June
24
2022
     20:41

CIMB Niaga Jalin Sinergi dengan ICDX & ICH, Fasilitasi Perdagangan Emas Fisik Digital

CIMB Niaga Jalin Sinergi dengan ICDX & ICH, Fasilitasi Perdagangan Emas Fisik Digital
ILUSTRASI. Dir Business Banking CIMB Niaga Rusly J (kiri) berbincang dengan Dir Syariah Banking CIMB Niaga Pandji P (kedua kiri), Dir ICDX Nursalam (kanan)&Dir ICH Dijah P(kedua kanan) usai Penandatanganan Kerja Sama Bank Penyimpan Dana Margin di Jakarta(23/6/2022).

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) menjalin sinergi dengan Indonesia Commodity and Derivatives Exchange (ICDX) dan Indonesia Clearing House (ICH) untuk memfasilitasi transaksi Pasar Fisik Emas Digital di Bursa Komoditi dengan menjadi Bank Penyimpan Dana Margin.

Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) tersebut dilakukan oleh Direktur Business Banking CIMB Niaga Rusly Johannes, Direktur Syariah Banking CIMB Niaga Pandji P. Djajanegara, Direktur ICDX Nursalam, dan Direktur ICH Dijah Pratiwi Prihandini di Graha CIMB Niaga, Jakarta, Kamis (23/6/2022).

Direktur Business Banking CIMB Niaga Rusly Johannes menyatakan, kolaborasi perbankan dengan bursa komoditi dan lembaga kliring merupakan suatu usaha dalam membentuk ekosistem Perdagangan Berjangka Komoditi yang kuat dan terintegrasi.

“Suatu kehormatan bagi CIMB Niaga dapat menjalin kerja sama dengan ICDX dan ICH. Melalui kerja sama ini, kami berharap dapat membantu kegiatan pasar komoditi khususnya Perdagangan Fisik Emas Digital di dalam Bursa Komoditi, sehingga ke depannya bisa meningkatkan transaksi komoditi emas di Indonesia,” kata Rusly.

Selaras dengan Rusly, Direktur ICDX Nursalam mengatakan, “Kerja sama ini bertujuan untuk mendorong peningkatan transaksi Perdagangan Berjangka Komoditi khususnya transaksi Pasar Fisik Emas Digital melalui bursa, dengan kenyamanan jasa perbankan yang disediakan oleh CIMB Niaga. Kerja sama ini sebagaimana komitmen ICDX dalam menjalankan fungsinya sebagai Bursa Komoditi untuk menghadirkan ekosistem pasar yang terorganisir, dan ICH sebagai lembaga kliring untuk pejaminan dan penyelesaian transaksi Pasar Fisik Emas Digital di ICDX.”

Seperti diketahui, CIMB Niaga merupakan salah satu bank yang telah mendapat ijin dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI), Kementerian Perdagangan, sebagai Bank Penyimpan Dana Margin atas transaksi Pasar Fisik Emas Digital melalui bursa (on exchange). Kerja sama ini juga menandai sinergi yang baik antar pelaku industri Perdagangan Berjangka Komoditi (PBK) dengan pelaku industri keuangan khususnya perbankan.

Dengan kerja sama tersebut, ICDX dan ICH akan mengintegrasikan platform dan sistem Pasar Fisik Emas Digital milik Bursa Komoditi dengan CIMB Niaga melalui pembukaan Akun Peserta Emas Digital (APED) dalam ekosistem yang terintegrasi.

Terbentuknya ekosistem Perdagangan Berjangka Komoditi, khususnya Pasar Fisik Emas Digital, memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam berinvestasi emas fisik melalui platform digital. Kendati perdagangan tersebut dilakukan secara digital, kepemilikan fisik emas akan dijamin oleh lembaga kliring yakni ICH untuk memastikan ketersediaan fisik dari emas yang ditransaksikan. Adapun dana dari transaksi akan disimpan oleh CIMB Niaga sehingga dapat dipastikan keamanannya.

Tentang CIMB Niaga

CIMB Niaga didirikan dengan nama Bank Niaga pada tahun 1955. Sekitar 92,5% saham CIMB Niaga (termasuk yang dimiliki oleh PT Commerce Kapital sebesar 1,02%) dimiliki oleh CIMB Group. CIMB Niaga menawarkan produk dan layanan perbankan lengkap, baik konvensional maupun Syariah, melalui 418 cabang. CIMB Niaga memiliki 11.841 karyawan (konsolidasi) per 31 Maret 2022.

CIMB Group merupakan perusahaan penyedia jasa keuangan terbesar kedua di Malaysia sekaligus salah satu kelompok usaha perbankan universal terkemuka di ASEAN. Produk dan jasa yang ditawarkannya mencakup produk dan jasa perbankan konsumer, perbankan investasi, perbankan Syariah, pengelolaan aset dan asuransi. CIMB Group berkantor pusat di Kuala Lumpur, dan beroperasi di seluruh negara anggota ASEAN (Malaysia, Indonesia, Thailand, Singapura, Kamboja, Brunei, Vietnam, Myanmar, Laos, dan Filipina). Selain di kawasan ASEAN, CIMB Group mendirikan pula kantor di China, Hong Kong, India, Amerika Serikat, Inggris, dan Korea. Saham CIMB Group tercatat di Bursa Malaysia melalui CIMB Group Holdings Berhad. Per 31 Maret 2022, kelompok usaha ini memiliki nilai kapitalisasi pasar yang mencapai USD12,9 miliar.

Tentang Indonesia Commodity & Derivatives Exchange (ICDX)

Indonesia Commodity & Derivatives Exchange (ICDX), juga dikenal sebagai Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia (BKDI) adalah bursa komoditi dan derivatif yang berbasis di Indonesia. Visi ICDX menjadi bursa pasar global yang meningkatkan kesejahteraan nasional, dengan misi menjadi tolok ukur penetapan harga komoditi dunia melalui produk-produk primer Indonesia. ICDX adalah Bursa yang didukung oleh anggotanya yang terdiri dari pialang dan pedagang yang teregulasi oleh BAPPEBTI. Anggota ICDX memfasilitasi layanan transaksi nasabah yang mencakup kontrak perdagangan berjangka komoditi ICDX. Perdagangan di ICDX akan diselesaikan, dijamin, dan dikliring oleh Indonesia Clearing House.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2022 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved