October
31
2022
     22:34

Danamon Umumkan Kinerja Keuangan yang Kokoh pada Kuartal III-2022

Danamon Umumkan Kinerja Keuangan yang Kokoh pada Kuartal III-2022
ILUSTRASI. Danamon kembali menunjukkan kinerja keuangan yang sehat melalui pengumuman hasil keuangan Kuartal III-2022 dan terus berkomitmen untuk menyediakan layanan perbankan dan keuangan terbaik sebagai ?Bank Pilihan Anda?

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon” dan “Bank”) hari ini mengumumkan hasil kinerja keuangan Kuartal III-2022.

Di tengah ketidakpastian pasar dan tantangan ekonomi, Danamon berhasil membukukan laba bersih konsolidasi setelah pajak (NPAT) sebesar Rp 2,5 triliun di bulan kesembilan tahun 2022, naik sebanyak 79% dari periode sama di tahun lalu (year-on-year/YoY). Bank Danamon juga berhasil membukukan pertumbuhan sebesar 8% YoY untuk Total Pinjaman dan Trade Finance. Kontributor terbesar dari pertumbuhan ini berasal dari portofolio Enterprise Banking dan Consumer Banking, yang tumbuh sebesar masing-masing 16% dan 11% YoY.

Pertumbuhan dari dua segmen ini didukung oleh kolaborasi dengan MUFG dan pendekatan strategi segmentasi yang cermat. Selain itu, Adira Finance, anak perusahaan Danamon yang bergerak di sektor pembiayaan, telah membukukan pertumbuhan pembiayaan baru sebanyak 21% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Melalui Pendekatan Institusi dan Digital, Danamon telah mempertahankan pertumbuhan positif di area pendanaan granular. CASA tumbuh sebesar 14% YoY dan rasio CASA membaik hingga 64,2% di Kuartal III-2022, dibandingkan dengan 57,6% di Kuartal III-2021. Perbaikan di komposisi pendanaan dan biaya pendanaan meningkatkan NIM (Net Interest Margin) sebanyak 32 basis poin (bps) YoY.

Danamon melanjutkan kinerja baiknya dalam memperkuat kualitas asetnya. NPL Konsolidasi (Non-Performing Loan) telah menurun menjadi  2,7% di Kuartal III-2022, atau membaik sebesar 40 bps dari tahun lalu. Danamon juga secara proaktif meningkatkan provisinya dengan Rasio NPL Coverage menjadi 217%, dibandingkan dengan 175% di periode yang sama tahun lalu. Sementara itu Rasio Loan at Risk (LAR), termasuk COVID restructure still under forbearance, telah membaik sebanyak 460 bps menjadi 14%.

Memperkuat layanan perbankan dan keuangan melalui kerja sama strategis
Sebagai salah satu bank terkemuka dan terpercaya di Indonesia, Danamon selalu berkomitmen untuk memberikan solusi perbankan dan keuangan yang paling sesuai dengan kebutuhan nasabah. Danamon telah melakukan berbagai kolaborasi dengan beberapa mitranya, seperti, LinkQu, sebuah perusahaan fintech yang menyediakan layanan transfer dana antar bank, untuk mendukung layanan jasa transfer ke Akun Virtual Danamon; Zurich Asuransi Indonesia untuk meluncurkan sebuah produk asuransi bagi UMKM yang didesain khusus  untuk membantu pertumbuhan dan pengembangan bisnis mereka; dan Eastpring Investment Indonesia untuk memperkenalkan Eastspring IDX ESG Leaders Plus Index Mutual Fund sebagai salah satu pilihan investasi yang mengedepankan prinsip-prinsip keberlanjutan.
 
Memperkuat posisi Danamon di industri perbankan Indonesia dengan sederet penghargaan dan pengakuan
Pada Kuartal III-2022,  Danamon mampu mempertahankan dan memperkuat posisi branding-nya di mata para nasabah dan pasar di Indonesia dengan sederet penghargaan dan pengakuan dari berbagai pihak, termasuk: Digital Banking Awards 2022 oleh Investor Magazine bersama dengan Intellectual Business Community (IBC); 19th Infobank Banking Service Excellence Award 2022 oleh Infobank Media Group baik untuk produk dan layanan Konvensional maupun Syariah Danamon; The Asset Triple A Treasury, Trade, Sustainable Supply Chain and Risk Management Awards 2022 oleh The Asset Publishing and Research Ltd untuk kategori the Best Payments and Collections Solution; serta TOP GRC Awards 2022 oleh Asosiasi GRC Indonesia, Indonesia Risk Management Professional Association (IRMAPA), Institute Compliance Professional Indonesia (ICoPI), dan Perkumpulan Profesional Governansi Indonesia (PaGi), yang memberikan pengakuan terhadap komitmen Danamon di area Tata Kelola, Resiko dan Kepatuhan.
 
Danamon terus mendukung penerapan prinsip-prinsip Keberlanjutan
Sebagai bagian dari MUFG, sebuah grup keuangan global, Danamon berkomitmen untuk mencapai net zero emission untuk operasional usahanya pada tahun 2030. Danamon telah dan terus menerapkan berbagai kebijakan dan program untuk mencapai tujuan ini, termasuk mengurangi dampak karbon dengan memasang panel solar di berbagai gedung dimana Danamon beroperasi, memberikan program pembiayaan terjangkau untuk karyawan dan komunitas untuk pemasangan panel solar dan membangun stasiun pengisian listrik untuk mobil listrik bagi para karyawan Danamon, Adira Finance dan MUFG di Menara Bank Danamon Jakarta.

Lebih jauh lagi, melalui program CSR Danamon Peduli, Danamon secara aktif melakukan kampanye dan aktivitas pengurangan emisi karbon melalui berbagai inisiatif dan kolaborasi dengan pemerintah, nasabah, karyawan dan komunitas di mana Danamon beroperasi.

Berbagai inisiatif ini mencakup penanaman 10.000 pohon mangrove dan pembangunan taman kota di Kuta, Bali, yang bekerja sama dengan kelompok nelayan Prapat Agung Mengening Patasari, UPTD Tahura Nurah Rai dan Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kota Denpasar.

Danamon juga meresmikan fasilitas air bersih di Pacitan, Jawa Timur, berkolaborasi dengan Dompet Dhuafa dan Habitat Indonesia. Belum lama ini, Danamon menjalankan berbagai kegiatan Danamon Peduli di Banyuasin, Sumatera Selatan, dengan menanam 55 pohon produktif yang berkolaborasi dengan Saung Pelangi Bambu Serumpun dan di Medan, Sumatera Utara, dengan menanam 1.100 pohon, bekerja sama dengan Perusahaan Daerah Pasar Kota Medan.

“Danamon berkomitmen untuk terus tumbuh sebagai sebuah organisasi yang customer-centric sebagai “Bank Pilihan Anda”, dengan proposisi nilai unik yang berfokus pada sales and service excellence, sinergi yang kuat dengan para mitra kami, pemerintah dan komunitas – dan didukung oleh teknologi kelas dunia. Kami terus berkomitmen untuk memberikan berbagai solusi keuangan terbaik agar para nasabah mampu memegang kendali atas kebutuhan dan tujuan finansial mereka,” ujar Direktur Utama Danamon Yasushi Itagaki.

Baca Juga: Bank Danamon Perkirakan Tingkat Inflasi Oktober Sebesar 0,07%

Tentang Danamon
PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Kode Saham: BDMN) didirikan pada tahun 1956. Per tanggal 30 Juni 2022, perusahaan mengelola aset konsolidasi sebesar Rp194 triliun bersama anak perusahaannya, PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (Adira Finance). Dalam hal kepemilikan saham, 92,47% saham Danamon dimiliki MUFG Bank, Ltd. dan 7,53% lainnya oleh publik.

Danamon didukung oleh jaringan 881 kantor cabang konvensional, unit Syariah, dan kantor cabang anak perusahaannya sekaligus jaringan ATM, ATM Bersama, PRIMA, dan ALTO yang berjumlah lebih dari 60.000 unit yang tersebar di 34 provinsi. Selain jaringan fisik, layanan  Danamon juga dapat diakses lewat Danamon Online Banking, layanan mobile banking D-Bank PRO dan aplikasi D-Card, layanan SMS banking, serta layanan perbankan seluler Hello Danamon.

Menawarkan sejumlah produk dan layanan keuangan, Danamon siap memenuhi kebutuhan nasabah dari berbagai segmen termasuk Perbankan Konsumen, Usaha Kecil dan Menengah (UKM), Enterprise (Perusahaan dan Komersial), lengkap dengan proposisi Konvensional maupun Syariah, serta pembiayaan otomotif melalui Adira Finance.

Sebagai bagian dari MUFG, grup perusahaan layanan keuangan global sekaligus bank terbesar di Jepang dan salah satu lembaga keuangan terkemuka, Danamon dapat mengakses kekuatan, keahlian, sekaligus jaringan MUFG dalam melayani nasabah dan memfasilitasi pertumbuhan bisnis untuk mewujudkan nilai jangka panjang bagi semua pemangku kepentingan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved