June
16
2022
     15:22

Amartha Gandeng BPR Utomo Manunggal Sejahtera Sumsel, Berkomitmen Salurkan Permodalan

Amartha Gandeng BPR Utomo Manunggal Sejahtera Sumsel, Berkomitmen Salurkan Permodalan
ILUSTRASI. Prosesi penandatanganan kerja sama antara Amartha dengan BPR Utomo Manunggal Sejahtera Sumsel untuk penyaluran permodalan usaha Rp50 miliar (31/5) di Jakarta.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - PT Amartha Mikro Fintek (Amartha), perusahaan finansial teknologi yang berfokus pada pemberdayaan perempuan pengusaha mikro di pedesaan, berkolaborasi dengan Bank Perkreditan Rakyat Utomo Manunggal Sejahtera untuk melakukan penyaluran modal usaha bagi perempuan pengusaha mikro sebesar Rp50 miliar. Peresmian kerja sama ditandai dengan prosesi penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang dilaksanakan pada hari Selasa (31/05) di kantor pusat Amartha.

Kolaborasi yang terjalin antara Amartha dan BPR Utomo Manunggal Sejahtera bertujuan guna memperluas akses permodalan bagi UMKM dan bersama mendorong pertumbuhan ekonomi di pedesaan. Penyaluran pendanaan akan menargetkan perempuan pengusaha mikro di wilayah Sumatra Selatan dan menggunakan pola kredit channeling.

Aria Widyanto, Chief Risk & Sustainability Officer Amartha, menyampaikan bahwa “BPR Utomo Manunggal Sejahtera merupakan BPR pertama di wilayah Sumatra yang bergabung dengan Amartha untuk menyalurkan modal usaha bagi perempuan pengusaha mikro. Permodalan dari hasil kolaborasi ini, akan disalurkan untuk UMKM di sektor perdagangan di provinsi Sumatra Selatan. Kami berharap sinergi ini dapat menjadi penggerak bagi institusi lain untuk bersama-sama memberi akses permodalan melalui Amartha, sehingga penyaluran modal usaha dapat menjangkau wilayah lainnya.”

Sebagai informasi, sepanjang tahun 2021, Amartha telah menyalurkan dana untuk UMKM di Sumatra Selatan mencapai lebih dari Rp200 miliar rupiah dan total dana yang telah disalurkan mencapai lebih dari Rp400 miliar terhitung hingga tahun ini. Potensi UMKM di Sumatra Selatan juga sangat baik untuk dikembangkan, hingga saat ini Amartha mengelola lebih dari 78 ribu ibu mitra di Sumatra Selatan.

Beroperasi sejak tahun 2011, BPR Utomo Manunggal Sejahtera Sumsel telah berhasil mencapai prestasi sebagai BPR dengan kinerja keuangan yang mumpuni selama sembilan tahun berturut-turut dari tahun 2012 sampai dengan tahun 2021.

Ferrial Aksha, Direktur Utama BPR Utomo Manunggal Sejahtera menyampaikan, “BPR Utomo Manunggal Sejahtera Sumsel memilih Amartha sebagai mitra untuk menyalurkan permodalan usaha karena kami melihat Amartha memiliki bisnis model yang sustainable, di mana Amartha memadukan teknologi dengan membawa dampak sosial yang bermanfaat bagi masyarakat khususnya para pelaku usaha mikro perempuan. Para mitra yang termonitor ini juga mendapatkan pelatihan dengan baik sehingga bisnisnya dapat berkembang. Dengan adanya sinergi dan kolaborasi dengan Amartha diharapkan akan membawa dampak yang lebih besar lagi dan semakin tumbuh pesat, membuka layanan keuangan dengan lebih mudah, cepat dan luas dalam penyaluran pendanaan kepada pelaku UMKM.” ungkapnya.

Sebagai perusahaan teknologi, Amartha berkomitmen untuk mendigitalisasi pedesaan dengan meluncurkan layanan keuangan dan produk-produk inovatif seperti Amartha+, yang dapat digunakan oleh mitra Amartha untuk melayani transaksi ‘pembayaran digital di pedesaan, mulai dari pembayaran tagihan rumah tangga, BPJS, hingga belanja borongan.

Sejauh ini, Amartha telah menyalurkan modal usaha sebesar lebih dari Rp6,5 triliun kepada lebih dari satu juta perempuan pengusaha mikro. Amartha terbukti dapat menjaga kualitas pinjaman dengan angka NPL yang stabil di bawah 0,5%.

“Amartha menyadari bahwa terwujudnya akselerasi penyaluran modal di pedesaan membutuhkan peran dan kerja sama dengan banyak pihak, salah satunya seperti kolaborasi dengan BPR Utomo Manunggal Sejahtera ini. Kami percaya, kerja sama yang saling menguntungkan ini akan membawa dampak yang lebih besar lagi, tidak hanya bagi kami sebagai perusahaan penyediaan layanan keuangan, tetapi juga para mitra binaan yang merasakan langsung dampak kesejahteraan bagi keluarga mereka.” tutup Aria.

Tentang Amartha

PT Amartha Mikro Fintek (Amartha) didirikan pada tahun 2010 sebagai perusahaan microfinance. Pada tahun 2016 Amartha bertransformasi menjadi perusahaan teknologi finansial dan telah memiliki izin usaha di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Sebagai perusahaan microfinance marketplace, Amartha menghubungkan para pendana dengan perempuan pengusaha mikro di pedesaan untuk mewujudkan visi besarnya, yaitu ‘Kesejahteraan yang Merata’. Amartha turut mendukung peningkatan inklusi keuangan, dengan menyediakan fitur pendanaan kolektif sehingga pendana bisa mendanai mulai dari Rp100.000 dan penyaluran modal usaha bagi kelompok usaha mikro di lapisan piramida terbawah.

Hingga saat ini, Amartha telah menyalurkan modal usaha sebesar lebih dari Rp6,5 triliun kepada lebih dari satu juta perempuan pengusaha mikro yang tersebar di lebih dari 35.000 desa di Indonesia. Amartha didukung oleh berbagai investor di antaranya Mandiri Capital, MDI Venture by Telkom, Women’s World Banking, dan lain-lain.

Tentang BPR Utomo Manunggal Sejahtera

PT BPR Utomo Manunggal Sejahtera Sumsel beroperasi mulai tanggal 24 Mei 2011 yang beralamat di Jln. Pahlawan Kemarung No.369, Kel.Pasar Baru, Kec. Baturaja Timur, Kab. OKU Induk, Kemudian pada tanggal 9 Desember 2016 BPR Utomo MSS membuka cabang pertama di Kota Martapura tepatnya di Jln. Merdeka No. 842, OKU Timur, Sumatera Selatan. Lalu pada tanggal 12 Desember 2017 BPR Utomo MSS membuka kantor cabang kedua di Indralaya Kabupaten Ogan Ilir, yang beralamatkan di Jln. Lintas Timur Km. 36 No. 12A, Ogan Ilir, Sumatera Selatan. Dan pada tanggal 6 Oktober 2022 Tahun lalu  BPR Utomo MSS Kantor Kas pertama di kota Muaradua yang beralamat di Jl. Jend. A. Yani (Muaradua-Liwa), Oku Selatan, Sumatera Selatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved