August
03
2022
     10:18

Bertemu Apeksi, Mendag Zulhas: Pemerintah Kota Kawal Kebijakan Kemendag

Bertemu Apeksi, Mendag Zulhas: Pemerintah Kota Kawal Kebijakan Kemendag
ILUSTRASI. Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan bertemu dengan Ketua Dewan Pengurus Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI), Bima Arya di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Senin (1 Agt).

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan melakukan pertemuan dengan Ketua Dewan Pengurus Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) Bima Arya di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, pada Senin (1/8). Pada pertemuan ini, Mendag Zulkifli Hasan mendorong Pemerintah Kota mengawal implementasi kebijakan Kementerian Perdagangan, khususnya dalam menjaga stabilitas harga barang kebutuhan pokok seperti minyak goreng curah.

“Meskipun kondisi di lapangan harga minyak goreng curah sebagian besar daerah sudah di bawah HET, masih tetap diperlukan peran pemerintah daerah dalam pengawasan,” kata Mendag Zulkifli Hasan.

Mendag Zulkifli Hasan menyebut, diperlukan sinergi yang kuat antara Kementerian Perdagangan dan Pemerintah Kota agar kebijakan di sektor perdagangan dapat diimplementasikan secara menyeluruh.

Sementara Bima mengungkapkan, saat ini harga acuan barang kebutuhan pokok di tingkat petani dan tingkat konsumen cenderung tidak lagi mengikuti Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 07 Tahun 2020 Harga Acuan Pembelian di Tingkat Petani dan Harga Acuan Penjualan di Tingkat Konsumen. Untuk itu, diperlukan kebijakan baru penyesuaian dari pemerintah pusat.

Selain itu, Bima mengusulkan keterlibatan balai penelitian dan akademisi untuk memproduksi pakan ternak yang murah tetapi berkualitas bagi para peternak. Tujuannya, agar peternak tidak bergantung pada pakan ternak impor sehingga stabilitas harga daging ayam dapat terjaga.

Bima juga mendorong adanya Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) di daerah tingkat II. Hal ini untuk mempercepat penyelesaian kasus pelanggaran di sektor perdagangan.

Pada pertemuan, Bima mengundang Mendag Zulkifli Hasan untuk menghadiri Rapat Kerja Nasional yang akan digelar di Padang, Sumatra Barat pada 7—10 Agustus 2022.

Baca Juga: Mendag Zulkifli Hasan: Harga Bapok Cenderung Turun & Stok Migor Curah Berlebih

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved