January
27
2023
     13:36

Atasi Pemulihan Cidera Lutut, SportsClinics RS PremierBintaro Gelar Gathering Pasien

Atasi Pemulihan Cidera Lutut, SportsClinics RS PremierBintaro Gelar Gathering Pasien
ILUSTRASI. Sports Clinics Rumah Sakit Premier Bintaro (RSPB) menyelenggarakan gathering bagi knee injury warriors atau pejuang cidera lutut (18/1).

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Cidera lutut memerlukan penanganan serius pasca operasi agar pasien bisa pulih kembali dalam beraktivitas. Karena itu, Sports Clinic Rumah Sakit Premier Bintaro (RSPB) menyelenggarakan gathering bagi knee injury warriors atau pejuang cidera lutut pada 18 Januari 2023. Menghadirkan dr. Sapto Adji, Sp.OT (spesialis bedah ortopedi) dan dr. Taufan Favian Reyhan, Sp.KO (spesialis kesehatan olahraga), acara ini diadakan secara khusus bagi Knee Injury Warriors, yaitu komunitas pasien-pasien pasca operasi lutut atau orang-orang yang memiliki masalah seputar lutut.

Selain masyarakat umum komunitas ini juga diikuti oleh atlet profesional. Acara ini juga ditayangkan secara live di akun YouTube RSPB dengan tujuan agar masyarakat umum dapat turut menyimak materi edukasi yang diberikan sehingga meningkatkan kesadaran terhadap resiko cidera akibat olahraga.

Cidera olahraga terbagi dua, yakni cidera ringan dan berat. Cidera ringan umumnya berupa keseleo (spain), regangan (strain) dan memar (bruise) yang mengenai jaringan lunak seperti otot maupun jaringan keras seperti tulang. Jika mengalami cidera ringan segera istirahatkan tubuh diikuti dengan metode penanganan RICE atau Rest, Ice, Compression dan elevation. Hindari penggunaan balsam dan sejenis yang dapat menimbulkan efek panas/ menghangatkan.

Jika keseleo pada area kaki letakkan tungkai kaki lebih tinggi dari posisi jantung untuk membantu mengeluarkan cairan pada daerah pembengkakan. Sedangkan untuk cidera berat harus segera berkonsultasi dengan tenaga professional yaitu dokter Kesehatan olahraga. Dengan pemeriksaan yang komprehensif dokter dapat mengetahui penanganan yang tepat terkait cidera yang dialami, apakah perlu dilakukan tindakan operasi atau cukup dengan terapi non operasi.

Sports Clinic RSPB memberikan pelayanan terpadu dan komprehensif bagi penanganan seluruh masalah kesehatan seputar aktivitas olahraga, baik olahraga prestasi (untuk para atlet), maupun olahraga rekreasi (yang biasa dilakukan sendiri atau di pusat kebugaran). Sports Clinic RSPB dilengkapi dengan fasilitas dan tim dokter ortopedi, kesehatan olahraga dan rehabilitasi medik yang akan membantu para pasien bukan hanya kembali pulih dari cidera namun dapat melakukan aktivitas olahraga kembali seperti sediakala.

Dr. Martha M.L. Siahaan, MARS, MHKes, CEO RSPB menjelaskan, “Pasien Sports Clinic RSPB yang menjalani tindakan operasi oleh dokter spesialis bedah ortopedi akan diberikan terapi yang dilatih oleh tim dokter spesialis kesehatan olahraga. Terapi ini sangat berguna untuk meningkatkan kembali kekuatan fungsi tubuh pasca cidera dan operasi, selain itu terapi juga dapat memperbaiki kemampuan jantung dan paru-paru pasien sehingga mereka siap kembali ke lapangan.”

Para pejuang cidera lutut bisa bergabung dalam komunitas seperti yang diinisiasi RS Premier Bintaro guna mencari solusi dalam pemulihannya.“Gathering dengan komunitas ini kami lakukan sebagai salah satu wadah berbagi pengalaman antar para penyintas cidera olahraga maupun bagi orang yang sedang mengalami permasalahan seputar cidera olahraga. Selain itu kegiatan ini juga diharapkan dapat menambah wawasan seputar knee injury baik bagi anggota komunitas maupun masyarakat umum,” ungkap dr. Martha menambahkan.

RS PREMIER BINTARO

RS Premier Bintaro merupakan sebuah rumah sakit swasta terkemuka di wilayah Tangerang Selatan yang telah beroperasi sejak 12 Oktober 1998. RS Premier Bintaro memiliki cakupan layanan kesehatan berbasis pada layanan Satu Atap dimana konsultasi dokter, pemeriksaan penunjang, tindakan operatif, layanan rawat inap hingga paska rawat inap dapat dilakukan di RS Premier Bintaro. Layanan unggulan yang dimiliki oleh RS Premier Bintaro adalah Ortopedic Center, Spine Center, Sport Clinic, Stroke Center, Skin & Laser Clinic, Vascular Center.

RS Premier Bintaro merupakan bagian dari Ramsay Sime Darby Health Care yang memiliki tujuh fasilitas kesehatan di Asia. RS Premier Jatinegara telah memperoleh akreditasi nasional dari KARS (Komite Akrediatsi Rumah Sakit) dan ISO 9001:2015, akreditasi internasional dari JCI (Joint Commision International), serta HICMR (Hospital Infection Control Management Risk). Prestasi yang telah diraih oleh RS Premier Bintaro sejak awal berdiri hingga sekarang merupakan realisasi komitmen RS Premier Bintaro terhadap mutu layanan Kesehatan.

RAMSAY SIME DARBY HEALTH CARE

Ramsay Sime Darby Health Care (RSDH) merupakan sebuah perusahaan swasta yang bergerak di bidang kesehatan. RSDH dimiliki secara bersama oleh dua perusahaan yaitu Sime Darby Berhad dan Ramsay Health Care. RSDH memiliki tujuh fasilitas Kesehatan, di Indonesia terdiri dari RS Premier Bintaro, RS Premier Jatinegara dan RS Premier Surabaya dan di Malaysia yaitu Subang Jaya Medical Centre, Ara Damansara Medical Centre, ParkCity Medical Center dan Bukit Tinggi Medical Centre.

RSDH selalu berupaya dalam memberikan perawatan pasien dengan kualitas terbaik, sesuai dengan tagline kami “People caring for people”. Dengan menggunakan teknologi mutakhir, fasilitas tercanggih, konsultan yang berpengalaman dari berbagai spesialisasi, dan dengan pengalaman RSDH dalam bidang perawatan kesehatan maka kami berkomitmen terhadap perawatan pasien dengan kualitas terbaik, hasil klinis, kesejahteraan staf dan spesialis, serta berbagai pihak pemangku kepentingan agar terus mempertahankan dan juga meningkatkan kualitas pelayanan yang berkesinambungan dan berfokus pada keselamatan pasien.

Baca Juga: Kemenkes RI & Dinkes Banten Tetapkan RSPremier Bintaro Jadi RS Banten Medical Tourism

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved