December
09
2022
     08:30

Citi Dukung Inklusi Keuangan lewat Fasilitas Pembiayaan Sosial Bersama Home Credit

Citi Dukung Inklusi Keuangan lewat Fasilitas Pembiayaan Sosial Bersama Home Credit
ILUSTRASI.  Ki-Ka: Wit Oemar, Head of Global Subsidiaries Group Citi Indonesia, Volker Giebitz, CFO Home Credit Indonesia, Anthonius Sehonamin, Head of Corporate and Investment Banking Citi Indonesia & Dharma Ksatryo, Head of Funding Home Credit Indonesia.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Citi, salah satu bank global terdepan di Indonesia, bersama dengan Home Credit, perusahaan pembiayaan berbasis teknologi, mengumumkan fasilitas pembiayaan sosial bersama pertamanya di Indonesia. Fasilitas pinjaman ini dirancang untuk mempromosikan inklusi keuangan yang lebih besar bagi masyarakat Indonesia melalui pembelian perangkat digital dasar.

Transaksi sebesar Rp275 miliar ini bertujuan untuk mendukung 44.600 orang dalam membeli perangkat digital dasar seperti ponsel pintar (smartphone) dan tablet, dimana hampir setengahnya diperuntukkan bagi perempuan. Dengan perangkat digital dan koneksi dasar, pengguna dapat terhubung ke internet dan mengakses layanan penting seperti pendidikan melalui daring, layanan perbankan dan literasi keuangan, hingga aplikasi yang mendukung produktivitas untuk menjalani usaha.

“Kami bangga dapat memberikan fasilitas pembiayaan sosial bagi klien kami, Home Credit Indonesia. Fasilitas yang inovatif ini membantu memfasilitasi kelompok masyarakat yang tertinggal untuk dapat memperoleh perangkat digital dasar sehingga mereka dapat mengakses layanan keuangan yang mendasar. Transaksi ini berkontribusi pada komitmen Citi sebesar 1 triliun USD pada tahun 2030 untuk keuangan berkelanjutan,” ungkap Batara Sianturi, Chief Executive Officer Citi Indonesia.

Fasilitas ini merupakan bagian dari pinjaman sosial bagi kedua perusahaan dan masuk dalam kualifikasi “S” di dalam kerangka Lingkungan, Sosial dan Tata Kelola (ESG). Inisiatif ini mendukung kriteria keuangan sosial Citi untuk inklusi ekonomi, yakni untuk meningkatkan akses ke fasiltias kredit dan layanan keuangan di komunitas yang rentan atau tertinggal, termasuk pembiayaan di sektor UMKM. Ini juga diharapkan akan meningkatkan ruang publik, sumber daya dan kesempatan kerja di masyarakat.

“Fasilitas pembiayaan sosial dari Citi ini merupakan solusi bagi para pelaku usaha di berbagai industri untuk fokus pada usaha yang berkelanjutan dan bertanggung jawab secara lingkungan maupun sosial, seperti Home Credit Indonesia. Kontribusi kami bersama klien diharapkan dapat memperluas akses pada layanan keuangan dan membantu masyarakat dalam mengembankan usaha mereka,” ungkap Wit Oemar, Head of Global Subsidiaries Group, Citi Indonesia.

“Kami menyambut hangat fasilitas pembiayaan sosial dari Citi yang akan digunakan oleh Home Credit untuk mengukuhkan komitmen kami dalam menyalurkan pembiayaan yang bertanggungjawab kepada masyarakat Indonesia. Kerjasama ini sejalan dengan prinsip kami dalam penerapan ESG dan merupakan salah satu dari sejumlah kerja sama yang telah kami jalin bersama Citi di Asia.

Adapun fasilitas ini secara khusus akan dimanfaatkan oleh Home Credit untuk pembiayaan perangkat digital dasar seperti ponsel pintar yang dapat digunakan oleh pelanggan untuk meningkatkan akses terhadap layanan keuangan, termasuk layanan keuangan digital, sekaligus meningkatkan literasi keuangan melalui akses informasi yang dapat mendorong produktivitas para pelanggan.

Pembiayaan ini secara khusus ditujukan untuk pelanggan perempuan yang jumlahnya mencapai 48% dari total pelanggan Home Credit dengan kontrak aktif per 30 September 2022. Ini sejalan dengan upaya peningkatan inklusi dan literasi keuangan bagi perempuan yang masing-masing mencapai 83,88% dan 50,33%, dimana tingkat inklusi masih 2,4% di bawah laki-laki, menurut data Otoritas Jasa Keuangan pada 2022,” kata Direktur Home Credit Indonesia Volker Giebitz.

Home Credit Indonesia memiliki misi untuk memberdayakan masyarakat dalam menjalani kehidupan yang mereka inginkan saat ini melalui layanan keuangan yang terpercaya. Home Credit akan terus berinovasi untuk menghadirkan layanan keuangan yang dapat membantu para pelanggan mewujudkan berbagai rencana di dalam hidupnya. Fasilitas dari Citi ini akan memperkuat kapasitas perusahaan untuk menyalurkan pembiayaan yang cepat, transparan dan ada di mana saja untuk memenuhi kebutuhan pelanggan secara terencana.

Layanan pembiayaan Home Credit saat ini dapat diakses melalui aplikasi My Home Credit ke lebih dari 22.000 toko mitra dan akan terus bertambah atau berekspansi menjangkau 200 kota dan kabupaten. Sejak beroperasi di Indonesia pada 2013, aplikasi My Home Credit telah diunduh oleh lebih dari 12,56 juta pengguna aktif untuk berbagai layanan keuangan seperti pembiayaan barang, pembiayaan modal kerja, asuransi, pay later dan sebagainya.

Tentang Citibank N.A., Indonesia

Citibank N.A.,Indonesia (Citi Indonesia) adalah kantor cabang dari Citibank N.A., anak perusahaan yang dimiliki secara penuh oleh Citigroup, Inc., yang berasal dari New York, Amerika Serikat. Citi menjalankan bisnisnya di lebih dari 160 negara dan menyediakan beragam produk dan layanan keuangan bagi perusahaan, pemerintah, investor, institusi, dan individu. Di Indonesia, Citi telah berdiri sejak 1968 dan merupakan salah satu bank berjaringan internasional terbesar di negara ini. Citibank mengoperasikan 9 cabang di enam kota besar – Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, Medan, dan Denpasar. Di Indonesia, Citibank memiliki jaringan distribusi korporasi sekitar 6.000 lokasi di 37 provinsi. Citibank N.A., Indonesia tersambung dalam jaringan ATM Bersama dengan lebih dari 77.000 terminal ATM yang tersebar di berbagai lokasi di seluruh wilayah Indonesia.

Di tahun 2022, Citi Indonesia mendapatkan penghargaan bergengsi sebagai Best Global Bank in Indonesia, Best Bond in Indonesia dan Digital Bank of the Year in Indonesia dari The Asset Magazine, dan salah satu dari Best Bank in Indonesia dari Forbes Magazine.

Baca Juga: Citi Indonesia Menyatukan Para Pemimpin Digital untuk Ungkap Peluang Baru Bisnis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2023 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved