August
15
2022
     17:10

Bank OCBC NISP Ajak Generasi Muda BangkitSehatFinansial bersama Layanan NYALA

Bank OCBC NISP Ajak Generasi Muda BangkitSehatFinansial bersama Layanan NYALA
ILUSTRASI. Bank OCBC NISP meluncurkan OCBC NISP Financial Fitness Index 2022, riset tahunan hasil kolaborasi dengan NielsenIQ yang mengambarkan kondisi kesehatan finansial generasi muda Indonesia dengan melihat sikap & perilaku dalam pengelolaan finansial mereka.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Demi mempertegas komitmennya untuk mendukung masyarakat Indonesia menuju #FinanciallyFit, Bank OCBC NISP meluncurkan OCBC NISP Financial Fitness Index 2022, sebuah riset tahunan hasil kolaborasi dengan NielsenIQ yang mengambarkan kondisi kesehatan finansial generasi muda Indonesia dengan melihat sikap dan perilaku dalam pengelolaan finansial mereka. OCBC NISP Financial Fitness Index 2022 merupakan riset tahun ke-2 setelah riset sebelumnya dirilis pada Agustus 2021.

Hasil dari Financial Fitness Index 2022 menunjukkan sebanyak 42% generasi muda Indonesia merasa percaya diri bahwa perencanaan finansial mereka saat ini akan memberikan kesuksesan finansial di masa depan. Sayangnya, terdapat perbedaan antara apa yang mereka pikirkan dengan apa yang sebenarnya dilakukan.

Hal tersebut dibuktikan dengan 80% dari mereka tidak melakukan pencatatan anggaran, dan hanya 26% yang memiliki dana darurat. Bahkan, hanya 9% dari generasi muda yang telah memiliki produk investasi seperti reksadana, saham, dan tabungan berjangka.Tambahan lagi, hanya 17% yang sudah memiliki pendapatan pasif, 8% yang menggunakan uang sesuai anggaran dan hanya 22% yang benar-benar paham mengenai produk investasi yang mereka miliki.

Chinni Yanti Tjhin, Retail Proposition Division Head Bank OCBC NISP mengatakan “Sedikitnya generasi muda yang menabung dan berinvestasi secara terstruktur merupakan kondisi yang mengkhawatirkan, sebab memiliki kesadaran saja tidak cukup untuk mencapai aspirasi keuangan.

Di usia produktif, saatnya kita memikirkan bagaimana agar uang bekerja untuk diri kita (how money can works for us). Salah satu caranya adalah dengan segera mengambil sikap dengan mulai mengubah cara menabung dan berinvestasi sehingga kita dapat mewujudkan hal yang diimpikan dalam 5-10 tahun ke depan, seperti membeli rumah dan memberikan pendidikan yang terbaik untuk anak.”

Secara keseluruhan, Financial Fitness Index 2022 menunjukkan bahwa skor Financial Fitness Indonesia naik menjadi 40.06 di tahun 2022, dibandingkan dengan tahun sebelumnya yaitu 37.72. Meskipun demikian, sebanyak 76% masyarakat Indonesia memiliki kebiasaan keuangan yang perlu dibenahi, seperti mengeluarkan uang demi mengikuti gaya hidup teman.

Inggit Primadevi, Director Consumer Insights di NielsenIQ Indonesia, menambahkan bahwa “anak muda yang memiliki produk investasi seperti reksadana, saham, cryptocurrency, bertambah menjadi 9% di tahun ini, namun sayangnya secara umum, 78% menyatakan mereka tidak sepenuhnya memahami resiko dan manfaat dari produk investasi. Mereka cenderung berinvestasi karena mengikuti tren di masyarakat dan menganggap investasi adalah cara cepat untuk mendapatkan keuntungan yang besar.”

“Konsep transformasi menabung dan investasi tidak sekadar menyimpan uang, tetapi bagaimana kita mendapatkan imbal hasil yang lebih optimal melalui pemilihan produk yang sesuai dengan

 * Anak Muda: Usia 25-35 tahun di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, Makassar

pengetahuan (risk appetite), profil risiko, dan jangka waktu investasi. Tentunya, tanpa terlupakan, kita juga perlu mempertimbangkan keabsahan lembaga keuangan yang harus diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK),” ungkap Chinni.

“Seiring dengan menjelang momen kemerdekaan Indonesia yang ke-77, kami ingin mengajak seluruh masyarakat Indonesia khususnya generasi muda saat ini untuk #BangkitSehatFinansial dengan menerapkan cara menabung dengan tepat. Sehingga, tidak hanya sekadar melihat dan mengejar jumlah keuntungan secara instan. Namun mulai menerapkan transformasi cara menabung dengan mendiversifikasikan uang mereka ke beberapa instrumen keuangan, seperti membagi tabungan dengan deposito, tabungan berjangka, dan reksadana harian,” tambah Chinni.

“Sebagai salah satu solusi dari permasalahan finansial yang dihadapi masyarakat Indonesia, khususnya generasi muda, NYALA OCBC NISP telah mempersiapkan solusi Check, Choose dan Cuan untuk mendukung mereka mengambil langkah konkret meraih kondisi yang #FinanciallyFit. Caranya adalah dengan Check Kesehatan finansial di ruangmenyala.com, Choose kelas-kelas edukasi serta produk perbankan dan investasi terbaik yang sesuai dengan kebutuhanmu, dan mendapatkan Cuan dari investasi tersebut dan tentunya dari benefit bebas biaya transaksi dan program menarik lainnya yang ditawarkan NYALA OCBC NISP,” ungkap Amir Widjaya, Marketing & Lifestyle Business Division Head Bank OCBC NISP.

Tak hanya itu saja, masih dalam bagian solusi Nge-Gym Finansial, Bank OCBC NISP juga telah mempersiapkan solusi pendampingan keuangan, mulai dari NYALA Financial Fitness Coaches, Komunitas meNYALA, platform edukasi ruangmenyala.com dan Financial Fitness Gym.

Layanan NYALA OCBC NISP juga terus bertransformasi dalam memberikan benefit untuk nasabah; dengan konsep benefit bertingkat mulai dari Level Basic, Fit, Pro & Master, nasabah bisa mendapatkan benefit berdasarkan total saldo gabungan setiap bulannya. Layaknya membership, semakin tinggi levelnya, nasabah bisa mendapatkan semakin banyak keuntungan setiap bulannya. Tidak hanya benefit bebas bertransaksi seperti bebas biaya transfer ke bank manapun dengan metode BI FAST dan transfer online, nasabah juga dapat merasakan bebas biaya tarik tunai di ATM manapun, gratis biaya top up e-wallet & tagihan bulanan, serta gratis biaya admin setiap bulannya. Bahkan, nasabah juga akan mendapatkan makin banyak benefit untuk cek kondisi dan konsultasi keuangan dengan ahlinya.

“Financial Fitness Index ini akan menjadi riset tahunan OCBC NISP, sebagai bagian komitmen kami untuk terus berjuang bersama masyarakat meningkatkan skor Kesehatan finansial Indonesia, karena merdeka finansial adalah hak segala bangsa,” tutup Amir.

Baca Juga: OCBC NISP Financial Fitness Index 2022: Hanya 26% Generasi Muda Punya Dana Darurat

OCBC NISP Financial Fitness Index 2022

OCBC NISP Financial Fitness Index 2022 adalah sebuah riset tahunan hasil kolaborasi dengan NielsenIQ yang mengambarkan kondisi kesehatan finansial generasi muda Indonesia dengan melihat sikap dan perilaku dalam pengelolaan finansial mereka. OCBC NISP Financial Fitness Index 2022 merupakan riset tahun ke-2 setelah riset sebelumnya dirilis pada Agustus 2021 dengan melibatkan responden berusia 25-35 tahun yang berdomisili di Jabodetabek, Surabaya, Medan, Bandung dan Makassar dan memiliki penghasilan diatas Rp 5 juta serta memiliki rekening Bank.

Tentang Bank OCBC NISP

Bank OCBC NISP didirikan di Bandung pada tahun 1941 dengan nama Nederlandsch Indische Spaar en Deposito Bank. Per tanggal 30 Juni 2022, Bank OCBC NISP melayani nasabah melalui 201 jaringan kantor di 54 kota di Indonesia. Selain itu, nasabah juga dapat bertransaksi melalui 497 ATM Bank OCBC NISP, lebih dari 100.000 jaringan ATM di Indonesia, dan sekaligus terhubung dengan lebih dari 680 jaringan ATM OCBC Group di Singapura dan Malaysia. Bank OCBC NISP pun melayani nasabah melalui berbagai channel digital,


termasuk mobile banking dan internet banking – baik untuk individu maupun korporasi. Bank OCBC NISP merupakan salah satu bank dengan peringkat kredit tertinggi di Indonesia yakni peringkat idAAA (stabil) dari PEFINDO dan AAA(idn)/stabil dari PT Fitch Ratings Indonesia.

Tentang NYALA OCBC NISP

NYALA OCBC NISP adalah layanan perbankan dari Bank OCBC NISP untuk membantu nasabah menumbuhkan uang sambil menikmati kebebasan bertransaksi secara digital. Dengan saldo gabungan rata-rata mulai Rp1juta, nasabah layanan NYALA bisa mengembangkan dana dan capai tujuan finansial dengan 3 langkah yaitu Check, Choose dan Cuan. Check Kesehatan finansial di ruangmenyala.com, Choose kelas-kelas edukasi serta produk perbankan dan investasi terbaik yang sesuai dengan kebutuhanmu, dan mendapatkan Cuan dari investasi tersebut dan tentunya dari benefit bebas biaya transaksi dan program menarik lainnya yang ditawarkan NYALA OCBC NISP. Info lengkap kunjungi www.ocbcnisp.com/nyala

Tentang NielsenIQ

NielsenIQ adalah perusahaan global yang terkemuka dalam memberikan pandangan mengenai perilaku konsumen secara lengkap dan objektif . Didukung oleh platform data konsumen yang inovatif dan kemampuan analitik yang kaya, NielsenIQ memungkinkan organisasi bisnis mengambil keputusan yang tepat dan terarah. Menggunakan kumpulan data yang komprehensif dan mengukur semua transaksi secara merata, NielsenIQ memberi klien pandangan ke depan tentang perilaku konsumen Filosofi terbuka kami tentang integrasi data memungkinkan kumpulan data konsumen paling berpengaruh. NielsenIQ memberikan kebenaran yang lengkap.

NielsenIQ, perusahaan portfolio Advent International, beroperasi di hampir 100 pasar, mencakup lebih dari 90% populasi dunia. U

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved