December
02
2022
     15:03

Dapur Umami & ABC Cooking Studio Ajak Cooking Enthusiast Kreasikan Menu Lezat & Sehat

Dapur Umami & ABC Cooking Studio Ajak Cooking Enthusiast Kreasikan Menu Lezat & Sehat
ILUSTRASI. Dapur Umami dari PT AJINOMOTO INDONESIA (Ajinomoto) mengadakan Event Cooking Class dengan Tema: “A Taste of Umami” bagi para cooking enthusiast yang merupakan member ABC Cooking Studio pada 29 November 2022.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Dapur Umami dari PT AJINOMOTO INDONESIA (Ajinomoto) mengadakan Event Cooking Class dengan Tema: “A Taste of Umami” bagi para cooking enthusiast yang merupakan member ABC Cooking Studio pada 29 November 2022. Dalam event kali ini, seluruh cooking enthusiast terlebih dahulu diajak untuk lebih mengenal platform Dapur Umami, yang memiliki banyak fitur interaktif seperti Tanya NutriExpert, Jurnal Umami, Tukar Umami Coins, dan lebih dari 900 resep praktis yang pastinya lezat dan bergizi seimbang.

Setelah diajak mengenal lebih dalam fitur-fitur Dapur Umami, para cooking enthusiast juga diajak untuk merasakan langsung perbedaan rasa asin dengan rasa umami melalui sensory test session. Melalui sensory test session ini, peserta bisa menyeimbangkan rasa asin dengan tidak mengkonsumsi natrium dari garam secara berlebihan .

Selain itu, para cooking enthusiast juga dikenalkan dengan kampanye Bijak Garam.

Hadir sebagai salah satu narasumber, Katarina Larasati - Product and Nutrition Manager, PR Department PT AJINOMOTO INDONESIA, yang membawakan sensory test session, materi MSG Safety & Benefit, serta pengenalan Bijak Garam. “Teman-teman, selama ini ada empat rasa dasar yang sudah lebih familiar kita ketahui, yakni manis, asin, pahit, asam.

Nah yang terakhir ditemukan adalah rasa umami atau gurih, ditemukan oleh seorang ilmuwan asal Jepang yaitu Dr. Kikunae Ikeda. Dalam sensory test session kali ini sesuai dengan tema acara ‘A Taste of Umami’, teman-teman dapat membedakan kaldu ayam yang lebih terasa gurih serta lezat dengan diberi sedikit MSG, dibandingkan dengan kaldu ayam diberi garam yang hanya terasa asin saja,” ucap Katarina.

“Kemudian, terkait dengan kampanye Bijak Garam yang sedang digiatkan oleh Ajinomoto, pertama-tama saya ingin menjelaskan terkait peran natrium dari garam yang sebenarnya sangat dibutuhkan tubuh sebagai zat gizi esensial untuk berbagai mekanisme fisioligis seperti memastikan keseimbangan cairan tubuh dan juga berperan dalam mengatur fungsi otot dan syaraf. Namun, jika dikonsumsi berlebihan dapat memunculkan berbagai penyakit degeneratif seperti hipertensi, stroke, gagal jantung, diabetes, dan lain lain.

Menurut WHO, anjuran konsumsi aman harian garam adalah kurang dari 5gram. Nah, kampanye Bijak Garam dari Ajinomoto mengajak keluarga Indonesia untuk hidup lebih sehat dengan mengurangi asupan atau penggunaan garam dalam mengolah makanan, namun tetap bisa memperoleh cita rasa yang tinggi, dengan cara menambahkan sedikit MSG,” lanjutnya.

Menurut Katarina, faktanya penggunaan MSG bisa menjadi strategi diet rendah garam. Sebab, kandungan natrium dalam MSG hanya sepertiga (⅓) dari kandungan natrium pada garam dapur biasa. Hal lain yang juga disinggung pada sesi tersebut adalah aspek keamanan MSG. Sebagai solusi pengurangan garam, MSG hingga saat ini dinyatakan aman oleh Badan Kesehatan Nasional (BPOM) dan dunia, untuk dikonsumsi dengan batas asupan harian: Secukupnya. Isu-isu negative yang selama dikaitkan dengan MSG adalah mitos yang secara ilmiah belum ditemukan bukti keterkaitannya. Jadi cooking enthusiast bisa menerapkan konsep Bijak Garam dengan tanpa kekuatiran.

Pada sesi berikutnya, teman-teman cooking enthusiast tentunya diajak untuk membuat kreasi masakan yang lezat, sehat, dan pastinya Bijak Garam. Menu dalam cooking class kali ini adalah Chicken Meatballs & Mushroom Soup yang menggunakan bumbu kaldu Masako Rasa Gurih Pas varian terbaru. Dengan Masako Rasa Gurih Pas yang memiliki kandungan garam lebih rendah dengan cita rasa gurih yang pas, membuat menu Chicken Meatballs & Mushroom Soup selain pastinya lezat, juga lebih sehat.

Ada banyak benefit yang didapatkan oleh seluruh cooking enthusiast yang hadir pada acara kali ini. Selain mendapatkan info kesehatan yang bermanfaat, teman-teman cooking enthusiast juga mendapatkan voucher e-commerce untuk membeli produk-produk di official store Ajinomoto, dan berkesempatan untuk berkolaborasi dengan Dapur Umami dalam event-event yang akan datang. Dengan login dan menjadi member ke https://www.dapurumami.com/, konsumen akan mendapatkan berbagai keuntungan melalui fitur fitur yang ada. Cooking enthusiast seperti Member ABC Cooking studio merupakan segmen yang sangat relevan dengan platform ini, sehingga kolaborasi ini diharapkan menjadi hal yang baik bagi mereka sebagai konsumen.

Telah hadir sejak tahun 2011, platform digital Dapur Umami bertujuan untuk mempermudah konsumen dalam menemukan berbagai hal terkait referensi menu, tips memasak, dan informasi nilai gizi. Sehingga tidak hanya memberikan referensi menu yang praktis, mudah, dan lezat, namun juga dipastikan bergizi.

Hal ini merupakan salah satu upaya Ajinomoto untuk lebih engage dan bersentuhan langsung dengan konsumen melalui platform digital (sosial media dan website Dapur Umami), dan salah satu cara Ajinomoto dalam memberikan kontribusi ataupun nilai (Ajinomoto Shared Value) kepada masyarakat Indonesia terkait isu tentang kesehatan (malnutrisi).

Tentang PT AJINOMOTO INDONESIA

Ajinomoto merupakan produsen bumbu penyedap makanan terkemuka yang telah mewarnai kehidupan masyarakat Indonesia dengan produk-produk berkualitas tinggi dan mehadirkan kelezatan di setiap masakan konsumennya. Hadir di Indonesia sejak 1969, PT AJINOMOTO INDONESIA (Ajinomoto) berkontribusi untuk kesehatan yang lebih baik bagi keluarga Indonesia dengan membuka kekuatan dari asam amino untuk mengatasi masalah makanan dan kesehatan yang terkait dengan dietary habits and aging melalui kontribusi untuk peningkatan dalam hal makanan, kesehatan dan kehidupan yang bermanfaat.

Berpegang pada nilai Ajinomoto Share Value (ASV) yang berfokus pada pilar: health and well being, food resources, dan global sustainability Ajinomoto semakin mengembangkan diri melalui berbagai inovasi produk dan layanan.

Melalui slogan globalnya “Eat Well, Live Well’, Ajinomoto terus memberikan kontribusi besar dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia sekaligus melangkah ke arah bisnis berkelanjutan yang ramah lingkungan. Ajinomoto – di usianya yang ke-53 telah mencetak pencapaian luar biasa yang menandakan kekuatan dan ketangguhan sebuah perusahaan yang dapat memberikan kontribusi besar bagi masyarakat Indonesia.

Ajinomoto berkomitmen untuk terus memberikan kontribusi positif kepada masyarakat, dengan meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan keluarga Indonesia melalui produk dan layanan berkualitas tinggi yang berfokus pada kelezatan dan kesehatan.

Baca Juga: Ajinomoto Sharing Peran Asam Amino dalam Mendukung Performa Olahraga & Cegah Cedera

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2023 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved