June
23
2022
     14:01

Buka Pusat Edukasi Central Park, Mirae Asset Perluas Edukasi Pasar Modal ke Jakbar

Buka Pusat Edukasi Central Park, Mirae Asset Perluas Edukasi Pasar Modal ke Jakbar
ILUSTRASI. PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia meluaskan jaringan edukasi dan literasi pasar modal melalui pembukaan cabang baru di kompleks Central Park guna menjangkau basis investor yang potensi pengembangannya besar di Jakarta Barat.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia meluaskan jaringan edukasi dan literasi pasar modal melalui pembukaan cabang baru di kompleks Central Park guna menjangkau basis investor yang potensi pengembangannya besar di Jakarta Barat.

Tae Yong Shim, CEO Mirae Asset Sekuritas, mengatakan perluasan jaringan ke kawasan elit tersebut merupakan salah satu strategi perusahaan tahun ini yang masih terus menambah pusat edukasi (Office Education/OE). OE di kompleks yang sempat diklaim menjadi bangunan terbesar ke-8 di dunia itu, tuturnya, juga diharapkan dapat menjadi pusat kegiatan edukasi pasar modal di Jakarta Barat.

“Kami berharap perluasan jaringan kantor edukasi atau OE Mirae Asset Sekuritas akan membantu meluaskan informasi tentang investasi khususnya investasi di pasar modal kepada masyarakat yang lebih luas di tengah momentum perbaikan ekonomi sekarang ini,” ujar Tae Yong Shim dalam “Grand Launching Office Education (OE) Central Park - Jakarta” hari ini, 22 Juni 2022.

Dengan pembukaan OE Central Park tersebut, Tae Yong Shim berharap potensi investasi yang besar dari masyarakat Jakarta Barat akan dapat tertampung dan difasilitasi oleh Mirae Asset Sekuritas dan mendukung nilai transaksi saham nasabahnya. Sampai saat ini, dia mengatakan transaksi saham nasabah Mirae Asset Sekuritas masih menjadi yang terbesar di Indonesia sejak awal tahun.

Data PT Bursa Efek Indonesia (IDX) menunjukkan nilai transaksi Mirae Asset Sekuritas sekaligus volume transaksi dan frekuensi transaksi masih menjadi yang teratas sejak awal tahun hingga akhir Mei 2022. Nilai transaksi Mirae Asset Sekuritas pada periode itu mencapai Rp 273 triliun. Sekuritas di posisi kedua dan ketiga membukukan transaksi Rp 219 triliun dan Rp 216 triliun.

Senior Area Manager Mirae Asset Sekuritas Linda Homiya menyatakan besarnya potensi Jakarta Barat terlihat dari jumlah investor pasar modal dan investor pasar saham yang paling besar dibandingkan dengan kotamadya lain di DKI Jakarta.

“Sampai saat ini, DKI Jakarta masih menjadi provinsi dengan jumlah investor pasar modal paling besar di Indonesia.”

Data OJK pada akhir 2021 menunjukkan jumlah investor pasar modal Jakarta Barat berdasarkan single investor ID (SID) mencapai 270 ribu orang, di mana di antaranya ada 150 ribu orang berupa SID rekening saham. Angka SID investor pasar modal dan pasar saham tersebut masih teratas di antara kota-kabupaten lain di Indonesia.

Angka SID investor pasar modal Jakarta Barat masih di atas Jakarta Timur sekitar 250 ribu orang, Jakarta Selatan sekitar 245 ribu orang, Surabaya 226 ribu orang, dan Bandung Kota 200 ribu orang.

Linda menjelaskan untuk menarik minat dan memberi edukasi yang menyeluruh kepada calon investor pasar modal, OE Central Park dilengkapi fasilitas ruang trading, ruang edukasi, ruang konsultasi, perpustakaan, dan lounge di mana setiap investor akan dipandu oleh investment specialist berlisensi.

Tentang PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia

PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia adalah perusahaan efek anak usaha Mirae Asset Securities Co. Ltd, yang tergabung ke dalam salah satu kelompok usaha jasa keuangan non-bank terbesar di Korea Selatan yaitu Mirae Asset Financial Group. Grup usaha itu memiliki dana kelolaan sekitar US$ 550 miliar (setara Rp 8.000 triliun) pada akhir tahun lalu.

Mirae Asset Sekuritas Indonesia sebelumnya bernama PT Daewoo Securities Indonesia sejak 2013. Setelah beberapa kali pergantian pemilik dan nama pada 2016, Mirae Asset Securities Co. Ltd. yang juga salah satu perusahaan efek terbesar di Korea Selatan, menjadi pemegang saham Mirae Asset Sekuritas Indonesia dan mengubah namanya hingga menjadi seperti sekarang.

Per akhir Maret 2022, nilai transaksi Mirae Asset Sekuritas Indonesia Rp 171 triliun sejak awal tahun (year to date), terbesar di antara seluruh anggota bursa di Bursa Efek Indonesia. Setelah Mirae Asset Sekuritas, perusahaan efek di posisi kedua dan ketiga membukukan nilai transaksi masing-masing Rp 127 triliun dan Rp 94 triliun.

Pada 2021, nilai transaksi Mirae Asset Sekuritas Indonesia mencapai Rp 697 triliun, naik 70% persen jika dibandingkan dengan capaian Rp 410 triliun pada tahun sebelumnya yang diiringi dengan kenaikan pangsa pasar terhadap transaksi saham di bursa menjadi 10,51% dari tahun sebelumnya 9,19%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved