Citra Gandeng Kemenparekraf RI&SEMASA Majukan UMKM Perempuan lewat Piala Citrapreneur
Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti
KONTAN.CO.ID - Citra membuktikan komitmennya terhadap kemajuan perempuan Indonesia melalui program “Tangan-tangan Cantik Citra” yang kali ini mengapresiasi dan mendukung para perempuan yang berkarya di bidang kreatif. Di program ini, Citra menggandeng Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI (Kemenparekraf RI) dan SEMASA untuk membantu perkembangan usaha 135 UMKM berbasis ekonomi kreatif, dan memberikan penghargaan “Piala Citrapreneur” bagi 20 UMKM Perempuan Terbaik. Acara puncak penghargaan ini digelar di “Citra SEMASA Piknik 2024” pada 31 Mei-2 Juni 2024 di Taman Lapangan Banteng.
Citra memahami kecantikan perempuan Indonesia salah satunya terpancar dari tangan-tangan kreatif mereka yang telah menggerakkan industri dan ekonomi kreatif. Contohnya lewat peranan UMKM perempuan yang semakin menjadi primadona di industri kreatif Tanah Air. Dari 60,5% kontribusi UMKM terhadap PDB Nasional, hampir 65% pelaku UMKM dimotori tangan-tangan cantik perempuan Indonesia. Kontribusi mereka bahkan diproyeksi akan mencapai USD 135 miliar pada 2025 .
Namun di balik itu, masih ada banyak tantangan yang mereka hadapi, salah satunya adalah keterbatasan modal yang dialami oleh 40% UMKM perempuan . Demi mendorong sepak terjang mereka, dibutuhkan kolaborasi dari berbagai pihak.
Untuk itu, Citra menjadikan program “Tangan-Tangan Cantik Citra” sebagai bentuk dukungan bagi para UMKM perempuan di bidang kreatif agar mereka mampu mengatasi berbagai tantangan sehingga menjadi semakin berdaya dan mandiri.
Inisiatif Citra disambut dan diapresiasi oleh Kemenparekraf RI karena sejalan dengan misi Pemerintah untuk membuka peluang yang makin inklusif pada industri ekonomi kreatif. Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, menuturkan, “Saya terus mendorong 3G: Gercep (Gerak Cepat) karena kita tidak bisa lagi hanya berjalan untuk mengejar Indonesia Emas 2045; Geber (Gerak Bersama) karena kita tidak bisa sendiri, harus merangkul kolaborator termasuk dunia usaha; dan Gaspol dengan meng-gas semua potensi yang dapat menciptakan lapangan usaha dan lapangan kerja. SEMASA sebagai salah satu event Top 10 Karisma Event Nusantara (KEN) adalah acara yang sangat spesial.
Tahun ini juga jumlah tenant-nya meningkat, menunjukan bahwa ini event yang sangat strategis. Jadi saya mengapresiasi kerja sama SEMASA selaku inisiator dan penyelenggara ‘SEMASA Piknik’ dan Citra sebagai kolabulator utama. Semoga event ini berdampak pada ekonomi bangsa dan berkontribusi positif dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.”
Putri Paramita, Beauty & Wellbeing Marketing Lead Unilever Indonesia, menanggapi, “Sebagai brand yang lebih dari 35 tahun lalu terlahir di Indonesia, Citra memiliki purpose sangat jelas yaitu ‘women support women’ dengan senantiasa mendukung perempuan Indonesia tampil percaya diri dengan merawat kulit mereka agar dapat terus ber-progess lewat karya-karya yang terlahir dari kulit yang cantik dan terawat.
Purpose ini diwujudkan dengan senantiasa mendengar kebutuhan perempuan Indonesia dan melakukan sejumlah inovasi produk produk yang secara khusus diformulasikan untuk karakteristik kulit para perempuan Indonesia, menggunakan 100% bahan-bahan natural dengan 10x kekuatan mencerahkan dan melembapkan yang dapat menjawab beragam kebutuhan perawatan kulit mereka. Di antaranya seperti Citra Body Serum yang baru kami luncurkan pada akhir tahun lalu.”
“Selain itu, Citra konsisten melakukan berbagai inisiatif untuk mendampingi perempuan menjadi lebih berdaya. Melanjutkan purpose-nya, melalui program ‘Tangan-Tangan Cantik Citra’ kali ini kami berupaya memberi dampak nyata pada kemajuan UMKM perempuan dengan menggandeng Kemenparekraf RI dan SEMASA dalam menghadirkan ‘Piala Citrapreneur’; penghargaan yang mendorong sebanyak mungkin UMKM perempuan di bidang kreatif memaksimalkan potensi diri dan bisnis mereka,” tambah Putri.
Ajang “Piala Citrapreneur” telah dimulai sejak Maret 2024 dan diikuti lebih dari 400 peserta. Setelah proses penjurian, 20 UMKM perempuan terpilih memiliki kesempatan untuk bertu mbuh melalui peningkatan kompetensi serta dana dan media usaha senilai total lebih dari Rp650 juta.
Erwita Dianti, Direktur Pemasaran Ekonomi Kreatif Kemenparekraf RI berkomentar, “Potensi dari UMKM perempuan di bidang kreatif masih sangat besar. Dengan segala keunikannya, perempuan terbukti mampu bekerja secara mandiri, sensitif terhadap pasar, berani berinovasi, dan luwes dalam hal beradaptasi ataupun membentuk network dengan berbagai pihak. Hal ini jadi modal penting, dan kami percaya ‘Piala Citrapreneur’ dapat menjadi katalisator untuk mempertajam kemampuan mereka sambil menginspirasi para pelaku UMKM perempuan lainnya.”
Puncak penghargaan “Piala Citrapreneur” diadakan di “Citra SEMASA Piknik 2024”, dimana 20 pemenang berkesempatan memamerkan dan memasarkan produk andalan mereka. Yang tidak kalah istimewa, sejalan dengan value Citra sebagai produk yang natural dan ramah lingkungan, terdapat kategori spesifik yaitu “Ecopreneur”; apresiasi kepada pelaku UMKM perempuan yang mengedepankan bahan natural, atau menjalankan bisnisnya dengan prinsip sustainability.
Gunawan Lo – Co-Founder SEMASA menuturkan, “Dari tahun ke tahun, jumlah tenant lokal milik perempuan yang berpartisipasi di kegiatan SEMASA semakin meningkat. Maka, penting untuk mendukung mereka agar dapat terus berkarya, lebih mandiri dan berdaya.
Kami mengapresiasi Citra yang memiliki semangat yang sama untuk berkontribusi memajukan UMKM perempuan melalui penghargaan ‘Piala Citrapreneur’ yang hari ini hadir di ‘Citra SEMASA Piknik 2024’. Semoga kolaborasi ini terus terjalin dan membawa dampak positif bagi pertumbuhan UMKM perempuan.”
Sebagai bentuk lain dari purpose ‘women support women’, program “Tangan-tangan Cantik Citra”, juga mengajak para perempuan untuk senantiasa merawat kulit mereka sambil mendukung kemajuan UMKM perempuan, dimana selama bulan Juni-Agustus 2024, sebagian keuntungan penjualan produk Citra akan dikonversi menjadi berbagai bentuk bantuan bagi UMKM perempuan.
Termasuk rangkaian produk Citra Body Lotion limited edition hasil kolaborasi Citra bersama tiga ilustrator perempuan kenamaan: Yessiow (varian Bengkoang Natural Glow UV); Dinda Puspitasari (varian Sakura Glow UV), dan Erin Dwia (varian Pearly Glow UV).
Mengenai kolaborasi ini, Yessiow, seniman mural dan ilustrator muda berbagi, “Selama 17 tahun berkarya, pastinya ada banyak tantangan yang aku temui, tapi peluangnya pun tidak kalah besar. Dengan kerja keras dan kemauan untuk berkembang, aku bersyukur karyaku kini semakin dikenal dan diapresiasi.
Belakangan ini, aku sering menjadikan sosok perempuan sebagai inspirasi karena ingin memperlihatkan bahwa mereka punya kemampuan untuk berkreasi dan patut diberikan kesempatan. Makna ini juga yang tersirat di hasil karyaku bersama Citra, aku ingin memotivasi agar perempuan selalu merawat kecantikan kulit mereka, terlepas apa pun warna kulitnya, sehingga mereka dapat lebih berani tampil dan melahirkan karya.”
Selain menampilkan 20 UMKM pemenang “Piala Citrapreneur”, di “Citra SEMASA Piknik 2024” Citra juga menghadirkan berbagai aktivitas seperti booth yang dilengkapi dengan berbagai kegiatan kreatif, dan ragam inspirasi untuk mendorong kreativitas perempuan di Galeri Cantik Citra.
“Semoga seluruh rangkaian program ‘Tangan-tangan Cantik Citra’ dapat menginspirasi kita semua, tak terkecuali konsumen setia Citra, untuk terus merawat tangan-tangan cantik kita sambil berkontribusi pada kemajuan UMKM perempuan di Indonesia bersama Citra. Dengan membeli Citra, kita sudah melakukan bagian kita untuk merawat kulit dan mendukung UMKM perempuan Indonesia,” tutup Putri.
Tentang Unilever
Unilever merupakan salah satu pemasok terbesar produk Kecantikan, produk Perawatan Tubuh, produk Kebersihan Rumah Tangga, produk Makanan dan Minuman, serta produk Es Krim yang produknya digunakan oleh 3.4 miliar penduduk setiap harinya di lebih dari 190 negara. Unilever memiliki total kurang lebih 127,000 karyawan secara global berhasil membukukan penjualan sebesar €60.1 juta pada tahun 2022.
Di Indonesia, PT Unilever Indonesia Tbk telah beroperasi sejak tahun 1933, ‘go public’ pada tahun 1982 dan saham-sahamnya tercatat dan diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia. Unilever memiliki lebih dari 4,000 karyawan dan delapan pabrik yang berada di Cikarang dan Rungkut.
Unilever berkomitmen tinggi untuk tetap melaju dan maju bersama Indonesia. Untuk periode yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2023, penjualan bersih Unilever Indonesia mencapai Rp 38,6 trilliun terdiri dari penjualan HPC dan F&R masing-masing sebesar Rp 25,1 triliun dan Rp 13,5 triliun. Sedangkan laba bersih Perseroan mencapai Rp 4,8 triliun.
Visi kami adalah menjadi pemimpin di pasar global dalam hal menciptakan bisnis yang berkelanjutan; yang berlandaskan tujuan mulia Visi kami adalah menjadi pemimpin di pasar global dalam hal menciptakan bisnis yang berkelanjutan; yang berlandaskan tujuan mulia (purpose-led) dan mampu bersaing dimasa depan (future-fit).
‘The Unilever Compass’ adalah strategi bisnis kami. Sebuah strategi yang akan membawa kami untuk terus tumbuh, tetapi juga berkelanjutan dan bertanggug jawab, hal ini termasuk:
• Meningkatkan kesehatan planet
• Meningkatkan kesehatan masyarakat, kepercayaan diri dan kesejahteraan, serta
• Membantu menciptakan dunia yang lebih adil dan inklusif
Baca Juga: FeminisThemis Academy 2024: Kolaborasi Guna Dorong Keadilan Sosial Perempuan Tuli
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News