March
24
2022
     10:55

CRE Asia Gandeng NWP Property Dirikan Perusahaan Patungan Properti Logistik

CRE Asia Gandeng NWP Property Dirikan Perusahaan Patungan Properti Logistik
ILUSTRASI. Jabat tangan merupakan hal yang berpengaruh dalam menampilkan kesan pertama dengan orang baru atau lawan bicara.

Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Nirvana Wastu Pratama (NWP Property) bersama dengan CRE Asia Pte. Ltd. (CRE Asia) mendirikan perusahaan patungan atau joint venture yang memanfaatkan peluang menjanjikan pada bidang Prasarana Logistik Modern (big box logistic) di Indonesia.

CEO NWP Properti Timothy Daly dan Presiden CRE Asia Tadahide Kameyama telah menunjuk Bonny Setiawan sebagai CEO perusahaan patungan tersebut. Bonny merupakan profesional dalam bidang logistik.  Ketersediaan prasarana logistik modern di Indonesia saat ini masih belum mencukupi permintaan yang terus meningkat, terutama dari dunia ritel yang didorong oleh perluasan perdagangan omnichannel

Selain itu peluang sewa dari perusahaan logistik pihak ketiga (third-party logistics companies), dan perusahaan FMCG (fast-moving consumer goods company) juga terus meningkat. Kemitraan strategis ini dibentuk untuk menjawab peluang tersebut, yaitu dengan membangun fondasi prasarana logistik terbaik di kelasnya.

Keahlian NWP Property dalam mengembangkan infrastruktur komersil secara online to offline (O2O), transaksi online melalui fasilitas logistik jarak jauh (last-mile logistics) dan transaksi offline melalui jaringan pusat perbelanjaan modern berbasis komunitas terbesar, akan didukung oleh pengalaman institusional CRE dalam bidang logistik dengan jaringan regional, serta keahlian Bonny Setiawan dalam membangun prasarana logistik modern. 

Baca Juga: Kilang Pertamina Internasional (KPI) Raih 6 Penghargaan Indonesia Green Award 2022

Pembangunan gudang modern dengan konsep built-to-suit (sesuai kebutuhan) pertama di Jakarta akan dimulai pada kuartal kedua tahun ini. "NWP Property menyambut baik kehadiran perusahaan ini untuk bergabung dalam ekosistem infrastruktur komersil kami. Pasokan gudang di Indonesia berada di belakang negara mitra industrinya, Cina dan Jepang, yang masing-masing memiliki 10-40 kali luas gudang per kapita dibandingkan dengan Indonesia," kata Timothy Daly dalam keterangannya, Kamis (24/3). 

Dia bilang, tren omnicommerce yang berkelanjutan secara global juga menjadi faktur utama pencetusnya. NWP Property  melihat sinergi yang strategis pada kerjasama patungan tersebut karena di dalamnya terdapat pusat pengiriman last-mile dan platform ritel berbasis komunitas yang terus berkembang.

Tadahide Kameyama juga optimistis kemitraan tersebut akan berkembang. Dia mengatakan,  Warburg Pincus yang merupakan afiliasi dari NWP Property telah jadi salah satu investor institusi yang paling mapan dan sukses di dunia dan telah membuktikan jejaknya dalam mendukung bisnis properti yang sukses di Asia Tenggara.  "Kami berharap dapat bekerja sama dengan NWP Property dan Warburg Pincus untuk memperluas operasi kami di Indonesia," kata Tadahide Kameyama. 

Sementara Bonny Setiawan menilai keputusan untuk berinvestasi ke pasar prasarana logistik Indonesia sudah tepat. Ini merupakan peluang yang signifikan untuk mengembangkan aset logistik berkualitas tinggi untuk melayani perusahaan dengan permintaan yang terus meningkat termasuk operator e-commerce dan FMCG. 

NWP Property didirikan pada tahun 2015 sebagai perusahaan patungan antara Warburg Pincus dan PT City Retail Developments Tbk. Perusahaan ini adalah pengembang platform infrastruktur konsumen yang memungkinkan transaksi perdagangan daring melalui fasilitas logistik jarak jauh (last-mile logistics) dan pusat distribusi, serta transaksi perdagangan secara tatap muka melalui jaringan independen terbesar dari pusat ritel modern berbasis komunitas di Indonesia.

Baca Juga: Survei YouGov: DANA Jadi Dompet Digital Terpopuler untuk Kirim Uang

Warburg Pincus LLC sendiri merupakan investor pertumbuhan global yang sudah berdiri sejak 1966. Perusahaan ini memiliki lebih dari US$ 73 miliar aset yang dikelola dan telah berinvestasi lebih dari US$100 miliar di lebih dari 1.000 perusahaan di lebih dari 40 negara.

Warburg Pincus mulai berinvestasi di Asia Tenggara pada tahun 2013. Di Indonesia, perusahaan membangun rekam jejak yang kuat sebagai investor dengan mendukung sejumlah perusahaan seperti GoTo, NWP Property, Online Pajak dan Kredit Pintar.

CRE adalah perusahaan manajemen  yang berspesialisasi dalam real estat logistik. CRE saat ini sedang mengembangkan 11 fasilitas logistik dengan total luas sekitar 510.000 meter persegi di Jepang. Di ASEAN, CRE masuk ke Indonesia tahun lalu, negara keempat setelah Singapura, Thailand, dan Vietnam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved