May
23
2024
     18:03

BCA Salurkan KUR kepada Pengusaha Kedai Kopi di Bali, Perkuat Dukungan untuk UMKM

BCA Salurkan KUR kepada Pengusaha Kedai Kopi di Bali, Perkuat Dukungan untuk UMKM
ILUSTRASI. BCA kembali menunjukkan komitmennya untuk mendukung perekonomian nasional dengan terus mendukung perkembangan UMKM. Kali ini dukungan tersebut dilakukan dengan penyaluran KUR. Penyerahan KUR digelar secara simbolis oleh Kepala Pengembangan Bisnis Wilayah IV Soeherdiyanto Budi Krisnandono (kiri) kepada Debitur Lamriah Ester Febrianti (kanan) di Kuta, Bali, pada Selasa (21/5).

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID -  PT Bank Central Asia Tbk (BCA) kembali menunjukkan komitmennya untuk mendukung perekonomian nasional dengan terus mendukung perkembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Keberpihakan BCA terhadap UMKM ini kembali tercermin dari komitmen penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) yang bernilai hingga lebih dari Rp100 juta untuk pengusaha kedai kopi.

Penyerahan KUR BCA dilakukan secara simbolis oleh Kepala Pengembangan Bisnis Wilayah IV Soeherdiyanto Budi Krisnandono kepada Debitur Lamriah Ester Febrianti pada Selasa (21/5), di Kuta, Bali. Penyerahan tersebut dilakukan di tengah penyelenggaraan Workshop Sertifikat Halal Gratis untuk UMKM Bali.

EVP Corporate Communication & Social Responsibility BCA Hera F. Haryn mengatakan, “Penyaluran KUR BCA kepada UMKM merupakan salah satu upaya kami untuk terus mendorong UMKM agar terus bersaing di pasar nasional bahkan hingga internasional. BCA percaya dengan memperluas akses modal kepada para pelaku usaha UMKM, dapat mendorong perkembangan sekaligus mendukung geliat UMKM yang merupakan salah satu pilar utama perekonomian nasional.”

BCA menawarkan KUR hingga Rp500 juta dengan suku bunga yang kompetitif, mulai dari 6% efektif per tahun. Program ini juga menawarkan keuntungan lainnya seperti bebas biaya administrasi dan provisi, sehingga para pelaku UMKM mendapatkan pembiayaan dengan lebih terjangkau.

Salah satu keunggulan utama dari program KUR BCA adalah proses yang cepat dan mudah, ditambah lagi BCA bekerja sama dengan lembaga channeling, yaitu KlikA2C. Hal ini memungkinkan para pelaku UMKM untuk mengajukan pembiayaan dengan lebih efisien dan praktis, membantu mereka fokus pada upaya pengembangan bisnis mereka.

Sebagai informasi, per Maret 2024, portofolio pembiayaan keuangan berkelanjutan BCA mencapai Rp197,4 triliun, tumbuh 9,1% secara YoY. Capaian tersebut berkontribusi 23,5% terhadap total kredit disalurkan oleh BCA. Dari nominal tersebut, pembiayaan UMKM mencapai Rp117,7 triliun.

Sementara itu, hingga April 2024, BCA telah menyalurkan KUR sebesar Rp294,9 miliar atau 36,9% dari total target tahun ini. Realisasi KUR BCA tercatat bertumbuh sebesar 75,4% YoY dengan sebagian besar KUR BCA disalurkan untuk sektor perdagangan. BCA menargetkan dapat menyalurkan KUR hingga Rp800 miliar pada tahun ini, meningkat sekitar 11% dari tahun sebelumnya.

Tak hanya melalui dukungan pembiayaan, BCA telah aktif mendukung ekspansi industri, khususnya industri kopi di Indonesia sejak 2021 dengan mengikuti kegiatan Festival Kopi Indonesia di Rusia.

Dalam kegiatan ini BCA melibatkan pebisnis kopi UMKM lulusan program BCA UMKM Fest dan BCA Bangga Lokal dari berbagai daerah di Indonesia. Selain itu, pada 2023 BCA juga berpartisipasi di acara Kopi Fest sebagai bagian dari Gerakan Nasional 'Bangga Buatan Indonesia' dan #Banggalokal.

Baca Juga: Jadwal Operasional BCA Selama Libur dan Cuti Bersama Hari Raya Waisak 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Tag

Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved