November
06
2023
     15:13

Clean Up Action ALSA Care &Legal Coaching Clinic Local Chapter Universitas Indonesia

Clean Up Action ALSA Care &Legal Coaching Clinic Local Chapter Universitas Indonesia
ILUSTRASI. Universitas Indonesia (UI) menempati posisi sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia dan Asia Tenggara berdasarkan pemeringkatan yang dilakukan oleh Times Higher Education (THE) World University Impact Rankings 2021, berdasarkan penilaian atas aspek Partnerships For The Goals (Kemitraan) UI.

Reporter: Sri Sayekti | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Meninjau kondisi yang memprihatinkan di sekitar kampus, Asian Law Students Association Local Chapter Universitas Indonesia (ALSA LC UI) merasakan adanya urgensi untuk bergerak dan memberikan kontribusi positif dalam upaya mengatasi berbagai permasalahan di masyarakat, salah satunya permasalahan terkait sampah. Oleh karena itu, ALSA LC UI mengadakan acara bertajuk ALSA Care and Legal Coaching Clinic Local Chapter Universitas Indonesia 2023 (ALSA CLCC LC UI 2023).

Tahun ini, ALSA CLCC LC UI membawa tagline berbunyi “Turning Waste from Trash to Treasure” sebagai respons dari buruknya kondisi pengelolaan sampah di masyarakat. Acara ini berupaya untuk mengatasi masalah pengelolaan sampah dan memberikan pemahaman kepada masyarakat umum mengenai urgensi diterapkannya pengelolaan sampah yang berkelanjutan.

Sebab, tidak dapat disangkal bahwa sampah menjadi permasalahan yang struktural dan secara tidak henti mendesak Indonesia. Di berbagai daerah, tumpukan sampah yang tidak terkendali masih menjadi pemandangan yang wajar. Padahal, dampak buruk terus berdatangan, baik terhadap kesehatan, lingkungan, maupun sosial. Namun, kesadaran masyarakat tidak kunjung bangun. Dalam konteks ini, pendekatan komprehensif terhadap pengelolaan sampah menjadi suatu keharusan.

Sebagaimana diuraikan dalam Pasal 1 Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah, sampah didefinisikan sebagai sisa dari aktivitas sehari-hari manusia dan/atau hasil dari proses alam yang berbentuk padat.

Selanjutnya, dijelaskan juga bahwa pengelolaan sampah merupakan kegiatan yang sistematis, menyeluruh, dan berkesinambungan yang meliputi pengurangan dan penanganan sampah. Namun, kesadaran akan pentingnya memahami definisi ini dan cara-cara yang efektif untuk mengelola sampah masih kurang terimplementasi di masyarakat umum.

Project Officer dari ALSA CLCC LC UI 2023, Stefano Hezeki Lee, menjelaskan bahwa pengelolaan sampah adalah langkah yang tak terelakkan dalam hal mengurangi masalah tumpukan sampah demi menjaga kebersihan lingkungan. Dengan prihatin, ia melihat masih kurangnya pengelolaan sampah yang baik di masyarakat. Ia khawatir jika situasi ini terus berlanjut, maka akan memberikan dampak yang lebih berbahaya dari apa yang telah dirasakan.

Untuk mengatasi masalah ini, ALSA CLCC LC UI 2023 mengambil inisiatif untuk mengundang masyarakat umum, termasuk mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FH UI), untuk turut serta dalam kegiatan yang bertujuan mengedukasi cara menjaga kebersihan lingkungan melalui pengelolaan sampah yang benar.

Sebelum acara utama, ALSA CLCC LC UI 2023, telah mengadakan berbagai kegiatan, salah satunya adalah Clean Up Action yang diadakan pada hari Minggu, 5 November 2023 di sekitar Lapangan Banteng, Jakarta Pusat. Pada kegiatan ini, ALSA CLCC LC UI 2023 bekerja sama dengan komunitas peduli lingkungan bernama Trash Hero Jakarta dan relawan yang berjumlah 65 orang.

Kegiatan ini dimulai sejak pukul 06.30 WIB dengan melakukan briefing kepada para relawan terkait jenis-jenis sampah dan konsep 3R (Reduce, Reuse, Recycle). Kegiatan dilanjutkan dengan Clean Up Action, yaitu para relawan berkeliling di sekitar kawasan Lapangan Banteng untuk memungut sampah yang berserakan di jalan sembari menyosialisasikan pentingnya pengelolaan sampah yang baik dan juga konsep 3R kepada masyarakat umum yang ditemui.
 
Setelah menyusuri sekitar kawasan Lapangan Banteng, para relawan berhenti untuk melakukan penghitungan dan pemilahan sampah yang telah terkumpul berdasarkan jenisnya. Adapun total sampah yang terkumpul mencapai kurang lebih 14 kg.

Sampah yang telah terkumpul dan dipilah ini kemudian dibawa oleh Panitia ALSA CLCC LC UI 2023 untuk diolah di bank sampah yang akan dibangun pada saat acara utama atau Main Event dari ALSA CLCC LC UI 2023. Main Event dari ALSA CLCC LC UI 2023 sendiri akan dilaksanakan pada hari Minggu, 18 November 2023 di RW 08, Kelurahan Tanah Baru, Kota Depok. Main Event dari ALSA CLCC LC UI 2023 terdiri atas Sorting Waste Workshop, Eco-Enzyme Workshop, Legal Seminar, serta pembangunan bank sampah berasal dari hasil donasi yang dikumpulkan.

ALSA CLCC LC UI 2023 percaya bahwa dengan meningkatkan kesadaran dan pengetahuan tentang pengelolaan sampah, dapat menciptakan perubahan yang positif dalam komunitas sekitar kampus dan secara lebih luas, di seluruh Indonesia.

Melalui rangkaian kegiatan yang telah dan akan diselenggarakan, ALSA CLCC LC UI 2023 bertekad untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat mengenai pentingnya pengelolaan sampah yang baik.

Upaya ini diharapkan dapat menjadi langkah positif dalam menjaga kebersihan lingkungan dan juga mengurangi masalah tumpukan sampah. Maka dari itu, mari bersama-sama berkontribusi untuk menjadikan lingkungan yang lebih bersih, sehat, dan berkelanjutan.

Terima kasih atas perhatian dan partisipasi dari seluruh pihak dalam mendukung inisiatif ini, terlebih kepada para relawan yang telah berpartisipasi dalam Clean Up Action, Trash Hero Jakarta, ALSA LC UI, ALSA Indonesia, Fakultas Hukum Universitas Indonesia, serta para media partner kami, yaitu Kontan, Event Campus, Event Mahasiswa 8, ID Volunteering, dan Point Kampus.

Baca Juga: Menteri LHK Ajak Masyarakat Olah Sampah Plastik Menjadi Sumber Daya Ekonomi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved