December
06
2022
     09:07

Diageo & Britcham Gelar Program Pelatihan Learning for Life guna Dorong Kewirausahaan

Diageo & Britcham Gelar Program Pelatihan Learning for Life guna Dorong Kewirausahaan
ILUSTRASI. Sesi diskusi pola pikir seorang wirausahawan yang digelar Diageo Indonesia dan Kamar Dagang Inggris di Indonesia (BritCham Indonesia) di WTC Tower 3 Jakarta dan narasumber berbagi pengalaman dalam membangun dan membesarkan usaha mereka.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Diageo Indonesia dan Kamar Dagang Inggris di Indonesia (BritCham Indonesia) hari ini memulai pelaksanaan program Learning for Life fase kedua di Indonesia yang ditandai dengan digelarnya kegiatan seminar dan panel diskusi yang menampilkan pengusaha dan atau founder UMKM terkemuka sebagai pembicara, yang akan berbagi pengalamannya dalam membangun dan membesarkan usaha mereka. Acara seminar berlangsung di gedung Word Trade Center (WTC) Tower 3 dihadiri oleh lebih dari 100 peserta.

Mewakili Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Indonesia, Teten Masduki, Leonard Theosabrata selaku Direktur Utama Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi & UKM (LLP-KUKM) SMESCO memberikan sambutannya pada pembukaan seminar menegaskan kembali pentingnya pengembangan usaha mikro kecil menengah, “Kontribusi UMKM terhadap pengembangan bisnis usaha di Indonesia menjadi sangat penting dan kita harus membangun usaha yang mempunyai culture kita sendiri, barang kita sendiri yang kita miliki dan ketika besar dapat bekerjasama dengan perusahaan dan organisasi seperti Diageo dan BritCham untuk masuk ke pasar global.

Kerjasama dengan organisasi multinasional akan mengakselerasi pertumbuhan UMKM dan menguatkan perannya sebagai tulang punggung pertumbuhan perekonomian Indonesia. Saya mengapresiasi digelarnya rangkaian pelatihan kewirausahaan yang digagas Diageo Indonesia dan BritCham, dan berharap para peserta dapat mengoptimalkan ilmu yang didapat dari pelatihan ini dan mengaplikasikannya dalam pengembangan usaha masing-masing.”

Posisi UMKM sebagai tulang punggung perekonomian Indonesia didukung oleh jumlah pelaku usaha yang mencapai 64,2 juta. Pada tahun 2021, UMKM berkontribusi terhadap PDB sebesar 61,07 persen atau senilai Rp8.573,89 triliun. UMKM juga menyerap tenaga dan memberikan lapangan kerja bagi 97 persen dari total tenaga kerja yang ada atau sekitar 117 juta pekerja.1

Kehadiran seminar dan pelatihan Learning for Life dalam pengembangan UMKM merefleksikan misi Diageo untuk menginspirasi dan mentransformasi kehidupan masyarakat dimanapun Diageo beroperasi. Direktur Corporate Relations Diageo Indonesia Dendy A. Borman menegaskan bahwa Diageo akan terus berkontribusi kepada masyarakat dimana perusahaan beroperasi, “Diageo telah menyiapkan program Learning for Life dan menyediakan perangkat untuk pelatihan dan keterampilan di area utama yang menjadi perhatian Diageo seperti industri hospitality, ritel, kewirausahaan, dan pariwisata. Learning for Life adalah bagian dari pilar inclusivity dan diversity yang digagas Diageo dalam rencana strategis 10 tahun Society 2030: Spirit of Progress.”

Direktur Eksekutif BritCham Indonesia, Chris Wren, berkomentar, “Senang sekali dapat mendukung Anggota Utama kami dalam kolaborasi Learning 4 Life ini. BritCham Indonesia banyak berinvestasi dalam pilar 'bakat' kami melalui Education Center dan Human Capital Member Focus Group kami. Indonesia memiliki ambisi tujuan pembangunan nasional dan ini hanya dapat dicapai dengan perpaduan yang tepat dan kompetensi bakat. Hari Kewirausahaan ini juga membantu untuk merangsang ambisi yang kuat dari orang dewasa muda untuk menjadi pebisnis. Kami berharap dapat membangun hubungan yang hebat dan berkelanjutan dengan Diageo”.

Fokus program ini juga meningkatkan keterlibatan perempuan dalam pengembangan UMKM, sejalan dengan harapan Kemenkop UKM yang juga melihat potensi dan tren pelaku UMKM perempuan yang terus meningkat. 64 persen pelaku UMKM di Indonesia adalah perempuan.

Seminar Learning for Life pada hari ini akan membahas tiga topik utama, yakni:
-    Pola Pikir Seorang Wirausahawan (Entrepreneur Mindset)
-    Cara Jitu Pitching Ide Bisnis Baru Kepada Investor (Effective Ways of Pitching New Ventures to Investors), dan
-    Strategi Pemasaran Cermat untuk Mempertahankan Bisnis Usaha (Developing Business through Smart Marketing)

Penandatanganan kesepakatan kerjasama pelatihan Learning for Life telah dilakukan di Jakarta pada 20 Mei 2022 antara Direktur Corporate Relation Diageo Indonesia, Dendy A. Borman, dan Ketua Dewan BritCham Indonesia, Rino Donosepoetro.  Program Learning for Life dimulai di Jakarta pada bulan ini dan dilanjutkan di Bali pada tahun 2023.

Baca Juga: Diageo Indonesia Raih 2 Penghargaan Tertinggi di Global CSR & ESG Summit & Awards2022

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2023 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved