August
26
2024
     18:49

Tokopedia dan ShopTokopedia Perkuat UMKM Lokal Topang Ekonomi Digital

Tokopedia dan ShopTokopedia Perkuat UMKM Lokal Topang Ekonomi Digital
ILUSTRASI. President Director of Tokopedia and TikTok E-commerce, Melissa Siska Juminto dalam pembukaan Festival Beli Lokal pada tanggal 24-25 Agustus 2024 di Plaza Timur Senayan, Jakarta. Festival ini menghadirkan ratusan merek lokal dari beragam industri dan wilayah di Indonesia, pengalaman belanja online-to-offline, serta sejumlah musisi ternama tanah air.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Merayakan HUT ke-15, Tokopedia bersama ShopTokopedia menargetkan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi digital dengan memperkuat UMKM lokal. Salah satunya dengan memberikan panggung yang lebih luas kepada produk dan brand lokal lewat Festival Beli Lokal pada tanggal 24-25 Agustus 2024 di Plaza Timur Senayan, Jakarta. Festival ini menghadirkan ratusan merek lokal dari beragam industri dan wilayah di Indonesia, pengalaman belanja online-to-offline, serta sejumlah musisi ternama tanah air.

"UMKM dalam negeri adalah tulang punggung ekonomi. Pertumbuhan ekonomi baru dapat diakselerasi jika kita bisa merespon peluang baru melalui pemanfaatan teknologi dengan cara baru, serta berbagai inovasi. Maka selain mengadakan Festival Beli Lokal, Tokopedia dan ShopTokopedia akan terus berupaya membantu lebih banyak pelaku usaha khususnya UMKM lokal memaksimalkan pemanfaatan konten video termasuk live streaming untuk membangun brand, memperluas pasar, dan meningkatkan penjualan," kata President Director of Tokopedia and TikTok E-commerce, Melissa Siska Juminto.

Penjual yang melakukan live shopping di ShopTokopedia rata-rata mengalami kenaikan penjualan hampir 7 kali lipat. "Hal ini melatarbelakangi kami mengadakan sederet pelatihan untuk membuat penjual makin fasih membuat konten video promosi.

Kami pun mencetak lebih banyak kreator konten sekaligus afiliator muda yang bisa membantu promosi produk dari UMKM lokal, misalnya melalui program seperti Creators Lab," jelas Melissa. Tokopedia dan ShopTokopedia juga telah berkolaborasi bersama sederet menteri dan pemerintah terkait lainnya untuk mempromosikan produk lokal melalui live shopping.

Tokopedia dan ShopTokopedia di sisi lain melakukan beragam program pemberdayaan seperti membantu petani kopi meningkatkan kualitas dan nilai jual biji kopi. Pada Juli 2024, Tokopedia dan ShopTokopedia mengedukasi 1.000 petani kopi di Lahat, Sumatra Selatan.

Selain itu, pemberdayaan perajin batik melalui dukungan dari hulu ke hilir, mulai dari pemberian mesin cetak dan pengering, desain baru, promosi digital menyeluruh, hingga akses ke pinjaman modal. Sejak Januari 2024, kampanye ini sukses memberdayakan lebih dari 550 perajin batik di Solo, Yogyakarta, dan Pekalongan; 50%nya bergabung dengan ShopTokopedia. Ada ribuan penjual batik baru yang bergabung di Tokopedia selama dua minggu pertama peluncuran kampanye.

Jumlah transaksi melonjak, intip rencana Tokopedia dan ShopTokopedia
Berkat berbagai inisiatif Tokopedia dan ShopTokopedia (penjelasan lebih lengkap bisa didapatkan melalui lampiran), terdapat kenaikan transaksi dan penjual di masing-masing platform.

Indikator/Merek

Tokopedia

Periode Data: Juli 2023-Juni 2024 dibandingkan Juli 2022-Juni 2023

ShopTokopedia

Periode Data: Kuartal II 2024 dibandingkan Kuartal I 2024

Transaksi

  • Sejumlah wilayah dengan kenaikan tertinggi jumlah transaksi, yaitu: Puncak (Papua Tengah), Raja Ampat (Papua Barat), Nduga (Papua Pegunungan), Mamberamo Tengah (Papua Pegunungan), dan Deiyai (Papua Tengah), dengan rata-rata peningkatan lebih dari 4,5 kali lipat.
  • Beberapa kategori produk dengan kenaikan tertinggi jumlah transaksi, antara lain: Gadget dan Elektronik, Beras dan Makanan Kering, dan Perlengkapan Kebersihan, dengan rata-rata peningkatan hampir 1,5 kali lipat.
  • Sejumlah wilayah dengan kenaikan tertinggi jumlah transaksi, antara lain: Bali, Kalimantan Selatan, Jawa Timur, Jawa Barat, dan Nusa Tenggara Barat.
  • Beberapa kategori produk dengan kenaikan tertinggi jumlah transaksi, antara lain: Peralatan Kamar Mandi, Women's Special Clothing (contoh: pakaian adat), Perlengkapan Taman, Perlengkapan Olahraga dan Kegiatan Luar Ruangan, dan Perlengkapan Barbecue, dengan rata-rata peningkatan hampir 2 kali lipat.

Penjual

Sejumlah wilayah dengan peningkatan tertinggi jumlah penjual, antara lain: Nabire (Papua Tengah, Halmahera Tengah (Maluku Utara), Kepulauan Aru (Maluku), Buton Utara (Sulawesi Tenggara) dan Konawe Utara (Sulawesi Tenggara), dengan rata-rata kenaikan lebih dari 4 kali lipat.

Sejumlah wilayah dengan peningkatan tertinggi jumlah penjual, antara lain: Jakarta, Kalimantan Selatan, Banten, Jawa Timur dan Bali, dengan rata-rata kenaikan hampir 1,5 kali lipat.

 

"Kini sudah ada jutaan penjual di Tokopedia maupun ShopTokopedia yang mayoritas UMKM. Tokopedia dan ShopTokopedia menargetkan untuk mendigitalisasi sebanyak-banyaknya pelaku usaha di Indonesia. Ini ditujukan agar lebih banyak lagi pelaku usaha, yang bisa merasakan kemudahan dan manfaat berbisnis online, serta memajukan dan mengembangkan bisnis di era digital, seperti Jacquelle, Kintakun, THENBLANK, ZM Zaskia Mecca, Batik Pandansari, Kopi Serambi, dan merek lokal lainnya," tutup Melissa.

Upaya edukasi UMKM lokal dari Tokopedia dan ShopTokopedia
Melissa mengatakan, "Kini sudah ada jutaan penjual di Tokopedia dan ShopTokopedia yang mayoritas UMKM lokal. Pada skala nasional, UMKM memberikan kontribusi signifikan terhadap PDB Indonesia, yaitu lebih dari 60%. Untuk mendorong peran signifikan UMKM lokal terhadap perekonomian Indonesia, Tokopedia dan ShopTokopedia melakukan beragam insiatif termasuk edukasi."
●    Kelas Maju Digital dan Kelas Perempuan Maju Digital - Tokopedia dan ShopTokopedia bekerja sama dengan pemerintah untuk melatih pelaku UMKM--termasuk perempuan--dalam berbisnis online, salah satunya literasi keuangan dalam mengelola usaha. Sejumlah kelas pelatihan sudah diadakan sejak tahun 2022, dan berhasil mengedukasi lebih dari 20.000 UMKM lokal di 73 wilayah.
●    Pusat Edukasi Seller dan Shop Academy - Halaman edukasi berbisnis online yang bisa diakses siapa pun, kapan pun, dan di mana pun. Di halaman ini, sudah ada ratusan modul edukasi yang disesuaikan dengan kebutuhan pelaku usaha dari berbagai skala.
●    Seller Conference - Tokopedia dan ShopTokopedia mengundang sejumlah pakar, influencer, dan penjual inspiratif, untuk memberikan wawasan pasar dan strategi bisnis di era digital kepada penjual. Sejak tahun 2022, upaya itu telah mengedukasi lebih dari 4.000 penjual melalui lebih dari 20 konferensi.
●    Sertifikasi Legalitas UMKM - Bekerja sama dengan pemerintah, Tokopedia dan ShopTokopedia melakukan sosialisasi dan fasilitasi legalitas bagi UMKM, mulai dari NIB, Halal, PIRT, hingga KI. Sepanjang tahun 2022-2023, upaya ini sudah membantu lebih dari 8.000 UMKM lokal di lebih dari 20 wilayah.
●    MikroEx Challenge - Bersama KemenkopUKM RI, Tokopedia dan ShopTokopedia melatih pendamping usaha mikro terkait berbisnis di era digital agar bisa mendampingi pelaku usaha mikro berjualan online secara maksimal. Sejak Juni 2024, lewat kolaborasi tersebut, Tokopedia dan ShopTokopedia berhasil mengedukasi 400 mentor di 5 provinsi dan mendampingi 20.000 usaha mikro.
●    Host Academy dan Creators Lab - Tokopedia dan ShopTokopedia mengadakan pelatihan bagi generasi muda untuk menjadi kreator konten yang kreatif, dan bisa membantu penjual--khususnya UMKM lokal--dalam mempromosikan produk. Sepanjang tahun 2023-2024, para kreator konten binaan telah membantu lebih dari 2.000 UMKM.
●    Digitalisasi Pasar - Bersama Kemendag RI, Tokopedia dan ShopTokopedia melakukan digitalisasi toko pedagang di pasar tradisional terutama saat pandemi.

Melalui inisiatif itu, Tokopedia dan ShopTokopedia telah memberdayakan lebih dari 6.000 pedagang di 12 pasar tradisional.

Solusi hulu ke hilir Tokopedia dan ShopTokopedia bantu pemasaran UMKM
"Selain melakukan beragam upaya edukasi, Tokopedia dan ShopTokopedia juga bekerja sama dengan berbagai mitra strategis untuk mendorong kemajuan UMKM, dan membuat produk dari UMKM lokal makin menjadi pilihan masyarakat Indonesia," jelas Melissa.

●    Live Shopping - Tokopedia dan ShopTokopedia kerap berkolaborasi bersama sederet menteri dan pemerintah terkait lainnya untuk mempromosikan produk UMKM melalui live shopping. Kerja sama ini sukses mempromosikan sejumlah brand lokal.
●    Ramadan Ekstra - Sebuah kampanye spesial selama Ramadan dan Lebaran, persembahan Tokopedia dan ShopTokopedia, untuk meningkatkan penjualan para pelaku usaha. Ramadan Ekstra 2024 berhasil membuat pesanan penjual meningkat lebih dari 79%.
●    Promo Guncang - Promo setiap tanggal kembar di Tokopedia dan ShopTokopedia untuk meningkatkan transaksi penjual. Promo Guncang 5.5 dan 6.6, pada tahun 2024, masing-masing berhasil meningkatkan penjualan lebih dari 66% dan lebih dari 72%.
●    Jakarta Muslim Fashion Week - Program kerja sama kami dengan Kemendag RI untuk mempromosikan fesyen muslim. Pada tahun 2023, kolaborasi ini berhasil membantu peningkatan transaksi sejumlah brand lokal fesyen muslim dengan total lebih dari Rp750 juta (Sumber: Tokopedia, 16-21 Oktober 2023).
●    Pemberdayaan Petani Kopi - Tokopedia dan ShopTokopedia bekerja sama dengan organisasi maupun instansi terkait, untuk membantu petani kopi meningkatkan kualitas dan nilai jual biji kopi. Pada Juli 2024, kami telah mengedukasi 1.000 petani kopi di Lahat, Sumatra Selatan.
●    Melokal Dengan Batik - Bekerja sama dengan lembaga dan instansi terkait, Tokopedia dan ShopTokopedia melakukan pemberdayaan perajin batik melalui dukungan dari hulu ke hilir. Mulai dari pemberian mesin cetak dan pengering, desain baru, promosi digital menyeluruh, hingga akses ke pinjaman modal. Sejak Januari 2024, kampanye ini sukses memberdayakan lebih dari 550 perajin batik di Solo, Yogyakarta, dan Pekalongan. 50%nya bergabung dengan ShopTokopedia. Di sisi lain, ada ribuan penjual batik baru yang bergabung di Tokopedia selama dua minggu pertama peluncuran kampanye.

Beli Lokal Tokopedia dan ShopTokopedia buat transaksi naik 9 kali lipat
Beli Lokal merupakan kampanye Tokopedia dan ShopTokopedia yang diluncurkan pada momen 12.12 tahun 2023 bersama pemerintah, untuk meningkatkan eksistensi produk dan brand lokal. Kolaborasi tersebut berhasil mendongkrak transaksi sejumlah kategori produk lokal hingga 19 kali lipat. (Sumber: Tokopedia, transaksi harian bulan Desember 2023 dibandingkan November 2023)

Sejumlah wilayah mengalami kenaikan tertinggi jumlah transaksi melalui kampanye Beli Lokal di Tokopedia, yaitu: Jepara (Jawa Tengah), Cirebon (Jawa Barat), dan Ciamis (Jawa Barat), dengan rata-rata peningkatan jumlah transaksi hampir 2 kali lipat.

Di Tokopedia, beberapa produk dengan kenaikan tertinggi jumlah transaksi melalui kampanye Beli Lokal, antara lain: popok, hampers, dan aksesoris kamera dengan rata-rata peningkatan jumlah transaksi hampir 9 kali lipat. (Sumber: Tokopedia, Semester I 2024 dibandingkan Semester II 2023)

Sejumlah wilayah mengalami kenaikan tertinggi jumlah transaksi melalui kampanye Beli Lokal di ShopTokopedia, yaitu: Sumatra Selatan, Sulawesi Barat, dan Kalimantan Selatan. Di ShopTokopedia, beberapa produk dengan kenaikan tertinggi jumlah transaksi melalui kampanye Beli Lokal, antara lain: parfum, deodoran, dan hijab, dengan rata-rata peningkatan jumlah transaksi lebih dari 3,5 kali lipat. (Sumber: ShopTokopedia, Mei 2024 dibandingkan Januari 2024).

Tentang Tokopedia
Tokopedia, perusahaan teknologi Indonesia, memiliki misi mencapai pemerataan ekonomi secara digital. Visi Tokopedia adalah membangun sebuah Super Ecosystem dimana siapa pun bisa memulai dan menemukan apa pun. Saat ini, Tokopedia memberdayakan jutaan penjual dan pengguna melalui marketplace (Tokopedia dan ShopTokopedia) dan produk digital, fintech dan pembayaran, logistik dan fulfillment, serta Mitra Tokopedia.

Baca Juga: Penjualan Pelaku Usaha Bisa Naik 7 Kali Lipat Berkat Live Shopping di ShopTokopedia

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Tag

Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved