Bazar Kecantikan For You Beauty Fair,Tokopedia&ShopTokopedia Hadirkan Brand Lokal
Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti
KONTAN.CO.ID - Data Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia (Kemenko Perekonomian RI) periode 2018-2022 menunjukkan bahwa produk personal care dan kosmetik menjadi top 3 penjualan di marketplace dengan nilai transaksi mencapai Rp13.287,4 triliun dan volume transaksi 145,44 juta, yang turut didukung perkembangan e-commerce di Indonesia.
Melihat perkembangan industri kosmetik Indonesia yang semakin berkembang, serta komposisi 95% pelaku usaha kosmetik lokal merupakan Industri Kecil dan Menengah (IKM) yang tercatat mampu menyerap tenaga kerja sekitar 59.886 orang pada tahun 2022, mendorong Tokopedia dan ShopTokopedia untuk terus berupaya mendukung pemerintah dengan memberikan panggung seluas-luasnya kepada pelaku usaha, termasuk di kategori Kecantikan, Kesehatan dan Perawatan Tubuh, agar bisa menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia.
“Demi mendukung perkembangan pelaku usaha kategori produk Kecantikan, Kesehatan dan Perawatan Tubuh, Tokopedia dan ShopTokopedia menggelar ‘For You Beauty Fair’. Kampanye ini berlangsung secara offline pada 6-8 September 2024 di Laguna Atrium, Central Park Mall dan online pada 2-8 September 2024 di aplikasi Tokopedia dan ShopTokopedia pada aplikasi TikTok,” jelas Communications Senior Lead Tokopedia and TikTok E-commerce, Rizky Juanita Azuz.
Kampanye online dan offline For You Beauty Fair menghadirkan puluhan pelaku usaha terutama brand lokal dari industri kecantikan, kesehatan, dan perawatan tubuh, termasuk Facetology, Somethinc, Crusita, H&H Skincare, NPURE, True to Skin, Iswhite, ESQA Cosmetics, Emina Cosmetics, Guèle Cosmetics, Noera by Reisha, Madame Gie Cosmetics, Kahf dan masih banyak lagi.
"Dari deretan pelaku usaha yang berpartisipasi dalam kampanye online dan offline For You Beauty Fair yang digelar oleh Tokopedia dan ShopTokopedia, masyarakat bisa mendapatkan berbagai produk kecantikan, kesehatan dan perawatan tubuh seperti foundation, cushion, facial wash, lipstick, serum, toner, multivitamin, dan masih banyak lagi," tambah Rizky.
Selain itu, ada berbagai aktivitas yang dapat diikuti pengunjung pada kegiatan offline For You Beauty Fair, termasuk hair styling demo, beauty talk show, make up class, live streaming di booth ShopTokopedia serta keseruan lainnya yang melibatkan banyak influencer serta kreator konten favorit masyarakat. Selama acara berlangsung, masyarakat juga bisa memanfaatkan berbagai promo, seperti flash sale hingga 90%, diskon besar-besaran serta beragam hadiah menarik bagi Top Spender dan games seperti Spin The Wheel.
Selain Gelar 'For You Beauty Fair', Tokopedia dan ShopTokopedia Rutin Dorong Pertumbuhan UMKM Lokal Industri Kecantikan dan Perawatan Tubuh
Selain menghadirkan kampanye For You Beauty Fair, Tokopedia dan ShopTokopedia konsisten memberikan panggung khusus bagi pelaku usaha lokal di kategori Kecantikan dan Perawatan Tubuh lewat kampanye rutin Tokopedia Beauty, dan menyelenggarakan ajang penghargaan tahunan Tokopedia Beauty Awards agar produk kecantikan dan perawatan tubuh lokal menjadi pilihan masyarakat Indonesia.
Ada pula kampanye Beli Lokal yang mengusung brand lokal dari berbagai kategori agar menjadi pilihan utama masyarakat. "Kampanye Beli Lokal terbukti membantu mendongkrak penjualan. Contohnya, kategori Kecantikan dan Perawatan Tubuh mengalami kenaikan jumlah transaksi hampir 1,5 kali lipat lewat kampanye Beli Lokal di Tokopedia," jelar Rizky.**
Sedangkan di ShopTokopedia, yang bisa ditemukan dalam aplikasi TikTok, tercatat deretan produk yang paling diburu masyarakat di berbagai kategori lewat kampanye Beli Lokal. Misalnya, dalam kategori Kecantikan di ShopTokopedia, produk-produk yang terlaris adalah moisturizer atau pelembab wajah, masker wajah, lipstick dan lipgloss, sunscreen atau krim tirai matahari, dan parfum.*
“Agar belanja harian masyarakat semakin hemat, Tokopedia dan ShopTokopedia mengadakan Promo Guncang 9.9 dengan Flash Sale Rp9.000 yang berlangsung setiap hari sampai tanggal 9 September 2024, Bebas Ongkir. Ada pun berbagai promo menarik lainnya, termasuk diskon 99% untuk pembayaran tagihan,” ujar Rizky.
Tokopedia dan ShopTokopedia Ungkap Tren Belanja Online Produk Kecantikan dan Perawatan Tubuh selama Kuartal II 2024
Melalui berbagai inisiatif yang dilakukan, Tokopedia dan ShopTokopedia mendorong pertumbuhan penjualan para pelaku usaha di berbagai daerah di Indonesia, dan turut berkontribusi pada tren belanja online masyarakat sekaligus perekonomian tanah air.
“Di Tokopedia sendiri, khususnya pada kategori Kecantikan, beberapa produk yang terlaris selama kuartal II 2024 adalah krim wajah, toner, cleanser, serum wajah hingga krim tirai matahari. Sedangkan di ShopTokopedia pada kategori Kecantikan, serum, pelembap wajah, masker wajah, lipstick dan paket skincare adalah beberapa produk yang paling diburu masyarakat,” tutur Rizky.
Di sisi lain, Tokopedia mencatat sejumlah wilayah yang mengalami peningkatan tertinggi penjualan produk kecantikan dan perawatan tubuh sepanjang kuartal II 2024 dibandingkan kuartal II 2023, antara lain Lampung, Sumatra Selatan, Jawa Tengah, Jawa Timur dan D.I. Yogyakarta, dengan rata-rata kenaikan lebih dari 1,5 kali lipat.
“Sementara di ShopTokopedia selama kuartal II 2024, sejumlah wilayah yang mengalami peningkatan tertinggi penjualan produk kecantikan dan perawatan tubuh yaitu Sumatra Selatan, Lampung Jawa Timur, Bali hingga Nusa Tenggara Barat dengan rata-rata kenaikan lebih dari 3 kali lipat,” tutup Rizky.
*Periode data: 12 Desember 2023-12 Juni 2024
**Periode data: 12 Desember 2023-12 Juni 2024 dibandingkan periode 12 Desember 2022-12 Juni 2023
Tentang Tokopedia
Tokopedia, perusahaan teknologi Indonesia, memiliki misi mencapai pemerataan ekonomi secara digital. Visi Tokopedia adalah membangun sebuah Super Ecosystem dimana siapa pun bisa memulai dan menemukan apa pun. Saat ini, Tokopedia memberdayakan jutaan penjual dan pengguna melalui marketplace (Tokopedia dan ShopTokopedia) dan produk digital, fintech dan pembayaran, logistik dan fulfillment, serta Mitra Tokopedia.
Baca Juga: Tokopedia dan ShopTokopedia Perkuat UMKM Lokal Topang Ekonomi Digital
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News