September
06
2022
     20:09

Danamon Gandeng Eastspring Hadirkan Reksa Dana Indeks Eastspring IDX ESG Leaders Plus

Danamon Gandeng Eastspring Hadirkan Reksa Dana Indeks Eastspring IDX ESG Leaders Plus
ILUSTRASI. PT Bank Danamon Indonesia Tbk hari ini mengumumkan laporan keuangan untuk kuartal pertama tahun 2020. Bank Danamon membukukan laba bersih setelah pajak (NPAT) sebesar Rp 1,25 triliun pada kuartal pertama tahun 2020.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - PT Bank Danamon Indonesia Tbk ("Danamon") bekerja sama dengan PT Eastspring Investment Indonesia (“Eastspring Indonesia”) meluncurkan Reksa Dana Indeks Eastspring IDX ESG Leaders Plus sebagai pilihan investasi cerdas yang memperhatikan prinsip keberlanjutan

Produk investasi ini menggunakan tolok ukur indeks IDX ESG Leaders, yang memiliki konstituen indeks berupa saham-saham perusahaan yang merupakan pemimpin dalam peringkat Environment, Social and Governance (ESG).

Peringkat ESG dan analisis kontroversi dalam penyusunan indeks dikembangkan oleh Sustainalytics, sebuah perusahaan riset, pemeringkatan dan analisis tata kelola perusahaan dan ESG independen terkemuka yang mendukung investor di seluruh dunia dengan pengembangan dan penerapan strategi investasi yang bertanggung jawab.

Wealth Management Head, PT Bank Danamon Indonesia Tbk, Yulius Ardi mengatakan, produk ini hadir untuk memenuhi kebutuhan investor akan reksa dana saham yang memiliki potensi pertumbuhan tinggi dalam jangka panjang dan berkelanjutan.

“Danamon senang dapat bekerja sama dengan Eastspring untuk mempersembahkan produk reksa dana inovatif Eastspring IDX ESG Leaders sebagai pilihan investasi cerdas dengan prinsip keberlanjutan. Produk ini hadir untuk memenuhi kebutuhan investor yang tertarik dengan ESG Investing, di mana kita tidak hanya mempertimbangkan sisi keuntungan finansial, namun juga memperhatikan aspek kontribusi yang positif terhadap keberlanjutan lingkungan dan masyarakat di masa depan.” ujar Yulius.

Alan J. Tangkas Darmawan, Chief Executive Officer, Eastspring Investments Indonesia mengatakan bahwa “Reksa Dana Eastspring IDX ESG Leaders Plus sebagai reksa dana pertama (non-ETF) yang menggunakan indeks IDX ESG Leaders di Indonesia. Dengan mengimplementasikan praktik ESG ini, Eastspring Indonesia memberikan solusi bagi nasabah untuk berinvestasi dan menjadi bagian dalam penerapan investasi berkelanjutan di Pasar Modal Indonesia. Hal ini juga sejalan dengan komitmen para pelaku industri Reksa Dana yang didukung oleh OJK untuk terus meningkatkan ragam produk investasi berbasis Indeks.”

Investasi pada Eastspring IDX ESG Leaders Plus memiliki banyak keuntungan bagi investor, karena investasi berdasarkan prinsip ESG akan memastikan bahwa saham perusahaan di mana investor berinvestasi memiliki fundamental perusahaan yang baik dalam jangka panjang.

Perusahaan yang memiliki peringkat ESG yang baik, akan memiliki Good Corporate Governance yang baik dan operasional perusahaan akan lebih lancar dengan tidak adanya kontroversi yang terjadi baik dengan karyawan, masyarakat sekitar, maupun regulator. Selain itu, perusahaan yang mengedepankan prinsip ESG dalam operasional perusahaan biasanya adalah perusahaan yang sudah well established dan memiliki kinerja keuangan yang baik.
 
Instrumen Investasi dengan Prinsip ESG Diyakini akan Semakin Diminati Investor
Faktor ESG semakin dipertimbangkan oleh investor dan diprediksi akan terus berkembang secara signifikan selama dekade mendatang. Menurut data Global Sustainable Investment Alliance, instrumen investasi dengan mandat ESG secara global tumbuh dari USD 46 Triliun pada tahun 2021 dari USD 39 Trilliun pada tahun 2020. Pada tahun 2024, diperkirakan bahwa dana kelolaan instrumen investasi ESG akan melebihi dana instrumen investasi konvensional.

Lebih jauh lagi, produk investasi berbasis prinsip ESG Investing dianggap lebih aman, karena kinerja keuangan perusahaan memiliki korelasi yang tinggi dengan risiko ESG yang dihadapi. Keberlangsungan operasional perusahaan tidak dapat berjalan dengan baik apabila perusahaan mengalami permasalahan yang terkait dengan aspek lingkungan dan sosial, dan proses operasional perusahaan akan mengalami kendala apabila memiliki masalah dengan pekerja, masyarakat sekitar perusahaan beroperasi, maupun sanksi dari pemerintah terkait dengan dampak dari operasional perusahaan terhadap lingkungan maupun sosial.
 
Saatnya Pegang Kendali Keuangan dengan Investasi Cerdas Eastspring IDX ESG Leaders Plus
Reksa Dana Eastspring IDX ESG Leaders Plus merupakan reksa dana Indeks yang menempatkan 80%-100% investasinya pada instrumen investasi ekuitas (pasar saham) dan maksimum 20% di instrumen pasar uang/deposito. Reksa Dana ini ditujukan untuk investor yang menginginkan investasi dengan basis ESG dalam investasi mereka. Selain itu, reksa dana juga ini memiliki fitur alokasi saham di luar pilihan indeks IDX ESG Leaders yang mencakup investasi di luar negeri dengan alokasi maksimal 15%. Investasi di luar negeri tersebut akan diinvestasikan pada saham dengan operasi bisnis yang signifikan di Asia Pasifik dengan peringkat risiko ESG Sustainalytics di bawah 40.

Reksa Dana Eastspring IDX ESG Leaders Plus sesuai untuk investor yang memiliki profil risiko agresif  dan produk ini memberikan berbagai keuntungan, antara lain investor berkesempatan memperoleh potensi imbal hasil jangka waktu menengah dan panjang yang menarik, pengelolaan portofolio investasi oleh tim investasi yang telah teruji keahliannya di industri reksa dana Indonesia, menyediakan kemudahan dalam diversifikasi investasi, termasuk memperoleh informasi nilai investasi melalui NAB harian/unit pada setiap hari bursa, serta pencairan investasi baik sebagian maupun seluruh nilai investasi.

Tak hanya itu, Eastspring IDX ESG Leaders Plus juga menyediakan fasilitas pengalihan unit penyertaan ke reksa dana lain yang memiliki fitur pengalihan investasi yang dikelola oleh Eastspring Investments Indonesia.

Dengan mempertimbangkan berbagai aspek seperti dampak dari emisi karbon, pemakaian air, keselamatan kerja, pengupahan, dan etika perusahaan yang menjadi pilihan untuk berinvestasi, produk Eastspring IDX ESG Leader Plus yang didasari prinsip ESG Investing diharapkan dapat memberikan pertumbuhan finansial jangka panjang dan memberikan kontribusi positif yang berkelanjutan terhadap masyarakat dan lingkungan.

Kehadiran produk Eastspring IDX ESG Leader Plus serta beragam produk investasi cerdas lainnya dari kolaborasi Danamon dan Eastspring Indonesia merupakan bukti komitmen Danamon untuk menyediakan beragam pilihan produk investasi yang sesuai dengan kondisi & kebutuhan nasabah.

“Danamon berkomitmen untuk terus memperluas kemitraan dengan perusahaan yang memiliki reputasi serta track record yang baik agar dapat terus memberikan pilihan produk wealth management yang lebih komprehensif dan dapat memenuhi berbagai kebutuhan Nasabah. Hal ini merupakan bagian dari upaya kami untuk memberikan solusi keuangan agar nasabah dapat memegang kendali atas kebutuhan dan tujuan keuangan mereka,” tutup Yulius.

Baca Juga: Eastspring Rilis Reksadana Indeks Eastpsring IDX ESG Leaders Plus

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2022 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved