BELL Konsisten Tumbuh Berkelanjutan Selama 56 Tahun di Industri Tekstil
Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti
KONTAN.CO.ID - PT Trisula Textile Industries Tbk (“BELL”), emiten penyedia kain, seragam, dan fashion berkualitas merayakan ulang tahun ke-56 tahun ini. Meski kebanyakan perusahaan tekstil menemui tantangan untuk tetap bertahan, BELL mampu bertahan berkat keteguhan dan inovasi yang mereka lakukan.
Didirikan pada tahun 1968 di bawah naungan Trisula Group, BELL telah berkembang dari sebuah Perusahaan menjadi nama yang terkenal di industri tekstil Indonesia, yang dikenal dengan merekmerek bergengsi seperti Bellini dan Caterina. Sejak awal, BELL berpegang teguh pada misinya untuk menyediakan produk dan layanan terbaik, dengan fokus pada seragam dan fashion melalui praktikpraktik yang berkelanjutan.
Industri tekstil dirundung tantangan yang signifikan baru-baru ini, dengan banyaknya perusahaan yang terpaksa gulung tikar akibat ketatnya persaingan dari produk impor yang murah dan volatilitas ekonomi global. Terlepas dari rintangan-rintangan ini, BELL terus berkembang. BELL menerima pengakuan atas keberhasilan tersebut ketika Perusahaan dianugerahi penghargaan Indonesia's Greatest Living Legend Companies Award - Gold Category dari The Iconomics pada tanggal 10 September 2024.
“BELL telah berhasil tumbuh dan bertahan selama 56 tahun dengan beradaptasi dengan dinamika pasar yang terus berkembang dengan tetap mempertahankan komitmen dan konsistensi kami terhadap kualitas dan keberlanjutan.” ujar Karsongno Wongso Djaja, Presiden Direktur BELL.
Kesuksesan BELL didukung oleh penggunaan mesin berteknologi tinggi yang strategis untuk memastikan stabilitas kualitas dan proses produksi yang efisien. Rangkaian produk Perusahaan, yang terutama mencakup seragam dan pakaian, salah satu ciri khasnya adalah kain regang (stretch) yang inovatif serta fitur khusus seperti bahan tahan air dan anti-api. Inovasi ini tidak hanya menjadikan BELL unik tetapi juga memenuhi kebutuhan unik para pelanggannya.
Kekuatan Perusahaan tidak hanya terletak pada kemampuan produksinya, tetapi juga pada kehadirannya di pasar domestik yang kuat. BELL beroperasi melalui 6 distributor, 123 toko yang tersebar di hampir semua provinsi di Indonesia, dan merek ritel unggulan JOBB dan Jack Nicklaus. Saat ini, JOBB memiliki 132 Point of Sales (POS), dan Jack Nicklaus memiliki 51 POS. BELL berencana untuk terus memperluas jaringan ritelnya dengan menambah total 10 POS hingga akhir tahun 2024.
BELL baru-baru ini juga meresmikan pabrik baru, PT Trimas Bellindo Aparel Manufaktur, di Solo, Jawa Tengah. Fasilitas yang mulai beroperasi pada kuartal kedua tahun 2024 ini akan berfokus pada produksi pakaian jadi dengan kapasitas sekitar 500.000 garmen per tahun.
Secara finansial, BELL juga menunjukkan pertumbuhan yang mengesankan hingga paruh pertama tahun ini. Penjualan BELL melonjak 18% (YoY), naik dari Rp237 miliar menjadi Rp281 miliar. Laba bersih juga meningkat menjadi Rp10 miliar. Dengan hasil yang positif ini, BELL optimis dapat mencapai target pertumbuhan penjualan sebesar 15% untuk tahun ini.
Seiring dengan pandangan ke depan, fokus BELL tetap pada peningkatan kekuatannya dalam inovasi, kualitas, dan perluasan pasar untuk menghadapi tantangan industri tekstil. Kemampuan Perusahaan untuk beradaptasi dan berkembang menegaskan posisinya sebagai pemain terkemuka di sektor tekstil Indonesia.
Tentang PT Trisula Textile Industries Tbk:
PT Trisula Textile Industries Tbk (“Perseroan”) merupakan perusahaan yang memproduksi kain berkualitas tinggi dan perdagangan produk kain dan pakaian jadi yang berpusat di Kota Cimahi Jawa Barat. Perseroan memperkuat permodalan melalui pendanaan IPO pada tahun 2017 dengan kode emiten BELL.
Produk utama Perseroan adalah kain atau fabric yang terbuat dari 100% polyester serta kombinasinya dengan rayon dan katun, yang telah dikenal di dalam dan luar negeri dengan berbagai merek antara lain Bellini dan Caterina. Perseroan mengutamakan kualitas terbaik dalam setiap produk yang dihasilkan. Produk jadi Perseroan berupa kain dan seragam didistribusikan melalui jaringan distribusi Anak Perusahaan. Perseroan juga memiliki bisnis ritel pakaian jadi merek JOBB & Jack Nicklaus. Saat ini jumlah point of sales (POS) yang dioperasikan berjumlah 132 POS JOBB serta 51 POS Jack Nicklaus. BELL terus beradaptasi dengan perubahan permintaan pasar dan tren yang berubah dengan cepat, serta mengelola operasional yang berkelanjutan dan ramah lingkungan (pengelolaan limbah, produksi kain daur ulang, dll).
Baca Juga: BELL Terus Ekspansi Kejar Pertumbuhan Double Digit
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News