September
27
2022
     09:17

Bank Commonwealth Cetak Rekor Penjualan Surat Berharga Negara SR017 Tertinggi 2022

Bank Commonwealth Cetak Rekor Penjualan Surat Berharga Negara SR017 Tertinggi  2022
ILUSTRASI. Pelayanan nasabah Commonwealth Bank di Jakarta, Jumat (6/3/2020).

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Minat investor terhadap aset investasi aman yang tersedia secara online semakin tinggi di tengah pemulihan ekonomi Indonesia pasca pandemi COVID-19. Hal ini tercermin pada penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Sukuk Ritel seri SR017 di PT Bank Commonwealth, yang mencetak rekor tertinggi dibandingkan penjualan obligasi negara ritel seri-seri sebelumnya di Bank Commonwealth selama tahun 2022.

“Total penjualan SR017 di Bank Commonwealth melesat lebih dari dua kali lipat dibandingkan seri SR016 yang ditawarkan sebelumnya di tahun 2022 dan menjadi rekor tertinggi sepanjang penjualan SBN Ritel di Bank Commonwealth di tahun 2022,” ujar Investment Business Head Bank Commonwealth, Daniel Arifin.

Jika dilihat berdasarkan usia nasabah yang melakukan pembelian SR017 melalui  Bank Commonwealth, dari sisi nilai pemesanan, pemesanan terbesar berasal dari generasi baby boomers (tahun lahir 1946-1964) yang mencapai 56% dari total pembelian SR017 melalui Bank Commonwealth. Namun dari sisi jumlah nasabah terbanyak datang dari generasi X (tahun lahir 1965-1980) yang hampir mencapai 40% dari total nasabah yang melakukan pembelian SR017 melalui Bank Commonwealth.

Ketidakpastian kondisi ekonomi global akibat pandemi mendorong masyarakat untuk berinvestasi melalui instrumen investasi yang relatif aman, di mana tingkat kupon yang ditawarkan SR017 sebesar 5,9% juga relatif menarik dibandingkan dengan deposito. Untuk peluncuran SR017, Bank Commonwealth mengadakan program cashback hingga Rp 10.000.000 bagi nasabah yang melakukan pembelian SR017 melalui CommBank SmartWealth, di mana nasabah dapat bertransaksi di mana saja dengan praktis dan nyaman untuk produk reksa dana serta obligasi pemerintah di pasar perdana dan pasar sekunder, termasuk untuk pemesanan SR017 ini. Hal-hal tersebut menjadi nilai lebih dari SR017 yang turut mendukung mensukseskan penjualan SR017 di Bank Commonwealth.

Setelah seri SR017, pemerintah juga meluncurkan Obligasi Negara Ritel (ORI) seri ORI022 dengan masa penawaran pada 26 September - 20 Oktober 2022. Kupon ORI022 ditawarkan dengan tingkat kupon 5,95%, lebih tinggi dari seri-seri sebelumnya agar tetap menarik bagi investor. ORI022 memiliki tingkat risiko yang relatif rendah karena baik pokok maupun pembayaran kuponnya ditanggung oleh pemerintah berdasarkan undang-undang. Dengan tingkat kupon yang relatif lebih tinggi dari rata-rata bunga deposito serta tingkat risiko yang relatif rendah, hal ini dapat menjadi daya tarik utama seri ORI022 bagi investor, sebagai salah satu alternatif dalam berinvestasi.

“Dilihat dari permintaan SR017 yang tinggi di tahun ini, kami optimistis untuk ORI022 masih akan sangat menarik bagi investor serta Bank Commonwealth mengadakan program cashback hingga Rp 10.000.000 bagi nasabah yang melakukan pembelian ORI022 melalui CommBank SmartWealth, tentunya dapat mendukung kami dalam mencapai target penjualan ORI022 yang telah kami canangkan,” ujar Daniel.

Baca Juga: Bank Commonwealth Optimistis ORI022 Masih Menarik

Tentang PT Bank Commonwealth
PT Bank Commonwealth (PTBC) adalah anak perusahaan Commonwealth Bank of Australia (CBA) yang telah hadir di Indonesia sejak tahun 1997, di mana CBA merupakan salah satu kelompok usaha keuangan terbesar yang terdaftar di Bursa Efek Australia dan tercatat dalam Morgan Stanley Capital Global Index. Didukung oleh lebih dari 1.250 tenaga profesional di bidang perbankan, PTBC saat ini melayani nasabah di 23 kota di Indonesia.

PTBC menawarkan beragam solusi perbankan termasuk pinjaman rekening koran (overdraft) dan pinjaman berjangka (term loan) bagi SME, kredit pemilikan rumah (KPR), wealth management, pembukaan rekening tabungan secara digital dan menyeluruh, pinjaman kredit bisnis SME secara digital dan investasi reksa dana dengan fleksibilitas untuk menetapkan tanggal transaksi, fitur standing order, dan pembelian reksa dana melalui Internet Banking.

PTBC telah memecahkan lima rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) melalui: (i) Aplikasi SmartWealth sebagai aplikasi digital perbankan pertama dengan layanan robo advisory; (ii) Aplikasi SmartWealth sebagai digital perbankan pertama yang mengintegrasikan informasi kepemilikan produk wealth management secara menyeluruh; (iii) e-Kiosk sebagai platform digital banking pertama di Indonesia dengan end-to-end onboarding (kartu ATM, Mobile Banking dan Internet Banking aktif) dalam waktu 10 menit; (iv) Produk KTA sebagai Kredit Tanpa Agunan Pertama yang Proses Pengajuannya secara Digital dan Mendapatkan Keputusan Seketika, dan (v) Mobile Banking Bank Commonwealth sebagai platform aplikasi Mobile Banking pertama dengan fitur investasi.

PTBC juga menawarkan best in class customer experience melalui cabang berkapabilitas digital yang telah hadir di Jakarta (Kensington – Kelapa Gading, Puri Indah, PIK, Treasury Tower SCBD dan Pondok Indah), di Surabaya (Panglima Sudirman, Manyar, dan Bukit Darmo Golf), Bandung (Dago), Bali (Sunset Road) dan juga Malang.

PTBC meraih berbagai penghargaan di antaranya “The Best Wealth Management Business (Affluent Segment) in Indonesia” 2018 oleh The Asian Banker Indonesia Country, Peringkat 1 untuk kategori Wealth Management Conventional Bank pada Digital Brand Awards 2019, Majalah Infobank, dan Peringkat 1 dari 10 Best Banks pada Banking Service Excellence Monitor 2018, 2019, dan 2020, Marketing Research Indonesia.

Sejak tahun 2014, PTBC memfokuskan kegiatan CSR melalui program WISE (Womenpreneur Indonesia for Sustainability and Empowerment). WISE adalah program literasi dan inklusi keuangan yang diluncurkan untuk meningkatkan kesejahteraan finansial perempuan Indonesia khususnya pengusaha perempuan melalui suatu program literasi keuangan yang terpadu dan berkesinambungan. Pada tahun 2019, PTBC dan Mastercard menggandeng Mercy Corps Indonesia untuk membantu perempuan pengusaha UMKM Indonesia mendorong pertumbuhan bisnisnya melalui pendampingan bisnis secara digital dengan platform MicroMentor yang dapat diakses di id.micromentor.org.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2022 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved