May
15
2024
     17:48

BNI Sekuritas Catatkan Kinerja Positif di Tahun 2023 Berkat Transformasi Bisnis

BNI Sekuritas Catatkan Kinerja Positif di Tahun 2023 Berkat Transformasi Bisnis
ILUSTRASI. PT BNI Sekuritas (BNI Sekuritas) meraih pencapaian luar biasa pada tahun 2023 berkat upaya transformasi bisnis yang komprehensif. Pendapatan konsolidasi BNI Sekuritas naik sebesar 7.1% dibandingkan pada tahun 2022, meningkat dari 531.0 miliar menjadi 568.9 miliar.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID -  PT BNI Sekuritas (BNI Sekuritas) meraih pencapaian luar biasa pada tahun 2023 berkat upaya transformasi bisnis yang komprehensif, seiring dengan ulang tahun Perusahaan yang ke-29. Tahun 2023, pendapatan konsolidasi BNI Sekuritas naik sebesar 7.1% dibandingkan pada tahun 2022, meningkat dari 531.0 miliar menjadi 568.9 miliar.

Plt. Direktur Utama BNI Sekuritas Vera Ongyono mengatakan bahwa pencapaian ini telah mengukir sejarah bagi BNI Sekuritas. Pasalnya, setelah genap berdiri selama 29 tahun pada 12 April 2024 lalu, net profit tahun 2023 BNI Sekuritas meningkat sebanyak 80.4% dibandingkan tahun 2022. Angka tersebut merupakan capaian tertinggi selama BNI Sekuritas berdiri sejak tahun 1995 seiring dengan upaya Manajemen melakukan transformasi bisnis dalam waktu dua tahun terakhir.

Vera menambahkan bahwa pada tahun 2023 BNI Sekuritas berhasil menjadi penjamin pelaksana emisi efek untuk beberapa IPO besar di Indonesia, termasuk PT Amman Mineral Tbk dengan total nilai transaksi Rp10,7 triliun, yang merupakan IPO terbesar di Indonesia sepanjang tahun 2023. BNI Sekuritas juga menjadi satu-satunya Lead Underwriter untuk IPO PT Barito Renewables Energy Tbk dan berhasil mengumpulkan dana publik sebesar Rp3,1 triliun.

Kinerja positif BNI Sekuritas juga tercermin dari keberhasilannya mempertahankan posisi di peringkat 5 besar di antara perusahaan efek dalam transaksi obligasi pemerintah, serta peningkatan 7 peringkat dalam kategori pedagang efek ekuitas.

Bagi Nasabah ritel, BNI Sekuritas melakukan banyak transformasi yang berfokus pada kepuasan Nasabah (customer oriented). Salah satu inisiatif pentingnya adalah peningkatan konten ritel melalui pembentukan Unit Retail Research guna mengoptimalkan penyediaan konten edukasi Nasabah pada program Morning Investview, yang menyajikan informasi dan rekomendasi berdasarkan analisis fundamental dan teknikal saham.

Di samping itu, BNI Sekuritas fokus pada transformasi menuju digitalisasi seperti fitur pengkinian data online yang setiap saat dapat diakses oleh Nasabah, jika mereka ingin mengubah data pribadinya.

BNI Sekuritas turut mendukung target Pemerintah Indonesia dalam mencapai Net Zero Emission pada tahun 2030 dengan menjadi pembeli pertama unit karbon untuk PT Bank Negara Indonesia Tbk (Persero) atau BNI pada peluncuran IDX Carbon di bulan September 2023. Selain itu, BNI Sekuritas berperan sebagai Underwriter dalam penerbitan obligasi berorientasi lingkungan (Green Bond) pertama dari perusahaan swasta, PT Arkora Hydro Tbk (ARKO), dengan total nilai penerbitan mencapai Rp339,9 Miliar.

Direktur Operasional BNI Sekuritas Yoga Mulya menambahkan bahwa transformasi bisnis digalakkan oleh BNI Sekuritas dalam meningkatkan kualitas struktur tata kelola (Governance Structure), proses tata kelola (Governance Process), dan hasil tata kelola (Governance Outcome) baik dalam struktur organisasi yang kokoh, inisiatif dan proses bisnis serta sistem pengendalian kepatuhan dan manajemen risiko yang berkualitas serta andal, juga dalam implementasi hasil tata kelola berbasis teknologi informasi termutakhir sehingga dapat memberikan nilai tambah bagi setiap pemangku kepentingan.

BNI Sekuritas melakukan investasi secara signifikan pada beberapa aspek operasional bisnis, pertama pembaruan sistem back-middle office utamanya guna meningkatkan fungsi manajemen risiko, pembukuan dan kustodian BNI Sekuritas yang berujung pada peningkatan layanan kepada Nasabah yang pada saat bersamaan memastikan kepatuhan BNI Sekuritas terhadap peraturan perundangan yang berlaku.

Kedua, renovasi kantor pusat di gedung Indofood dan penambahan ruang kerja di gedung Bursa Efek Indonesia untuk menjangkau Nasabah, sehingga dapat memberikan layanan yang terbaik dan berkesinambungan. Hal ini merupakan komitmen utama BNI Sekuritas di pasar modal Indonesia.

“Di samping transformasi bisnis, strategi lain yang dilakukan pada tahun 2024 yaitu memperkuat sinergi dengan Grup BNI, serta secara konsisten terlibat pada proyek-strategis dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan entitas swasta.

Kemudian, BNI Sekuritas berkomitmen untuk terus meningkatkan produktivitas dan memberikan dukungan maksimal terhadap karyawan, agar dapat terus memberikan solusi terbaik kepada Nasabah. Perusahaan percaya bahwa dengan peningkatan produktivitas individu, akan muncul hasil kinerja yang lebih baik, yang diharapkan berdampak positif pada kinerja perusahaan,” tutup Vera.

Sebagai informasi, sepanjang tahun 2023 BNI Sekuritas berhasil meraih berbagai macam penghargaan bergengsi tingkat nasional maupun internasional, beberapa diantaranya yaitu 12th Infobank Digital Brand Recognition 2023, IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia 2023, Innovative Deal of the Year - Indonesia pada Asian Banking & Finance Awards 2023, The Best Small to Mid-Cap Corporate Finance House pada ajang 17th Annual Alpha Southeast Asia Best FI Awards 2023, dan Company Corporate Governance Perception Index (CGPI) Award 2023, 34th Annual Asiamoney Brokers Poll 2023.

BNI Sekuritas juga menegaskan komitmen seriusnya  terhadap integritas, keamanan informasi, dan kesinambungan bisnis dalam situasi normal maupun saat krisis melalui perolehan sertifikasi ISO 37001:2016 Anti-Bribery, ISO/IEC 27001:2013 Sistem Manajemen Keamanan Informasi, dan ISO 22301:2019 Business Continuity Management System.

Mengenai BNI Sekuritas

PT BNI Sekuritas (BNI Sekuritas) adalah perusahaan anak PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI yang didirikan sejak tahun 1995. Saat ini BNI memiliki 75% kepemilikan saham pada BNI Sekuritas dan 25% sahamnya juga dimiliki oleh SBI Financial Services. Ltd. Sebagai perusahaan yang telah terdaftar pada Otoritas Jasa Keuangan (OJK), BNI Sekuritas memiliki izin sebagai penyedia jasa penjamin emisi efek, perantara pedagang efek, serta agen penjual reksadana.

Pada April 2024, BNI Sekuritas memiliki nilai transaksi saham sebesar Rp12.0 triliun dan memiliki 18 cabang yang tersebar di Indonesia.

Baca Juga: BNI Sekuritas Raih 4 Penghargaan Alpha Southeast Asia17th Annual Best Deal & Solution

 

Selanjutnya: Kembangkan Bisnis Pembiayaan Otomotif, Wuling Jalin Kerjasama dengan Akulaku

Menarik Dibaca: 8 Cara Menyimpan Parfum yang Benar agar Tahan Lama dan Tidak Mudah Rusak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved