August
04
2022
     19:09

CIMB Niaga Konsisten Dukung Pemberdayaan Ekonomi Disabilitas

CIMB Niaga Konsisten Dukung Pemberdayaan Ekonomi Disabilitas
ILUSTRASI. Tiga orang penyandang disabilitas berlatih menjadi barista kopi di Stall Coffee Sando Seraya, Rawamangun, Jakarta (4/8/2022). CIMB Niaga dukung penyediaan wadah emberdayaan ekonomi berkelanjutan Stall Coffee Sando Seraya dikelola teman disabilitas.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) konsisten mendukung pemberdayaan ekonomi bagi para penyandang disabilitas (teman disabilitas) secara berkelanjutan. Terbaru, CIMB Niaga berkolaborasi dengan Berdaya Bareng dan Sunyi Coffee menyelenggarakan Pelatihan Barista Teman Disabilitas di Jakarta, selama lima hari, sejak Senin hingga Jumat, 1-5 Agustus 2022.

Melalui Pelatihan Barista tersebut, CIMB Niaga memberikan bekal keterampilan (skill) mengenai teknik-teknik menjadi barista kopi profesional, cara mengelola keuangan yang baik, serta membuat curriculum vitae dan resume yang menarik. Dengan keahlian tersebut, teman disabilitas diharapkan dapat lebih siap bersaing di dunia kerja sehingga memiliki kemandirian secara ekonomi.

Direktur Compliance, Corporate Affairs and Legal CIMB Niaga Fransiska Oei menyatakan, komitmen dalam mendukung teman disabilitas merupakan kontribusi CIMB Niaga bagi masyarakat khususnya bidang pemberdayaan ekonomi. Hal ini sejalan dengan Sustainable Development Goals (SDGs),  nomor delapan dan sepuluh yaitu pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi serta mengurangi ketimpangan.

”Dengan memiliki keterampilan menjadi barista kopi, kami berharap teman disabilitas lebih semangat, percaya diri, dan optimis terhadap masa depannya. Karena keahlian tersebut dapat digunakan untuk mewujudkan mimpi, baik bekerja sebagai barista maupun berwirausaha. Kami akan terus mendukung teman disabilitas dalam meningkatkan potensi diri dan kemandirian melalui beragam program pemberdayaan,” kata Fransiska di Jakarta, Kamis (4/8/2022).

Seperti diketahui, sejak 2017 CIMB Niaga telah menyelenggarakan pelatihan kepada 367 Teman Disablitas. Program pelatihan yang diberikan berfokus pada keterampilan dan keahlian sehingga diharapkan dapat menjadi bekal dalam mewujudkan kemandirian ekonomi. Adapun Pelatihan Barista bagi Teman Disabilitas dilakukan sejak 2021. Kini alumni pelatihan tersebut telah tersebar di berbagai perusahaan dan berwirausaha.

Selain mengadakan pelatihan, CIMB Niaga juga mendukung penyediaan wadah pemberdayaan ekonomi bagi teman disabilitas secara berkelanjutan melalui Stall Coffee Sando Seraya di kawasan Rawamangun, Jakarta Timur. Beragam menu kopi dan sandwich yang diracik para teman disabilitas tersedia di gerai dan siap dipesan baik secara langsung maupun melalui aplikasi pemesanan online.

Tidak hanya itu, dukungan CIMB Niaga kepada teman disabilitas juga dilakukan dengan memberikan kesempatan bekerja yang setara di CIMB Niaga. Sejak 2013 hingga kini, CIMB Niaga telah melibatkan teman disabilitas sebagai karyawan di Unit Kerja Telesales dan Contact Center. Saat ini, terdapat 10  karyawan disabilitas di CIMB Niaga yang mendapat perlakukan sama dengan karyawan lainnya sesuai dengan kemampuan masing-masing. Hal ini merupakan bagian dari komitmen CIMB Niaga untuk terus menciptakan lingkungan kerja yang setara, aman, dan nyaman untuk semua.

Baca Juga: CIMB Niaga Berdayakan Generasi Muda melalui Kejar Mimpi Community Festival


Tentang CIMB Niaga

CIMB Niaga didirikan dengan nama Bank Niaga pada tahun 1955. Sekitar 92,5% saham CIMB Niaga (termasuk yang dimiliki oleh PT Commerce Kapital sebesar 1,02%) dimiliki oleh CIMB Group. CIMB Niaga menawarkan produk dan layanan perbankan lengkap, baik konvensional maupun Syariah, melalui 420 cabang. CIMB Niaga memiliki 11.666 karyawan (konsolidasi) per 30 Juni 2022.

CIMB Group merupakan perusahaan penyedia jasa keuangan terbesar kedua di Malaysia sekaligus salah satu kelompok usaha perbankan universal terkemuka di ASEAN. Produk dan jasa yang ditawarkannya mencakup produk dan jasa perbankan konsumer, perbankan investasi, perbankan Syariah, pengelolaan aset dan asuransi. CIMB Group berkantor pusat di Kuala Lumpur, dan beroperasi di seluruh negara anggota ASEAN (Malaysia, Indonesia, Thailand, Singapura, Kamboja, Brunei, Vietnam, Myanmar, Laos, dan Filipina). Selain di kawasan ASEAN, CIMB Group mendirikan pula kantor di China, Hong Kong, India, Amerika Serikat, Inggris, dan Korea. Saham CIMB Group tercatat di Bursa Malaysia melalui CIMB Group Holdings Berhad. Per 30 Juni 2022, kelompok usaha ini memiliki nilai kapitalisasi pasar yang mencapai USD11,8 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2022 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved