July
25
2022
     19:12

Brantas Abipraya Bangun Bendungan Beringin Sila di Sumbawa

Brantas Abipraya Bangun Bendungan Beringin Sila di Sumbawa
ILUSTRASI. PT Brantas Abipraya (Persero) di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB). Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang konstruksi ini tengah mengerjakan Bendungan Beringin Sila.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Dalam upaya menjawab tantangan global akan krisis air dan memperkuat pangan nasional, melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Indonesia telah membuktikan dengan melakukan pembangungan 61 bendungan baru. Salah satunya yang sedang dibangun oleh PT Brantas Abipraya (Persero) di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB). Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang konstruksi ini tengah mengerjakan Bendungan Beringin Sila.

“Dalam rangka mendukung ketahanan pangan nasional serta sebagai upaya mitigasi krisis air global khususnya di Indonesia, melalui pembangunan bendungan ini Brantas Abipraya menunjukkan kontribusinya dalam mewujudkan pemerataan infrastruktur di seluruh penjuru bangsa dan untuk mendukung ketahanan air serta ketahanan pangan,” ujar Miftakhul Anas selaku Sekretaris Perusahaan Brantas Abipraya.

Mulai dikerjakan sejak tahun 2019, bendungan  yang terletak di Kecamatan Utan, Sumbawa, NTB ini ditargetkan selesai pada akhir 2022. Konstruksi Bendungan Beringin Sila sendiri didesain dengan tinggi 70,5 meter dan panjang 787,58 meter. Manfaat dari kehadiran Bendungan Beringin Sila itu sendiri diantaranya adalah untuk  pengairan lahan irigasi seluas 3.500 hektare dan penghasil air baku 76 liter/detik guna mendukung pertanian di Kabupaten Sumbawa. Kapasitas tampungnya pun mencapai 25,51 juta m3 dengan luas genangan 129 hektare.

Manfaat lain dari bendungan ini adalah sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro sebesar 1,4 MW, sehingga dapat menyokong pasokan listrik untuk masyarakat di sekitar Sumbawa. Tak hanya itu, bendungan ini juga dapat mereduksi banjir 85 m3/detik. Bendungan ini nantinya juga didesain sebagai salah satu destinasi wisata di NTB.

Termasuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN), selain Bendungan Beringin Sila Brantas Abipraya yang dikenal sebagai champion bangunan infrastruktur air khususnya bendungan ini juga mengerjakan beberapa proyek bendungan lainnya yang termasuk dalam PSN, lokasinya pun tersebar di tanah air. Diantaranya Bendungan Sepaku Semoi yang merupakan bendungan penopang air baku dan ketahanan pangan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur, bendungan tertinggi di Indonesia yaitu Bendungan Bener yang terletak di Purworejo-Jawa Tengah, Bendungan Semantok di Nganjuk, Jawa Timur yang bakal menjadi bendungan terpanjang se-Asia Tenggara, serta Bendungan Ciawi di Jawa Barat yang merupakan bendungan kering pertama di Indonesia.

“Selain memberi nilai tambah untuk daerah sekitar bendungan yang dibangun Brantas Abipraya, karya infrastruktur sumber daya air yang sedang dikerjakan dan telah dirampungkan ini adalah jawaban dari tantangan climate change atau perubahan iklim yang dihadapi saat ini. Sebagai BUMN Karya yang berkomitmen selalu ada untuk Indonesia, Brantas Abipraya akan selalu mendukung Pemerintah dalam pembangunan dan pengembangan infrastruktur nasional,” tutup Anas.

Baca Juga: Bertolak ke Labuan Bajo, Presiden Jokowi Resmikan Dua Infrastruktur Karya Abipraya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved