March
01
2023
     19:55

Di Arena Mobile World Congress 2023 XL Axiata Terima Opensignal Awards

Di Arena Mobile World Congress 2023 XL Axiata Terima Opensignal Awards
ILUSTRASI. XL Axiata berhasil memenangi 4 kategori. Di sela-sela Mobile World Congress 2023 di Barcelona, Spanyol, Rabu (1/3), I Gede Darmayusa, Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata menerima langsung tanda penghargaandari Dave Isenberg, CEO Opensignal.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Kerja keras PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) dalam menghadirkan pengalaman terbaik bagi pelanggan mendapat pengakuan dari masyarakat pelanggan layanan data. Desember 2022 lalu, XL Axiata dinyatakan berhasil memenangi empat kategori dalam survey Opensignal 2022.

Di sela-sela ajang Mobile World Congress 2023 yang berlangsung di Barcelona, Spanyol, Rabu (1/3), I Gede Darmayusa, Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata menerima langsung tanda penghargaan atas kesuksesan tersebut dari Dave Isenberg, CEO Opensignal.

Direktur & Chief Teknologi XL Axiata, Direktur & Chief Teknologi, mengatakan, “Pengakuan dari masyarakat melalui survey Opensignal ini tentu sangat membanggakan kami. Ini juga akan lebih memotivasi kami untuk bisa lebih baik lagi dalam melayani pelanggan. Kini standar kualitas XL Axiata telah meningkat dan menjadi tantangan bagi kami untuk bisa lebih baik lagi di bulan-bulan ke depan, termasuk memenangi kategori lainnya.”

Hasil survey Opensignal periode bulan 1 Agustus – 29 Oktober 2022, XL Axiata berhasil memenangi empat dari sembilan kategori. Keempat kategori tersebut yakni, pengalaman kecepatan unduh, pengalaman video, pengalaman gim, dan pengalaman aplikasi suara.

Gede menambahkan, berbagai inisiatif dan inovasi memang telah diimplementasikan oleh XL Axiata untuk meningkatkan kinerja jaringan. Upaya-upaya tersebut antara lain berupa menjaga ketersediaan dan kualitas sinyal pada seluruh BTS XL Axiata, serta optimisasi di sisi jaringan dan service (antara lain gim, video, voice).

Upaya peningkatan kualitas jaringan tersebut dilaksanakan secara berkesinambungan sehingga mampu mendekati espektasi experience yang diinginkan pelanggan. Selain itu, XL Axiata juga menerapkan smart investment, yaitu menambah kapasitas jaringan dengan mempertimbangkan pengaruh langsung terhadap pengalaman pelanggan.

Berikut ini penjelasan terkait empat kategori survei pengalaman seluler dari Opensignal yang berhasil dimenangi oleh XL Axiata *).

Kategori Pangalaman Video
Pengalaman Video Opensignal mengukur kualitas video yang streaming ke perangkat seluler dengan mengukur streaming video nyata melalui jaringan operator. Metrik tersebut didasarkan pada pendekatan berbasis Persatuan Telekomunikasi Internasional (ITU) yang dibangun berdasarkan penelitian mendalam yang menghasilkan suatu hubungan antara parameter teknis, termasuk kualitas gambar, waktu pemuatan video dan laju penundaan, dengan pengalaman video yang dialami sesuai dengan laporan dari orang-orang. Pengguna XL Axiata menikmati pengalaman terbaik saat streaming video melalui jaringan seluler di Indonesia. Hasilnya, XL Axiata kembali menjadi pemenang Pengalaman Video Opensignal, dengan 46,5 poin (dari 100).
 
Kategori Pangalaman Game
Metrik Pengalaman Game Opensignal mengukur bagaimana pengguna seluler merasakan permainan seluler multipemain secara nyata pada jaringan operator. Diukur pada skala 0-100, pengalaman ini menganalisis bagaimana pengalaman bermain game seluler multipemain pengguna dipengaruhi oleh kondisi jaringan seluler termasuk latensi, kehilangan paket, dan jitter.

XL Axiata mengalahkan persaingan dalam hal kualitas pengalaman bermain game seluler multiplayer di Indonesia. XL Axiata adalah pemenang baru dari penghargaan Pengalaman Game oleh Opensignal dengan skor 67,1 poin (dari 100).

Kategori Pangalaman Aplikasi Suara
Pengalaman Aplikasi Suara Opensignal mengukur kualitas pengalaman untuk layanan suara over-the-top (OTT) menggunakan model yang diturunkan dari pendekatan berbasis International Telecommunication Union (ITU) untuk mengukur kualitas panggilan suara secara keseluruhan dan serangkaian parameter teknis yang dikalibrasi.

Model ini mencirikan hubungan yang tepat antara pengukuran teknis dan kualitas panggilan yang dirasakan. Pengalaman Aplikasi Suara untuk setiap operator dihitung dalam skala dari 0 hingga 100.

XL Axiata menjadi yang teratas dalam Pengalaman Aplikasi Suara, dengan peningkatan 2,3 poin yang dilaporkan oleh pengguna di jaringannya. XL Axiata menjadi pemenang langsung baru dari penghargaan Pengalaman Aplikasi Suara. Pengguna XL Axiata menikmati pengalaman terbaik saat menggunakan layanan suara over-the-top (OTT) yakni aplikasi suara seluler seperti WhatsApp, Skype, dan Facebook Messenger.
 
Kategori Pangalaman Kecepatan Unduhan
Diukur dalam Mbps, Pengalaman Kecepatan Unduhan mewakili kecepatan sehari-hari yang dialami pengguna di seluruh jaringan data seluler operator. Pengguna seluler di Indonesia kembali mengamati kecepatan unduhan rata-rata tercepat di jaringan XL Axiata.

Oleh karena itu, XL Axiata menjadi pemenang penghargaan Pengalaman Kecepatan Unduhan, kali ini dengan skor 20,8 Mbps. Sementara itu, pengguna XL Axiata mengalami peningkatan terbesar dalam kecepatan pengunduhan rata-rata naik 10,9% sejak laporan terakhir Opensignal.

Hingga akhir 2022, XL Axiata mengoperasikan lebih dari 91 ribu BTS 4G yang melayani lebih dari 57 juta pelanggan. Jumlah BTS 4G ini meningkat 19% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, dengan tingkat keterhubungan dengan jaringan fiber optik mencapai 54% (fiberized).

Jaringan tulang punggung fiber optik milik XL Axiata membentang sepanjang lebih dari 130 ribu km, menopang jaringan data yang tersebar di Kepulauan Indonesia yang sangat luas.

*Opensignal Awards – Indonesia: Mobile Network Experience Report December 2022, based on independent analysis of mobile measurements recorded during the period August 1 – October 30, 2022  © 2022 Opensignal Limited.

Tentang XL Axiata

PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) adalah salah satu perusahaan telekomunikasi terkemuka di Indonesia. XL Axiata fokus menyediakan layanan konvergensi guna memberikan kemudahan bagi aktivitas kehidupan masyarakat serta mendorong perkembangan ekonomi digital Indonesia.

Mulai beroperasi secara komersial sejak 8 Oktober 1996, XL Axiata saat ini menyediakan beragam layanan bagi pelanggan ritel dan korporat yang didukung jaringan luas dan berkualitas di seluruh Indonesia.

Sejak 2015, XL Axiata telah mengimplementasikan jaringan 4G LTE berkualitas dengan skala nasional, kemudian dilanjutkan dengan pengembangan jaringan 5G di kuartal ketiga 2021. XL Axiata merupakan bagian dari Axiata Group bersama dengan Celcom (Malaysia), Dialog (Sri Lanka), Robi (Bangladesh), Smart (Cambodia), Ncell (Nepal), Boost, ADA, edotco, dan Link Net (Indonesia).

Baca Juga: XL Axiata - ICON+ Kolaborasi untuk Adopsi Teknologi Baru dan Digitalisasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved