January
25
2023
     19:53

CIMB Niaga Konsisten Dukung OJK Tingkatkan Literasi Keuangan Pelajar

CIMB Niaga Konsisten Dukung OJK Tingkatkan Literasi Keuangan Pelajar
ILUSTRASI. Acara Akuntabilitas Program Literasi dan Inklusi Keuangan 2022 & Kick Off 2023 di Jakarta, Rabu (25/1/2023).

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Berdasarkan hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan 2022 dari OJK, tingkat literasi keuangan masyarakat Indonesia naik menjadi 49,68% dibanding tahun 2019 diposisi 38,03%. PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) terus mendukung Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan turut berkontribusi dalam meningkatkan literasi dan inklusi keuangan pelajar di Indonesia melalui Program Literasi Keuangan (PLK) yang dilakukan Lembaga Jasa Keuangan.

Sepanjang 2022, CIMB Niaga telah melaksanakan PLK secara daring kepada 10.252 pelajar dari 146 sekolah di 50 kota. Selaras dengan Program Satu Rekening Satu Pelajar (KEJAR) dari OJK, CIMB Niaga juga telah mendukung pembukaan Tabungan Simpanan Pelajar (SimPel) sebanyak 4.968 rekening. Secara keseluruhan, sejak 2011 hingga akhir 2022 PLK CIMB Niaga telah menjangkau 79.627 pelajar sekolah dasar dan menengah di berbagai kota di Indonesia.

Direktur Compliance, Corporate Affairs and Legal CIMB Niaga Fransiska Oei menyatakan CIMB Niaga memberikan bekal pengetahuan dan pengalaman mengenai pengelolaan keuangan sesuai usia peserta. Program Tour de Bank (TDB) untuk memperkenalkan fungsi perbankan dan manfaat menabung ditujukan bagi pelajar SD, sementara bagi pelajar SMP dan SMA lewat Program Ayo Menabung dan Berbagi (AMDB) dengan materi perencanaan keuangan dan berbagai fitur unggulan OCTO Mobile.

“Kami berharap para pelajar dapat menanamkan kebiasaan pengelolaan keuangan dan menabung sejak dini. Disiplin menabung dan bijak menggunakan uang tentunya akan sangat membantu anak-anak kita menghadapi masa depan,” kata Fransiska dalam Akuntabilitas Program Literasi dan Inklusi Keuangan 2022 & Kick Off 2023 di Jakarta, Rabu (25/1/2023).

Lebih lanjut Fransiska menyampaikan PLK CIMB Niaga ditujukan untuk mendukung program OJK sekaligus strategi bisnis Bank khususnya dalam meningkatkan portofolio tabungan.

Selama tiga tahun terakhir ini, Perusahaan memperluas PLK kepada para guru dengan memberikan pelatihan pengelolaan keuangan. Ada 403 tenaga pendidik dari sekolah-sekolah yang telah berpartisipasi sebagai peserta kegiatan AMDB dan TDB 2022. Di tahun 2023, Program Literasi dan Inklusi Keuangan akan diselenggarakan di 22 kota dan menjangkau 78 sekolah.

Atas partisipasi aktif CIMB Niaga mendukung edukasi dan inklusi keuangan pelajar, OJK memberikan apresiasi KEJAR Award sebagai Bank Implementasi KEJAR Terbaik untuk kategori Bank Swasta Nasional. Penghargaan ini akan terus memacu Perusahaan dalam meningkatkan program literasi dan inklusi keuangan bagi masyarakat Indonesia.

Tentang CIMB Niaga
 
CIMB Niaga adalah bank swasta nasional terbesar kedua di Indonesia yang didirikan dengan nama Bank Niaga pada tahun 1955. Sekitar 92,5% saham CIMB Niaga (termasuk yang dimiliki oleh PT Commerce Kapital sebesar 1,02%) dimiliki oleh CIMB Group. CIMB Niaga menawarkan produk dan layanan perbankan lengkap baik konvensional maupun Syariah meliputi segmen usaha Consumer Banking, Emerging Business Banking (EBB)/Small Medium Enterprise (SME), Commercial Banking, dan Corporate Banking didukung kapabilitas Treasury dan Capital Market, serta digital banking terdepan melalui OCTO Mobile, OCTO Clicks, Rekening Ponsel, BizChannel@CIMB, dan BizChannel@CIMB Mobile. Mengusung brand promise Kejar Mimpi, CIMB Niaga berkomitmen menjadi partner terbaik dan Bank of Choice bagi seluruh segmen masyarakat dalam mewujudkan mimpi-mimpinya.

Sebagai bank yang peduli dengan bumi dan generasi masa depan, CIMB Niaga konsisten mengimplementasikan keberlanjutan (sustainability) dalam menjalankan usahanya melalui sinergi aspek lingkungan hidup, ekonomi, sosial dan tata kelola ke dalam proses perbankan. Dengan semangat Anda #YangUtama, CIMB Niaga terus memberikan pelayanan terbaik bagi nasabah. Per 30 September 2022, layanan CIMB Niaga didukung dengan 11.587 karyawan (konsolidasi), 418 kantor cabang, 4.383 ATM, serta 296.104 EDC dan QR yang tersebar di berbagai kota di Indonesia.

CIMB merupakan salah satu kelompok usaha perbankan terkemuka di ASEAN sekaligus perusahaan penyedia jasa keuangan terbesar kedua di Malaysia. Saham tercatat di Bursa Malaysia melalui CIMB Group Holdings Berhad, kelompok usaha ini memiliki nilai kapitalisasi pasar yang mencapai USD11,6 miliar per 30 September 2022. Produk dan jasa yang ditawarkannya mencakup produk dan jasa perbankan konsumer, komersial, wholesale, transaction banking, Syariah,serta pengelolaan aset dan asuransi. CIMB Group berkantor pusat di Kuala Lumpur, dan beroperasi di 10 negara anggota ASEAN (Malaysia, Indonesia, Singapura, Thailand, Kamboja, Brunei, Vietnam, Myanmar, Laos, dan Filipina). Selain di kawasan ASEAN, CIMB Group mendirikan pula kantor di China, Hong Kong, India, Korea Selatan, Amerika Serikat, dan Inggris.

Baca Juga: Bersama Bercahaya CIMB Niaga Syariah, Ajak Indonesia Kolaborasi di Haya Fest 2023

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2023 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved