March
15
2024
     21:19

BAZNAS, Bango dan Royco Gelar Buka Puasa Akbar dengan Sajian Lezat di Masjid Istiqlal

BAZNAS, Bango dan Royco Gelar Buka Puasa Akbar dengan Sajian Lezat di Masjid Istiqlal
ILUSTRASI. Suasana buka puasa akbar dengan Sajian Lezat Penuh Kebaikan yang digelar Baznas, Bango & Royco di Masjid Istiqlal, Jakarta.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) bekerja sama dengan Unilever Indonesia melalui brand Bango dan Royco menggelar acara Buka Puasa Akbar untuk para jamaah dan mustahik di Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (15/3/2024).

Kegiatan ini merupakan awal dari kelanjutan kerja sama antara kedua belah pihak yang kali ini hadir melalui program “Berbagi Sajian Lezat Penuh Kebaikan”, berupa pendistribusian 50.000 paket puasa gratis ke 24 kota di Indonesia. Acara hari ini melibatkan lebih dari 5.000 orang dan dihadiri oleh jajaran Direksi Unilever Indonesia, jajaran Pimpinan BAZNAS RI, serta Imam Besar Masjid Istiqlal.

Pimpinan BAZNAS RI Bidang Pengumpulan H. Rizaludin Kurniawan, S.Ag, M.Si. CFRM. mengatakan, program “Berbagi Sajian Lezat Penuh Kebaikan” merupakan perwujudan nyata dari semangat kebersamaan dalam berbagi berkah Ramadan sebagai upaya menjadikan bulan suci ini sebagai momentum untuk mempererat tali persaudaraan dengan sesama.

Menurut Rizaludin, BAZNAS kembali menggandeng Bango dan Royco sebagai mitra untuk melaksanakan program sosial yang bertujuan meningkatkan kualitas hidup masyarakat yang membutuhkan.

Setelah melakukan berbagai bentuk kerja sama, termasuk di awal tahun 2024 lalu melalui pembagian 10.000 paket sembako kepada kaum duafa, kali ini BAZNAS, Bango dan Royco kembali berkolaborasi dengan menyalurkan paket buka puasa gratis yang lezat bernutrisi sesuai dengan pedoman ”Isi Piringku” dan prinsip Halalan Thayyiban.

“Kami ingin menyampaikan terima kasih yang tulus kepada semua pihak yang telah turut serta dalam mensukseskan program ini, khususnya para mitra yang telah berkolaborasi dengan kami, serta seluruh relawan yang dengan penuh dedikasi terlibat dalam pelaksanaan program,” pesan Rizaludin.

Sementara itu, Direktur Nutrition Unilever Indonesia, Amaryllis Esti Wijono menyatakan, “Selama puluhan tahun, Bango dan Royco secara berkelanjutan berupaya memberikan kebaikan melalui berbagai inovasi dan program, yang bermuara pada komitmen untuk meningkatkan kesehatan masyarakat dengan pemenuhan kebutuhan nutrisi seimbang.

Terlebih di bulan Ramadan, yang tidak hanya menjadi momen teristimewa bagi umat muslim untuk mendekatkan diri kepada Allah dengan meningkatkan kualitas iman dan takwa, namun juga kepada sesama manusia dengan memperkuat kepedulian terhadap sesama.”

Berbagi kebaikan atau bersedekah kepada mereka yang membutuhkan menjadi bentuk amalan yang mulia dan dianjurkan. Dari semua bentuk sedekah, makanan yang bernutrisi seimbang adalah salah satu yang diutamakan karena dapat membantu orang lain menjalankan kewajiban berpuasanya dalam kondisi yang sehat dan kuat.

”Untuk itu, bersama BAZNAS kami akan menyalurkan total 50.000 paket buka puasa gratis ke 24 kota, yaitu Jakarta, Banjarmasin, Bojonegoro, Bone, Cirebon, Jombang, Kendari, Lampung, Madiun, Makassar, Malang, Medan, Padang, Palangkaraya, Pamekasan, Pekanbaru, Ponorogo, Purwokerto, Solo, Surabaya, Tasikmalaya, Tuban, Tulungagung, dan Yogyakarta. Tidak hanya itu, di masing-masing kota kami juga akan menyebarluaskan edukasi mengenai pentingnya mengonsumsi makanan yang Halalan Thayyiban, khususnya di bulan Ramadhan,” lanjut Amaryllis.

Prof. Dr. KH Nasaruddin Umar, MA selaku Imam Besar Masjid Istiqlal dan juga tuan rumah acara hari ini menanggapi, ”Saat kita berbagi pada sesama di bulan Ramadhan, makanan yang diberikan sepatutnya adalah yang Halalan Thayyiban.

Halal artinya memenuhi semua persyaratan kehalalan, mulai dari bahan makanan yang digunakan hingga cara pengolahannya; sedangkan Thayyib adalah yang memberikan manfaat bagi tubuh. Untuk berbuka puasa, makanan yang Thayyib adalah yang bergizi seimbang.

Selain itu, kelezatannya pun perlu diperhatikan agar dapat menyempurnakan nikmat dan rasa syukur saat berbuka. Akhirnya, dengan terpenuhinya aspek Halal maupun Thayyib, Insya Allah sedekah dalam bentuk makanan ini akan mendatangkan banyak kebaikan bagi mereka yang mengonsumsinya.”

Selama bulan Ramadhan program kerja sama ini akan menjangkau para mustahik yang terdiri dari kaum duafa, yatim piatu, hingga para santri dan santri putri di pesantren. Paket buka puasa yang diberikan mencakup menu lezat bergizi seimbang sesuai pedoman “Isi Piringku”, diantaranya menu ayam goreng dan semur telur yang tidak hanya lezat namun juga kaya akan kandungan protein hewani yang mutlak dibutuhkan tubuh saat berpuasa.

Zaskia Adya Mecca, sosok selebritas yang dikenal memiliki kepedulian sosial pada sesama ikut berkomentar, ”Bagi sebagian dari kita, berbuka puasa dengan menu yang lezat bergizi seimbang adalah sebuah keharusan. Tapi bagi banyak yang orang membutuhkan, hal ini adalah sebuah kemewahan yang mungkin tidak bisa mereka nikmati setiap hari.

Saya lihat acara yang dilakukan Bango dan Royco hari ini sangat besar manfaatnya, dimana kita bisa berbagi kebaikan dengan sesama dalam bentuk kebutuhan yang sangat mendasar, yaitu nutrisi yang tercukupi saat berpuasa. Insyaa Allah kegiatan ini dapat membawa keberkahan bagi semua.”  

Sebelum acara Buka Puasa Akbar, hari ini ribuan jamaah Masjid Istiqlal juga mengikuti Tabligh Akbar yang menghadirkan pendakwah ternama, Habib Husein bin Ja'far Al Hadar, S.Fil.I., M.Ag atau yang dikenal dengan sapaan Habib Ja’far. Beliau menyampaikan pesan inspiratif mengenai keutamaan berbagi di bulan Ramadhan, khususnya melalui makanan yang Halalan Thayyiban.

Mengenai penyelenggaraan acara hari ini, Prof. Nasaruddin menyampaikan, ”Unilever Indonesia sudah lama bersahabat dengan Masjid Istiqlal, yaitu dalam berbagi untuk kemaslahatan umat. Terima kasih kepada Unilever, karena mereka paling banyak memberikan perannya terhadap umat melalui berbagai produknya, itu luar biasa.

Bahkan tidak mustahil, Unilever ini perusahaan yang paling bersahabat dengan umat. Seperti layaknya acara hari ini, yang didukung penuh oleh produk-produk Unilever, yaitu Bango dan Royco.”  

Ke depannya, pembagian paket buka puasa gratis akan dilakukan secara bertahap di 23 kota lainnya melibatkan BAZNAS Daerah untuk memastikan bahwa program dapat terlaksana dengan lancar dan tepat sasaran. Selain itu, dalam kerja sama ini BAZNAS, Bango dan Royco juga mengajak masyarakat ikut berbagi kebaikan melalui pembelian 25.000 Paket Ramadhan Bahagia yang akan didonasikan bagi yatim piatu dan duafa.

”Insyaa Allah rangkaian kegiatan ini akan mampu menginspirasi semua pihak untuk terus berlomba berbagi kebaikan, khususnya selama bulan Ramadhan, dimana pemenuhan gizi seimbang Insyaa Allah akan mampu membantu sesama untuk beribadah dengan lebih khusyuk dan bermakna,” tutup Amaryllis.

Tentang Unilever
Unilever merupakan salah satu pemasok terbesar produk Kecantikan, produk Perawatan Tubuh, produk Kebersihan Rumah Tangga, produk Makanan dan Minuman, serta produk Es Krim yang produknya digunakan oleh 3.4 miliar penduduk setiap harinya di lebih dari 190 negara. Unilever memiliki total kurang lebih 127,000 karyawan secara global berhasil membukukan penjualan sebesar €60.1 juta pada tahun 2022.

Di Indonesia, PT Unilever Indonesia Tbk telah beroperasi sejak tahun 1933, ‘go public’ pada tahun 1982 dan saham-sahamnya tercatat dan diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia. Unilever memiliki lebih dari 4,000 karyawan dan delapan pabrik yang berada di Cikarang dan Rungkut.

Unilever berkomitmen tinggi untuk tetap melaju dan maju bersama Indonesia. Untuk periode yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2023, penjualan bersih Unilever Indonesia mencapai Rp 38,6 trilliun terdiri dari penjualan HPC dan F&R masing-masing sebesar Rp 25,1 triliun dan Rp 13,5 triliun. Sedangkan laba bersih Perseroan mencapai Rp 4,8 triliun.   

Visi kami adalah menjadi pemimpin di pasar global dalam hal menciptakan bisnis yang berkelanjutan; yang berlandaskan tujuan mulia Visi kami adalah menjadi pemimpin di pasar global dalam hal menciptakan bisnis yang berkelanjutan; yang berlandaskan tujuan mulia (purpose-led) dan mampu bersaing dimasa depan (future-fit).

‘The Unilever Compass’ adalah strategi bisnis kami. Sebuah strategi yang akan membawa kami untuk terus tumbuh, tetapi juga berkelanjutan dan bertanggug jawab, hal ini termasuk:
•    Meningkatkan kesehatan planet
•    Meningkatkan kesehatan masyarakat, kepercayaan diri dan kesejahteraan, serta
•    Membantu menciptakan dunia yang lebih adil dan inklusif

Baca Juga: Unilever Indonesia Ajak Komunitas Ibu & Generasi Muda untuk Dukung Kiprah Bank Sampah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved