June
10
2022
     12:16

cacaFly dan PT Metrodata Electronics Tbk Meluncurkan Perusahaan Patungan

cacaFly dan PT Metrodata Electronics Tbk Meluncurkan Perusahaan Patungan
ILUSTRASI. cacaFly bersama dengan PT. Metrodata Electronics Tbk telah membentuk perusahaan baru bernama PT cacaFly Metrodata Indonesia (?CMI?), sebuah perusahaan patungan yang menyediakan layanan dan solusi pemasaran berbasis data untuk pasar Indonesia.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - cacaFly.com, perusahaan agensi pemasaran digital terkemuka di Taiwan, pada hari ini mengumumkan peluncuran usaha patungan barunya dengan PT Metrodata Electronics, Tbk (IDX: MTDL atau ”Metrodata”), perusahaan penyedia solusi digital dan inovator teknologi terkemuka di Indonesia, dengan membentuk sebuah perusahaan agensi pemasaran digital berbasis data untuk pasar Indonesia, yang akan menawarkan solusi pemasaran untuk kebutuhan online dan offline.

Perusahaan ini akan berkantor pusat di Jakarta dengan nama PT cacaFly Metrodata Indonesia (“CMI”). Entitas baru ini secara mayoritas dimiliki oleh cacaFly (cacaFly 51% dan Metrodata 49%). Cakupan yang besar atas merek Teknologi Informasi dan Komunikasi yang dipasarkan oleh Metrodata, serta pengetahuan tentang pasar lokal, yang kemudian dikombinasikan dengan keahlian cacaFly di ranah pemasaran digital, merupakan kekuatan tersendiri yang akan dimanfaatkan secara bersama untuk membangun agensi pemasaran digital yang lebih efektif dan efisien di Indonesia.

“Hari ini merupakan tonggak penting bagi Metrodata dan menegaskan kembali komitmen kami terhadap negara serta memperkuat basis kami di Indonesia”, kata Susanto Djaja, Presiden Direktur PT Metrodata Electronics Tbk dan Presiden Komisaris PT cacaFly Metrodata Indonesia yang baru.

“Melalui informasi yang diperoleh dari sejumlah mitra merek dagang kami, kami menyadari bahwa saat ini terdapat kekhawatiran mengenai permasalahan kenaikan biaya akuisisi pelanggan, terutama yang disebabkan oleh teknologi cookie yang akan dihapuskan secara bertahap.

Terdapat kebutuhan yang nyata atas kinerja pemasaran yang lebih baik dan itulah sebabnya kami memulai usaha patungan ini dengan cacaFly, yaitu untuk menawarkan solusi pemasaran berbasis data, bagi para pemegang merek dagang di Indonesia, yang dapat membantu mereka dalam mengurangi pengeluaran biaya media, meningkatkan tingkat konversi penjualan, dan meningkatkan ROI dari kampanye pemasaran. Kombinasi antara reputasi keberhasilan cacaFly dalam menerapkan data science ke dalam kegiatan pemasaran digital, dan ditambah dengan pengalaman dan kepiawaian kami di ranah pasar domestik, akan menjadikan CMI sebagai agensi dengan posisi terbaik di Indonesia pada era baru paska cookie, di mana kini akses terhadap data pihak pertama merupakan faktor penentu kesuksesan.”

Pembentukan CMI akan semakin memperluas jangkauan cacaFly di Asia Tenggara, setelah sukses berekspansi ke Malaysia dan Singapura. cacaFly dikenal di Taiwan sebagai perusahaan agensi pemasaran digital yang menerapkan pemanfaatan AI, big data, dan machine learning pada kampanye – kampanye pemasaran, serta memiliki tim teknisi sejumlah lebih dari 60 orang.

CMI akan menjadi salah satu dari mitra agensi untuk GoGAN (Gojek Ads Network), yang didukung AI, yang dibangun bersama dengan TenMAX, sesama anak perusahaan funP Innovation Group - perusahaan induk cacaFly. GoGAN menyederhanakan proses agensi dalam melakukan media planning dan media buying , menghasilkan laporan wawasan dampak yang terkonsolidasi untuk pemasar.

AI milik GoGAN meningkatkan akurasi penargetan iklan dan secara otomatis mengkalibrasi ulang kinerja iklan lintas media selama kampanye berlangsung. Selain itu, CMI juga akan bekerja sama dengan TikTok di Indonesia untuk memberikan layanan konsultasi kepada merek dagang yang ingin memanfaatkan platform influencer untuk mempromosikan produk mereka melalui TikTok Shop.

CMI juga akan memasuki pasar Indonesia melalui serangkaian kemitraan strategis dan utama yang akan diumumkan secara lebih rinci di masa mendatang. Ini termasuk meliputi rencana kemitraan dengan beberapa perusahaan media terintegrasi terbesar di Indonesia dan penyedia solusi teknologi seperti pDOOH (pragmatic digital out-of-home), yang akan memungkinkan klien untuk berkomunikasi dengan audiens melalui papan reklame dan layar digital di sejumlah lokasi, seperti stasiun kereta api, rumah sakit, gedung perkantoran, atau gerai ritel.

Amanda Lai ditunjuk sebagai General Manager yang berkedudukan di Jakarta. Amanda sebelumnya bekerja di Google dan mempelopori ekspansi e-commerce lintas batas Shopee ke Asia Tenggara dan Brasil.

“Indonesia telah sejak lama menjadi target pasar CacaFly karena memiliki populasi terbesar di Asia Tenggara, memiliki tingkat penetrasi pengguna mobile e-commerce tertinggi di dunia, dan pertumbuhan kelas menengah digital native yang ingin meningkatkan gaya hidup,” demikian dikutip dari Brian Yang, Presiden Direktur / CEO PT cacaFly Metrodata Indonesia dan merupakan salah satu pendiri cacaFly.com.

“Kami tidak akan dapat menemukan mitra yang lebih baik daripada Metrodata di Indonesia, Metrodata memiliki infrastruktur bisnis dan nama baik yang telah dikenal secara luas. Ini memberikan kami kredibilitas yang dibutuhkan dalam menjalin relasi dengan klien, merekrut sumber daya dan talenta, serta melaksanakan kegiatan operasional lainnya,” kata Amanda Lai, General Manager PT cacaFly Metrodata Indonesia.

Tentang cacaFly

cacaFly merupakan perusahaan agensi pemasaran digital dan pengiklan solusi digital di Taiwan. cacaFly telah berhasil melakukan ekspansi di Malaysia, Vietnam, Indonesia, dan Jepang, serta memiliki tim lebih dari 200 orang tenaga pemasar dan 60 teknisi. cacaFly telah menjalin kerja sama dengan lebih dari 1000 merek dagang klien, UKM, dan sejumlah besar agensi 4A terkemuka – The American Association of Advertising Agencies (4A’s). cacaFly juga telah memperoleh berbagai penghargaan dan merupakan mitra utama atau teratas dari perusahaan teknologi dunia seperti Google, Facebook, LINE, Oracle, dan Microsoft.

Didirikan pada tahun 2009 dan berkantor pusat di Taipei, cacaFly adalah bagian dari funP Innovation Group.

Tentang PT Metrodata Electronics Tbk

PT Metrodata Electrronics Tbk (“Perseroan”), perusahaan publik di Bursa Efek Indonesia sejak tahun 1990 (IDX : MTDL), merupakan perusahaan terkemuka penyedia solusi dan layanan konsultasi, distribusi teknologi informasi dan komunikasi (TIK), serta produk & layanan digital di Indonesia. Bermitra dengan perusahaan TIK kelas dunia, Metrodata saat ini memiliki bisnis utama yaitu Digital Distribution Business (menyediakan perangkat keras dan perangkat lunak TIK kelas dunia), yang menangani alur distribusi perangkat ke dealer dan perusahaan – perusahaan penyedia solusi TIK, serta menjalankan bisnis e-commerce.

Jaringan distribusi mencakup lebih dari 150 kota di seluruh Indonesia dan memiliki lebih dari 5.200 mitra saluran bisnis dengan lebih dari 100 merek dagang produk dan layanan TI; bisnis utama selanjutnya yaitu Digital Solutions and Consulting Business (menyediakan solusi digital dan konsultasi untuk membantu perusahaan – perusahaan mewujudkan transformasi digital) menyediakan solusi lengkap TIK berdasarkan 8 Pilar Solusi Digital Metrodata, yaitu layanan Cloud, Big Data & Analytics, Infrastruktur Hybrid IT, Aplikasi Bisnis, Platform Bisnis Digital, layanan Consulting & Advisory, dan layanan Alih Daya, untuk mendukung proses transformasi bisnis digital.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved