September
12
2024
     15:59

Bank MAS Selenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa

Bank MAS Selenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa
ILUSTRASI. PT Bank Multiarta Sentosa Tbk (“Peseroan”) telah melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (“RUPSLB”) pada Senin, 09 September 2024.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - PT Bank Multiarta Sentosa Tbk (“Peseroan”) telah melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (“RUPSLB”) pada Senin, 09 September 2024. RUPSLB telah menyetujui atas seluruh agenda rapat sebagai berikut :

Agenda RUPSLB
1.    Perubahan Susunan Pengurus Perseroan
a.    Menyetujui untuk mengangkat Edwin Ariono sebagai Direktur Perseroan efektif terhitung sejak tanggal dikeluarkannya persetujuan atas penilaian kemampuan dan kepatutan (fit and proper) dari Otoritas Jasa Keuangan.
b.    Menetapkan susunan anggota Dewan Komisaris dan Direksi Perseroan akan menjadi sebagai berikut :

Dewan Komisaris :
Komisaris Utama    : Hendrik Tanojo
Komisaris    : Juwita Ekawati Winoto Komisaris Independen    : Nancy Herawati Komisaris Independen    : Tommy Mukdani

Direksi :
Direktur Utama    : Ho Danny Hartono Direktur    : Budi Afandi Winoto
Direktur    : Fely Retnowati
Direktur    : Rahmat Bagas Santoso
Direktur    : Budi Setiawan
Direktur    : Edwin Ariono*

*) Masa jabatan Edwin Ariono sebagai Direktur Perseroan berlaku efektif terhitung sejak tanggal dikeluarkannya persetujuan atas penilaian kemampuan dan kepatutan (fit and proper) dari Otoritas Jasa Keuangan.

Masa jabatan Edwin Ariono akan berakhir bersamaan dengan masa  jabatan anggota Direksi lainnya.

Pengangkatan tersebut menjadi batal apabila yang bersangkutan tidak mendapat persetujuan atas penilaian kemampuan dan kepatutan (fit and proper) dari Otoritas Jasa Keuangan dan untuk itu tidak diperlukan keputusan dari Rapat Umum Pemegang Saham Perseroan.

c.    Memberikan wewenang dan kuasa kepada Direksi Perseroan, dengan hak substitusi, untuk menuangkan/menyatakan keputusan mengenai susunan anggota Dewan Komisaris dan Direksi Perseroan tersebut dalam akta yang dibuat di hadapan Notaris, dan untuk selanjutnya memberitahukannya pada pihak yang berwenang, serta melakukan semua dan setiap tindakan yang diperlukan sehubungan dengan keputusan tersebut sesuai dengan peraturan perundangan-undangan yang berlaku.
 
2.    Penegasan Susunan Pemegang Saham Perseroan
Berdasarkan surat dari PT Adimitra Jasa Korpora, selaku Biro Administrasi Efek Perseroan, tertanggal 04 Juli 2024, Nomor OPR-1322/AJK/072024, bahwa susunan pemegang saham Perseroan adalah sebagai berikut:

No

Nama Pemegang Saham

Jumlah Saham

%

1

PT Danabina Sentana

738.500.000

52,67

2

PT Multi Anekadana Sakti

263.750.000

18,81

3

PT Halim Sakti

24.760.000

1,77

4

Masyarakat

375.000.763

26,75

Modal Ditempatkan dan Disetor Penuh

1.402.010.763

100,00

Sehubungan dengan hal-hal yang telah dijelaskan tersebut, selanjutnya diusulkan kepada Rapat untuk memutuskan:

a.    Menegaskan, menetapkan dan menyusun kembali susunan para pemegang saham Perseroan, sesuai dengan data kepemilikan saham Perseroan dari Daftar Pemegang Saham Perseroan per tanggal 03 Juli 2024 atau tanggal lain yang ditetapkan oleh Perseroan;
b.    Memberikan kuasa dan wewenang kepada Direksi Perseroan, dengan hak untuk memindahkan kuasa ini kepada orang lain, untuk melakukan semua dan setiap tindakan yang diperlukan sehubungan dengan keputusan tersebut, termasuk tetapi tidak terbatas untuk menyatakan/menuangkan keputusan tersebut dalam akta yang dibuat di hadapan Notaris, untuk menyusun kembali susunan para pemegang saham Perseroan, sesuai dengan data kepemilikan pemegang saham yang berasal dari Daftar Pemegang Saham Perseroan per tanggal 03-07-2024 (tiga Juli dua ribu dua puluh empat) atau tanggal lain yang ditetapkan oleh Direksi Perseroan, selanjutnya memberitahukannya pada pihak yang berwenang, serta melakukan semua dan setiap tindakan yang diperlukan sehubungan dengan keputusan tersebut sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Kinerja 2024
Hingga Agustus 2024, aset Bank MAS bertumbuh sebesar 3,66% atau menjadi Rp 28,39 triliun, sejalan dengan pertumbuhan dana pihak ketiga sebesar 3,61% menjadi Rp 23,99 triliun. Pertumbuhan terbesar terjadi pada rekening Tabungan yang bertumbuh sebesar 18,14% atau bertumbuh sebesar Rp 276,71 miliar, sejalan dengan pengembangan digital banking untuk membuka rekening secara online.

Di sisi penyaluran kredit, sampai akhir Agustus 2024 terjadi pertumbuhan sebesar 7,40% menjadi Rp 10,41 triliun. Penyaluran kredit juga dilakukan dengan memanfaatkan kanal digital, khususnya untuk kredit mikro. Kredit online dapat mempercepat proses pengajuan kredit hingga pencairannya, sepanjang telah memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku. Hingga akhir Agustus 2024 rasio UMKM meningkat menjadi 24,87%.

Setelah membuka cabang di Bali pada Januari 2024, dalam bulan-bulan yang tersisa di tahun 2024, Bank MAS akan membuka 4 kantor cabang baru. Kantor di Karawang rencananya akan dibuka pada bulan Oktober 2024, menyusul kemudian di Cirebon, Kediri dan Samarinda yang diharapkan seluruhnya rampung pada Desember 2024.

Pada Juli 2024, Bank MAS menjadi Bank RDN dan Bank Pembayaran untuk melayani transaksi saham. Selain itu, Bank MAS juga sedang bersiap untuk bertindak sebagai penyalur KUR yang diharapkan akan terlaksana pada tahun 2024. Pengembangan digital banking telah mendorong pertumbuhan nasabah yang meningkat sebesar 17,29% dari 86.979 nasabah di tahun 2023 menjadi 102.021 nasabah pada Agustus 2024. Berkembang secara hybrid telah menjadi pilihan Bank MAS untuk terus bertumbuh ke depan dengan mengembangkan perbankan digital dan membuka kantor cabang di sentra-sentra bisnis di Indonesia.

Baca Juga: Haryati Lawidjaja Mundur dari Jabatan Direktur Bank Mas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Tag

Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved