September
26
2024
     18:15

ASLC Optimis Tingkatkan Penjualan Double-Digit di 2024 lewat Balai Lelang JBA

ASLC Optimis Tingkatkan Penjualan Double-Digit di 2024 lewat Balai Lelang JBA
ILUSTRASI. PT Autopedia Sukses Lestari Tbk (ASLC) optimis penjualan di 2024 akan bisa tumbuh double-digit. Optimisme tersebut didukung oleh berlanjutnya kinerja positif bisnis lelang JBA, marketplace mobilbekas terbesar di Indonesia, dengan pendapatan pada paruh pertama tahun ini tumbuh 43,7% YoY.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Emiten perdagangan otomotif omnichannel bidang penjualan retail mobil bekas (Caroline.id), bisnis lelang (JBA) serta bisnis gadai (MotoGadai), PT Autopedia Sukses Lestari Tbk (ASLC) optimis penjualan di 2024 akan bisa tumbuh double-digit. Optimisme tersebut didukung oleh berlanjutnya kinerja positif bisnis lelang JBA, marketplace mobil bekas terbesar di Indonesia, dengan pendapatan pada paruh pertama tahun ini tumbuh 43,7% YoY.

“Peningkatan kinerja unit bisnis lelang ASLC merupakan buah dari adanya pergeseran minat masyarakat yang lebih memilih membeli mobil bekas daripada mobil baru. Selain itu, turunnya BI rate juga turut memicu sentimen positif penjualan mobil melalui leasing,” kata Presiden Direktur Autopedia Sukses Lestari, Jany Candra.

JBA berhasil melelang sekitar 58.000 unit kendaraan baik roda dua (2W) maupun roda empat (4W) di Semester I-2024, dan semakin mengokohkan posisi JBA sebagai pemimpin di industri lelang dengan pangsa pasar 40%.

Selain JBA, pendapatan ASLC secara signifikan didorong oleh bisnis Caroline.id, yang memiliki item dengan harga lebih tinggi dan menyumbang IDR 253,5 miliar pada pendapatan Perusahaan di 1H24. JBA menyusul dengan IDR 126,5 miliar, sementara MotoGadai yang baru didirikan, yang diluncurkan pada akhir 2023, menyumbang IDR 1,7 miliar. Seiring dengan terus berkembangnya MotoGadai, bisnis ini akan melengkapi ekosistem ASLC dengan menyediakan solusi pembiayaan cepat bagi pengusaha dealer mobil bekas lalu mengikuti lelang sebagai pembeli di JBA.

“Kami percaya, selain karena volume penjualan yang lebih tinggi, pertumbuhan kinerja juga bisa diperoleh karena Perusahaan fokus pada model bisnis yang berkelanjutan, serta terus meningkatkan produktivitas cabang dan menjaga efisiensi biaya,” kata Jany Candra.

ASLC sendiri memiliki berbagai langkah untuk terus meningkatkan kinerja secara berkesinambungan, termasuk memaksimalkan strategi sales marketing digital yaitu offline to online to offline (O2O2O).

Adapun untuk JBA, ASLC akan memaksimalkan balai lelang JBA yang sudah ada hampir di seluruh wilayah Indonesia, dengan cara memprioritaskan keberagaman unit yang dilelang dan peningkatan layanan platform untuk memudahkan proses lelang pembeli. Selain itu, kolaborasi JBA dengan Caroline.id dan MotoGadai akan meningkatkan efisiensi operasional dan menciptakan pengalaman yang lebih lancar bagi pembeli, mendukung strategi keseluruhan ASLC.

Di bisnis penjualan retail mobil bekas, Perusahaan akan terus menambah outlet Caroline.id di wilayah-wilayah strategis dan potensial. Sepanjang Januari-September 2024 ini, ASLC sudah menambah 6 showroom baru di Ciledug, Pondok Cabe, Karawang, Tambun, Mampang dan Poris. Rencananya, Caroline.id akan menambah showroom lagi hingga total 18 showroom pada akhir 2024.

Sementara itu, untuk mengembangkan bisnis gadai melalui MotoGadai, Perusahaan juga berencana akan terus menambah jumlah outlet. Diharapkan dari peningkatan jumlah outlet akan mendorong perputaran bisnis MotoGadai, dan memfasilitasi pembiayaan modal kerja untuk dealer mobil bekas dan/atau pelanggan JBA di segmen dealer mobil bekas, memungkinkan mereka untuk membeli lebih banyak kendaraan yang dilelang, sehingga memberikan kontribusi yang lebih besar terhadap pendapatan Perusahaan.

Secara keseluruhan, ASLC memproyeksikan pertumbuhan pendapatan dan laba akan tumbuh double digit tahun ini baik untuk bisnis lelang kendaraan (JBA) dan bisnis penjualan ritel mobil bekas (Caroline.id). Keuntungan secara konsolidasi diharapkan juga akan tumbuh double-digit. “Tentu saja target-target tersebut selalu ada dalam pemantauan kami, dengan terus memperhatikan kondisi makro global,” tutup Jany Candra.

Sekilas mengenai PT Autopedia Sukses Lestari Tbk (ASLC)

PT Autopedia Sukses Lestari Tbk (ASLC) yang merupakan bagian dari Grup PT Adi Sarana Armada Tbk (ASSA) bergerak di usaha jual beli kendaraan bekas dan tercatat di Bursa Efek Indonesia sejak awal 2022. Dengan visi menjadi omnichannel automotive marketplace yang paling terpercaya, Autopedia menjalankan bisnis jual beli kendaraan bekas baik untuk B2B, C2C, dan B2C. Saat ini ASLC merupakan ekosistem marketplace terbesar di Indonesia untuk jual beli kendaraan bekas.

Dalam ekosistem bisnisnya, Autopedia memiliki dua bisnis utama, yaitu balai lelang bernama JBA yang mampu melakukan lelang offline dan online (hybrid). JBA memiliki 35 jaringan di seluruh Indonesia, menjadikannya sebagai balai lelang terbesar di Indonesia.

Selain itu, ASLC juga memiliki bisnis diler mobil bekas Offline-to-Online-to-Offline (O2O2O) dengan brand Caroline.id yang saat ini memiliki total 14 showrooms. Caroline.id memberikan keuntungan kepada konsumen yang membeli mobil bekas dengan menghadirkan garansi 7G+ selama 1 tahun yang mencakup mesin, transmisi, air conditioner, rem, elektrikal, suspensi dan kemudi. Garansi 7G+ dirancang untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pelanggan Caroline.id. Titik showroom Caroline.id akan terus tumbuh di tengah tingginya potensi bisnis jual beli kendaraan bekas di Indonesia.

Baca Juga: ASLC Gencar Buka Showroom Caroline.id baru di 2024, Manfaatkan Kenaikan Mobil Bekas

Selanjutnya: Harga Minyak Masih Tertekan Meski Suku Bunga Turun dan Ada Stimulus China

Menarik Dibaca: Buds Organics Kenalkan Lini Produk Terbaru untuk Anak-Anak, Buds Organic for Kids

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved