November
28
2023
     22:00

Blibli TiketACTION Perluas Aksi Kolaborasi lewat Tanam 4.000 Mangrove di Mangunharjo

 Blibli TiketACTION Perluas Aksi Kolaborasi lewat Tanam 4.000 Mangrove di Mangunharjo
ILUSTRASI. Ki-ka: Sri Supriyati, Ranch Market District Mgr Wilayah Semarang, Lisa Widodo, COO & Co-Founder Blibli, Dudi Arisandi, Chief People Officer tiket.com, Dwi Haryanto, Dinas Lingkungan Hidup Prov Jateng, Pujiharini, Cabang Dinas Kehutanan 3, Prov Jateng pada kegiatan penanaman mangrove di pesisir pantai Mangunharjo, Semarang (28/11).

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID -  Penyelenggaraan KTT COP28 di Dubai yang tinggal menghitung hari menambah urgensi bagi negara-negara untuk memperbaiki arah kebijakan dalam melawan perubahan iklim, terutama terkait akan dibahasnya laporan gabungan Global Stocktake sebagai ‘rapor merah’ sekaligus panduan terkini bagi pemerintah dalam mengambil tindakan hijau yang lebih kuat. Nantinya, di dalam laporan ini akan dibahas empat area kunci untuk mencapai keadilan iklim, salah satunya kebijakan pengelolaan lahan dan kota sebagai upaya dari mentransformasi sistem Bumi.

Mendukung komitmen tersebut, PT Global Digital Niaga, Tbk (‘Blibli’; ‘Perseroan; kode saham BEI: ‘BELI’), melalui Blibli Tiket ACTION, turut ambil bagian dengan melakukan penanaman bibit mangrove di pesisir Kelurahan Mangunharjo, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Sebanyak 4.000 bibit mangrove hasil konversi dari 40,000 kemasan kardus dan plastik yang dikembalikan oleh pelanggan dan karyawan ekosistem Blibli Tiket, donasi dari masyarakat umum dari berbagai acara publik sepanjang tahun 2023.

Blibli Tiket memilih mangrove sebagai obyek pelestarian karena tanaman tersebut berperan penting dalam menjaga ekosistem perairan antara laut, pantai, dan darat yang membatasi banyak wilayah dengan kepadatan penduduk tinggi di Indonesia.

Sebagai gambaran, mengutip laporan The World’s Mangrove, sebanyak 677.000 hutan mangrove global telah hilang selama rentang waktu antara tahun 2000 hingga 2020, sehingga memicu risiko kenaikan permukaan air laut hingga terancamnya kesejahteraan nelayan dan masyarakat setempat akibat penurunan kualitas air bersih dan kelangkaan pasokan hasil laut.

Adapun penanaman mangrove di Semarang diharapkan dapat mendukung terwujudnya tujuan 13, 15 dan 17 pada kerangka Sustainable Development Goals (SDGs) tentang perubahan iklim, degradasi lahan akibat abrasi dan kemitraan untuk mencapai tujuan. Berkolaborasi dengan Lindungi Hutan dan Kelompok Tani Mangrove Lestari, aksi ini bertujuan memperkuat ekosistem pesisir pantai Mangunharjo yang rawan abrasi sekaligus meningkatkan penyerapan emisi karbon untuk bumi yang lebih lestari. 

Lisa Widodo, COO & Co-founder Blibli, mengatakan, “Sejalan dengan misi kami untuk menjadi platform perdagangan dan gaya hidup omnichannel yang terpercaya, di Blibli Tiket, kami berupaya menciptakan bisnis yang berkelanjutan dan memberikan dampak positif secara ekonomi, sosial, dan lingkungan bagi karyawan, pelanggan, mitra, dan pemangku kepentingan lainnya, dilandasi standar tata kelola data tertinggi.”

“Dengan komitmen ESG Blibli Tiket ACTION yang berfokus pada 6 material utama, meliputi penggunaan sumber daya, limbah, emisi, pelatihan dan pengembangan, relasi komunitas, yang dilandasi dengan tata kelola data dan privasi yang baik; kami  turut mengapresiasi para pelanggan, karyawan dan mitra yang telah mengambil bagian pada langkah kecil untuk melestarikan Bumi.

Dukungan mereka tentu memperkuat komitmen Blibli Tiket untuk merestorasi mangrove dengan 4.000 pohon yang dikonversikan dari 40.000 kemasan kardus dan plastik bekas. Selaras dengan agenda pembangunan berkelanjutan (SDGs), kami berharap dapat berkontribusi terhadap pengurangan emisi karbon dan memberikan dampak positif bagi ekonomi, komunitas dan masyarakat sekitar. Kami berupaya menjadi solusi nyata bagi dampak perubahan iklim di Indonesia,” Tambah Lisa.

Sebagaimana apresiasi yang pernah disampaikan oleh Presiden Bank Dunia terhadap upaya restorasi mangrove di Indonesia dalam setengah dekade terakhir, aksi terkait tak hanya berpotensi memberikan dampak berkelanjutan bagi ekosistem pesisir, tetapi juga bisa menjadi sumber mata pencaharian bagi warga sekitar.

Kota Semarang dipilih sebagai lokasi restorasi mangrove oleh Blibli Tiket dan Lindungi Hutan karena  memiliki area seluas 94,39 hektar atau 3,84% dari keseluruhan total area mangrove di Jawa Tengah yang tercatat sebesar 46,19 hektar. Sayangnya, menurut data terbaru di tahun 2021, sebanyak 90% hutan mangrove di Pantai Utara Jawa, termasuk di wilayah Semarang, mengalami kerusakan.

Karena itu, dalam kegiatan ini, Blibli Tiket bersama Lindungi Hutan memilih untuk menanam mangrove berjenis Rhizophora Mucronata, yang dinilai memiliki kemampuan serapan CO2 paling tinggi, yakni senilai 141,5 ton/ha dan mencapai rata-rata 0,251 ton/pohon selama usia produktif.

Di sisi lain, Miftachur Ben Robani, CEO Lindungi Hutan, melanjutkan bahwa sebagai pusat pemerintahan sekaligus kota terbesar di Jawa Tengah, Kota Semarang membutuhkan ekosistem mangrove untuk bantu menjaga kestabilan daratannya dari abrasi dan ancaman peningkatan permukaan air laut.

“Namun, untuk dapat mewujudkan ekosistem mangrove di Kota Semarang, dibutuhkan kolaborasi peran dari berbagai pihak. Karena itu, kami menyambut baik kesempatan yang diberikan Blibli Tiket dalam mempercayakan kolaborasi ini kepada Lingdungi Hutan, dan berharap kegiatan ini dapat menjadi inspirasi dalam upaya bersama untuk pemulihan ekosistem mangrove sebagai paru-paru Tanah Jawa yang lebih baik.”

Aksi penanaman mangrove oleh Blibli Tiket ini bukan yang pertama kalinya dilakukan. Pada tahun 2022, kami, berhasil menanam 3.000 bibit pohon mangrove di kawasan pesisir Tambakrejo, Semarang.

Untuk itu, melanjutkan kesuksesan tahun lalu, Blibli Tiket berharap perluasan penanaman mangrove di kota yang sama tahun ini dapat meningkatkan dampak positif pada masyarakat dan lingkungan kota Semarang.

Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dari terus memelihara habitat hutan mangrove untuk kelestarian alam dan kesejahteraan warga sekitar, bukan? Sekarang waktunya kamu dukung lebih banyak aksi nyata berupa penanaman pohon yang berguna untuk kelangsungan hidup banyak makhluk! Cari tahu lebih banyak soal aksi hijau Blibli Tiket, dengan klik di sini     

Tentang PT Global Digital Niaga Tbk (Blibli)

Didirikan tahun 2010, PT Global Digital Niaga Tbk (“Perseroan”) merupakan pelopor ekosistem perdagangan omnichannel dan gaya hidup terkemuka di Indonesia yang fokus melayani konsumen ritel dan institusi yang terhubung secara digital. Platform perdagangan (commerce) yang dimiliki Perseroan – Blibli, mengintegrasikan pengalaman berbelanja dan bertransaksi secara daring melalui layanan e-commerce dan secara luring dengan mengoperasikan 156 toko-toko fisik untuk berbagai mitra pemegang merek global terkemuka serta 70 gerai supermarket premium.

Selain itu, Blibli juga berkolaborasi dengan lebih dari 31.400 toko yang mengadopsi fitur omnichannel, yakni Blibli InStore dan Click & Collect, didukung oleh infrastruktur rantai pasok, termasuk jaringan pergudangan dan logistik yang dikembangkan secara nasional dan meningkatkan layanan pengiriman pihak pertama (1PL) secara langsung melalui layanan logistik milik Perseroan – BES Paket dan bekerja sama dengan berbagai mitra logistik pihak ketiga (3PL). Blibli menempati peringkat pertama kategori B2C Omnichannel 1P consumer electronics dan fresh products menurut Frost & Sullivan, serta memiliki layanan pelanggan 24/7 berkelas dunia.

Pada tahun 2017, Perseroan mengakuisisi PT Global Tiket Network (tiket.com) untuk memperluas layanan hingga meliputi perjalanan, akomodasi, dan pengalaman gaya hidup. Selanjutnya pada tahun 2021, ekosistem omnichannel Perseroan semakin lengkap dengan penambahan penawaran produk segar dan kebutuhan sehari-hari melalui akuisisi PMSupra Boga Lestari Tbk (“Ranch Market”; BEI: “RANC”) – perusahan pengelola sejumlah gerai supermarket premium seperti Ranch Market dan Farmers Market.

Perseroan memiliki ekosistem omnichannel terpadu (unified omnichannel ecosystem) yaitu Blibli Tiket, yang menegaskan sinergi antara Blibli, tiket.com dan Ranch Market di dalam suatu ekosistem terintegrasi yang memberikan kemudahan pengalaman berbelanja serta bernilai tambah bagi pelanggan, dengan menyediakan layanan lebih lengkap, bermanfaat juga terintegrasi di setiap titik interaksi konsumen. Blibli Tiket juga memiliki program loyalitas bernama “blibli tiket rewards”, yang menawakan berbagai program loyalitas yang terintegrasi kepada seluruh pelanggan di dalam ekosistem.

Pada tahun 2022, saham Perseroan resmi melantai dan diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia (“BEI”) dengan kode saham "BELI".

Baca Juga: Langkah Membumi Festival 2023 Persembahan Blibli Tiket Action dan Ecoxyztem

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved