September
13
2024
     15:21

Brantas Abipraya Dorong UMKM Lokal lewat Program Pembinaan di Desa Cimekar, Bandung

Brantas Abipraya Dorong UMKM Lokal lewat Program Pembinaan di Desa Cimekar, Bandung
ILUSTRASI. PT Brantas Abipraya (Persero) melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL). Kali ini dengan melakukan pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa Cimekar, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - PT Brantas Abipraya (Persero) kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung pemberdayaan ekonomi melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL). Kali ini dengan melakukan pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa Cimekar, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung.

Program pembinaan ini meliputi pendanaan usaha mikro dan kecil, kemasan produk, serta pelatihan kewirausahaan. N. Karyati salah satu pelaku UMKM menyampaikan bahwa bantuan tersebut sangat berdampak dalam mengembangkan usahanya. N. Karyati, pemilik usaha keripik singkong rumahan, mengungkapkan rasa terima kasih atas dukungan yang diberikan. "Dukungan ini tidak hanya mempercantik produk kami, tetapi juga memberikan nilai tambah dan memastikan kebersihan produk," ujarnya.

Selain itu, pembinaan juga dilakukan melalui workshop yang digelar oleh Brantas Abipraya terkait pembentukan karakter wirausaha dan literasi keuangan, membantu para pelaku usaha seperti N. Karyati untuk memisahkan dana usaha dan pribadi. Dukungan dalam pengurusan legalitas usaha juga membantu memastikan kepatuhan terhadap peraturan yang berlaku.

“UMKM adalah tulang punggung ekonomi nasional, sehingga harapannya program ini dapat membantu para pelaku usaha untuk bertransformasi, meningkatkan skill di tengah persaingan. Semoga Brantas Abipraya senantiasa terus hadir, memberikan pembinaan seperti pelatihan dan akses terhadap modal yang lebih baik, seperti pinjaman modal yang lebih efektif,” kata Tumpang Muhammad, Direktur SDM dan Umum Brantas Abipraya.

Dengan adanya program ini, Brantas Abipraya berharap UMKM binaannya semakin berkembang dan memberikan dampak positif bagi perekonomian lokal. "Kami merasa termotivasi dan yakin untuk terus berkembang dan meningkatkan pelayanan," tambah Karyati.

Program pembinaan UMKM ini sejalan dengan misi Brantas Abipraya dalam mendukung pemberdayaan ekonomi masyarakat, serta memperkuat posisi UMKM sebagai pilar utama perekonomian nasional. Sebagai bukti komitmen perusahaan dalam mendukung pengembangan UMKM di Indonesia, BUMN konstruksi ini pun berhasil meraih dua penghargaan dalam acara PaDi UMKM Hybrid Expo & Conference 2024 (27/8). 

Penghargaan ini diraih atas pencapaian Brantas Abipraya menduduki peringkat satu BUMN Tipe C dengan volume transaksi terbanyak dan peringkat satu buyer group dengan volume transaksi terbanyak di platform Pasar Digital (PaDi) UMKM yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN.

Melalui penghargaan ini, Brantas Abipraya menunjukkan betapa kuatnya peran Perusahaan dalam berkontribusi memperkuat ekosistem UMKM di tanah air. BUMN ini pun berkomitmen akan terus berperan aktif dalam mendukung pertumbuhan UMKM Indonesia, hal ini diyakini karena UMKM memiliki peran penting dalam menggerakkan perekonomian nasional.

“Dengan penghargaan yang diraih, Brantas Abipraya semakin mengukuhkan posisinya sebagai Perusahaan yang tidak hanya berfokus pada pembangunan infrastruktur, tetapi juga berperan aktif dalam pemberdayaan UMKM. Lewat program-program TJSL ini, Brantas Abipraya akan terus bekerja sama dengan berbagai pihak untuk memberikan kontribusi positif melalui inisiatif yang berkelanjutan untuk menciptakan ekonomi yang lebih inklusif,” tutup Tumpang Muhammad, Direktur SDM dan Umum Brantas Abipraya.

Baca Juga: Brantas Abipraya Peringkat 1 Transaksi UMKM di PaDi UMKM Hybrid Expo&Conference 2024

 

Selanjutnya: 25 Kata Bijak Maulid Nabi Muhammad SAW yang Sesuai dengan Teladan Hidup Rasulullah

Menarik Dibaca: 25 Kata Bijak Maulid Nabi Muhammad SAW yang Sesuai dengan Teladan Hidup Rasulullah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved