & Makanan Olahan, Kemendag Gelar Klinik Produk Ekspor
ILUSTRASI. Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga memberikan sambutan acara Klinik Produk Ekspor Unggulan Daerah dengan tema Peningkatan Nilai Tambah dan Daya Saing Produk Pangan dan Makanan Olahan Orientasi Ekspor di Manado, Sulawesi Utara, Kamis (6 April).

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Sebagai upaya peningkatan daya saing ekspor produk pangan dan makanan olahan Indonesia ke pasar global, Kementerian Perdagangan kali ini menyelenggarakan Klinik Produk Ekspor di Manado, Sulawesi Utara, Kamis (7/4). Acara yang dilaksanakan secara hibrida ini mengangkat tema “Peningkatan Nilai Tambah dan Daya Saing Produk Pangan dan Makanan Olahan Orientasi Ekspor”.

“Sulawesi Utara memiliki potensi yang sangat besar pada sektor makanan olahan. Acara klinik produk ekspor kali ini diharapkan dapat mendorong para pelaku usaha untuk meningkatkan kualitas serta daya saing ekspor produk pangan dan makanan olahan,” ujar Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga.

Sepanjang 2021, kinerja ekspor makanan olahan Indonesia ke dunia mencatatkan peningkatan yang cukup signifikan. Nilai ekspor produk makanan olahan Indonesia pada 2021 mencapai USD 5,18 miliar. Adapun tren eskpor makanan olahan Indonesia ke dunia selama periode 2017—2021 mengalami pertumbuhan rata-rata sebesar 8,90 persen.

Menurut Wamendag, situasi perdagangan global yang saat ini memasuki masa transisi pemulihan diharapkan akan meningkatkan ekspor produk makanan olahan Indonesia. Untuk itu, semoga kegiatan ini mampu memberikan manfaat dan wawasan tentang peningkatan nilai tambah serta daya saing dalam upaya menembus pasar internasional.

“Para pelaku usaha harus mampu mengadaptasi berbagai perubahan pada pasar ekspor melalui penerapan manajemen yang efektif. Mulai dari penciptaan nilai tambah produk, melakukan inovasi, serta pengembangan merek sebagai identitas produk,” imbuh Wamendag.

Direktur Pengembangan Produk Ekspor Kementerian Perdagangan Miftah Farid menyampaikan, setiap transisi dan perubahan harus dikelola dan dimanfaatkan sebagai peluang peningkatan ekspor. “Pelaku usaha harus memiliki kepekaan terhadap perubahan gaya hidup, ekonomi, sosial, dan lingkungan. Kami melihat tren sustainability akan menjadi aspek utama keberterimaan konsumen global yang lebih sadar akan kualitas dan standar internasional,” tutur Miftah.

Dalam Klinik Produk Ekspor kali ini, turut disampaikan empat fokus strategi dalam peningkatan daya saing produk ekspor Indonesia, yaitu memahami selera dan regulasi pasar yang disampaikan oleh Kepala Indonesia Trade Promotion Center (ITPC) Sydney Ayu Siti Maryam, serta pemanfaatan pemasaran digital untuk memperluas akses pasar oleh Kepala ITPC Vancouver Robby Handoko.

Selanjutnya, disampaikan pula strategi melalui sertifikasi keamanan pangan untuk memperkuat nilai tambah produk ekspor serta memaksimalkan keberterimaan produk makanan olahan di negara tujuan ekspor oleh food safety consultant Andika Prakoso, dan diversifikasi produk primer menjadi produk ekspor bernilai tambah yang disampaikan oleh Direktur Utama PT Karlee Indonesia Kiki Puspita Sari yang juga peraih Primaniyarta Award. Selain itu, dalam kegiatan kali ini juga diselenggarakan sesi konsultasi bisnis serta kunjungan ke beberapa perusahaan di wilayah Manado dan sekitarnya.

Pada 2021, ekspor Sulawesi Utara menempati urutan ke-10 provinsi yang menyumbangkan nilai ekspornya pada sektor makanan olahan. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), pada Januari 2022 nilai ekspor produk makanan olahan provinsi Sulawesi Utara tercatat sebesar USD 13,86 juta atau tumbuh 18,10 persen dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved