September
20
2023
     21:11

CIMB Niaga & XL Axiata Jalin Kerjasama Sinergikan Layanan Perbankan&Telekomunikasi

 CIMB Niaga & XL Axiata Jalin Kerjasama Sinergikan Layanan Perbankan&Telekomunikasi
ILUSTRASI. Presdir CIMB Niaga Lani Darmawan (kiri) bersama Presdir & CEO XL Axiata Dian Siswarini (kanan), Dir Consumer Banking CIMB Niaga Noviady Wahyudi (ke-2 kiri), & Dir & CMO-Consumer XL Axiata David Arcelus Oses (ke-2 kanan) pada Penandatanganan MoU CIMB Niaga dan XL Axiata di Jakarta (20/9/2023).

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - . PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) dan PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) sepakat menjalin kerja sama strategis untuk mensinergikan layanan perbankan dan telekomunikasi guna memberikan nilai tambah bagi nasabah/konsumen dan mendukung bisnis secara berkelanjutan. Melalui kemitraan ini, kedua perusahaan akan mengoptimalkan jaringan dan infrastruktur yang dimiliki sehingga memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi nasabah/konsumen dalam melakukan transaksi perbankan maupun akses layanan digital.

Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) kerja sama tersebut ditandatangani oleh Direktur Consumer Banking CIMB Niaga Noviady Wahyudi, dan Direktur & Chief Commercial Officer-Consumer XL Axiata, David Arcelus Oses, disaksikan langsung oleh Presiden Direktur CIMB Niaga Lani Darmawan, juga Presiden Direktur & CEO XL Axiata Dian Siswarini di Jakarta, Rabu (20/9/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Lani Darmawan menyatakan, industri perbankan dan telekomunikasi merupakan bagian dari backbone pertumbuhan ekonomi Indonesia. Keduanya memiliki peran penting di tengah perubahan perilaku masyarakat yang banyak menggunakan layanan digital baik untuk kebutuhan komunikasi maupun transaksi keuangan.

Karena itu, integrasi layanan CIMB Niaga dan XL Axiata selain menjadi pendorong pertumbuhan bisnis kedua perusahaan juga diharapkan dapat memberikan kontribusi yang optimal terhadap perekonomian nasional.

”Kami bangga, pada bulan HUT ke-68, CIMB Niaga sebagai bank swasta nasional terbesar kedua di Indonesia menjalin kerja sama strategis dengan XL Axiata, operator telekomunikasi seluler terkemuka di Indonesia.

Kolaborasi sesama pemain utama di industri perbankan dan telekomunikasi ini tentunya akan memberikan mutual benefit bagi kedua perusahaan dan konsumennya. Kami berharap, upaya ini dapat meningkatkan inklusi keuangan, memperluas akses digital, dan mendukung cashless society di Indonesia,” kata Lani pada Penandatanganan MoU CIMB Niaga dan XL Axiata di Jakarta, Rabu (20/9/2023).

Sementara itu, Dian Siswarini, mengatakan, ”XL Axiata menyambut baik kerja sama strategis dengan CIMB Niaga, ini sejalan dengan fokus kami untuk terus meningkatkan kualitas layanan dan memberikan manfaat lebih kepada para pelanggan setia kami dan masyarakat Indonesia.

Semakin meningkatnya digitalisasi industri jasa keuangan, yang didukung juga oleh semakin banyak pelanggan yang menggunakan saluran digital ke bank, perusahaan telekomunikasi memiliki posisi yang tepat untuk menawarkan layanan keuangan melalui infrastruktur jaringan yang dimiliki, salah satunya XL Axiata.”

Lebih lanjut Dian menambahkan, melalui kerja sama ini, pelanggan XL Axiata dapat mengakses layanan perbankan seperti  pembukaan tabungan, e-wallet, diskon langganan melalui aplikasi myXL begitu pula sebaliknya nasabah CIMB Niaga akan bisa mendapatkan layanan XL Axiata melalui aplikasi digital milik CIMB Niaga. Kerja sama dan kolaborasi ini juga bisa terus dikembangkan sehingga selain bisa memberikan keuntungan bagi kedua pihak, juga akan bisa meningkatkan daya tarik bagi pelanggan atau nasabah kami. Bagi XL Axiata, kami juga berharap kerja sama ini akan semakin meningkatkan pengalaman pelanggan dalam menggunakan produk dan layanan XL Axiata.

Kerja sama CIMB Niaga dan XL Axiata sejalan dengan misi CIMB Niaga untuk menyediakan layanan perbankan universal di Indonesia dan ASEAN secara terpadu. Hal ini juga merupakan salah satu langkah nyata untuk memperkuat transformasi sebagai bank yang menyediakan layanan perbankan digital terdepan di Indonesia, sesuai dengan komitmen CIMB Niaga untuk menghadirkan layanan yang mudah dan praktis bagi masyarakat.

Adapun bagi XL Axiata, kerja sama ini selaras dengan purpose XL Axiata untuk membawa dunia menjadi lebih dekat dengan cara yang simple demi mewujudkan brighter life bagi end customer.

Tentang CIMB Niaga

CIMB Niaga adalah bank swasta nasional terbesar kedua di Indonesia yang didirikan dengan nama Bank Niaga pada tahun 1955. Sekitar 92,5% saham CIMB Niaga (termasuk yang dimiliki oleh PT Commerce Kapital sebesar 1,02%) dimiliki oleh CIMB Group.

CIMB Niaga menawarkan produk dan layanan perbankan lengkap baik konvensional maupun Syariah meliputi segmen usaha Consumer Banking, Emerging Business Banking (EBB)/Small Medium Enterprise (SME), Commercial Banking, dan Corporate Banking didukung kapabilitas Treasury dan Capital Market, serta digital banking terdepan melalui OCTO Mobile, OCTO Clicks, Rekening Ponsel, BizChannel@CIMB, dan BizChannel@CIMB Mobile. Mengusung brand promise Kejar Mimpi, CIMB Niaga berkomitmen menjadi partner terbaik dan Bank of Choice bagi seluruh segmen masyarakat dalam mewujudkan mimpi-mimpinya.
 
Sebagai bank yang peduli dengan bumi dan generasi masa depan, CIMB Niaga konsisten mengimplementasikan keberlanjutan (sustainability) dalam menjalankan usahanya melalui sinergi aspek lingkungan hidup, ekonomi, sosial dan tata kelola ke dalam proses perbankan.

Dengan semangat Anda #YangUtama, CIMB Niaga terus memberikan pelayanan terbaik bagi nasabah. Per 30 Juni 2023, layanan CIMB Niaga didukung dengan 11.796 karyawan (konsolidasi), 412 kantor cabang & jaringan (termasuk 36 digital lounges), 3.996 ATM & CRM, serta 453.483 EDC dan QR yang tersebar di berbagai kota di Indonesia.

CIMB merupakan salah satu kelompok usaha perbankan terkemuka di ASEAN sekaligus perusahaan penyedia jasa keuangan terbesar kedua di Malaysia. Saham tercatat di Bursa Malaysia melalui CIMB Group Holdings Berhad, kelompok usaha ini memiliki nilai kapitalisasi pasar yang mencapai USD11,6 miliar per 30 Juni 2023.

Produk dan jasa yang ditawarkannya mencakup produk dan jasa perbankan konsumer, komersial, wholesale, transaction banking, Syariah, serta pengelolaan aset dan asuransi. CIMB Group berkantor pusat di Kuala Lumpur, dan beroperasi di 9 negara anggota ASEAN (Malaysia, Indonesia, Singapura, Thailand, Kamboja, Brunei, Vietnam, Myanmar, dan Filipina). Selain di kawasan ASEAN, CIMB Group mendirikan pula kantor di China, Hong Kong, India, Korea Selatan, Amerika Serikat, dan Inggris.

Tentang XL Axiata

PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) adalah salah satu perusahaan telekomunikasi terkemuka di Indonesia. XL Axiata fokus menyediakan layanan konvergensi guna memberikan kemudahan bagi aktivitas kehidupan masyarakat serta mendorong perkembangan ekonomi digital Indonesia.

Mulai beroperasi secara komersial sejak 8 Oktober 1996, XL Axiata saat ini menyediakan beragam layanan bagi pelanggan ritel dan korporat yang didukung jaringan luas dan berkualitas di seluruh Indonesia. Sejak 2015, XL Axiata telah mengimplementasikan jaringan 4G LTE berkualitas dengan skala nasional, kemudian dilanjutkan dengan pengembangan jaringan 5G di kuartal ketiga 2021. XL Axiata merupakan bagian dari Axiata Group bersama dengan CelcomDigi (Malaysia), Dialog (Sri Lanka), Robi (Bangladesh), Smart (Cambodia), Ncell (Nepal), Boost, ADA, edotco, dan Link Net (Indonesia).

Baca Juga: CIMB Niaga Bidik Peluang Akuisisi 10% Debitur Baru dari Pelanggan Eksisting XL Axiata

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini

BCA Life Pelindung Penyakit Kritis

23 FEBRUARI 2024 / 15:02 WIB

2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved