November
07
2022
     18:52

Aladin Berkolaborasi dengan Plastic Bank Cegah 20.000 kg Sampah Plastik Cemari Lautan

Aladin Berkolaborasi dengan Plastic Bank Cegah 20.000 kg Sampah Plastik Cemari Lautan

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Pada hari ini, PT Bank Aladin Syariah Tbk (“Aladin”) berkolaborasi dengan PT Plastic Bank Indonesia (“Plastic Bank”), sebuah usaha sosial berbasis teknologi yang memberdayakan para Pahlawan Samudra untuk mencegah pencemaran limbah plastik di laut serta meningkatkan taraf hidup komunitas pengumpul sampah. Kolaborasi ini bertujuan untuk mengatasi salah satu isu lingkungan yang paling mendesak di Indonesia dan di dunia yaitu dampak negatif limbah plastik di lingkungan. Selain itu, kolaborasi ini diharapkan dapat memberikan manfaat secara ekonomi kepada komunitas pengumpul plastik yang tinggal di sekitar pesisir laut.

Kolaborasi antara Aladin dan Plastic Bank Indonesia secara langsung akan membantu pengumpulan 20.000 kilogram sampah plastik, atau setara dengan lebih dari 1 juta botol plastik, agar tidak menyebabkan polusi plastik di perairan dan lautan Indonesia.

Kerja sama ini menunjukkan komitmen Aladin terhadap Tujuan Pembangunan Berkelanjutan yang digagas oleh Perserikatan Bangsa Bangsa, dan mendukung pengembangan masyarakat melalui implementasi program-program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) di bidang sosial, lingkungan, dan ekonomi.

“Kami sangat prihatin terhadap kondisi perairan dan lautan di Indonesia yang banyak tercemar oleh polusi plastik. Melalui kolaborasi ini, kami berharap agar Aladin dapat membantu mewujudkan lingkungan dan lautan Indonesia yang bersih dari limbah plastik, sekaligus memberikan manfaat ekonomi kepada para komunitas pengumpul plastik yang tinggal di pesisir laut.

Kami yakin bahwa kemitraan ini dapat menginspirasi pihak lain untuk turut mendukung upaya pengumpulan dan daur ulang plastik untuk melestarikan lingkungan dan lautan sambil menciptakan dampak lingkungan, ekonomi, dan sosial yang lebih besar”, ujar Dyota Marsudi selaku Presiden Direktur Aladin.

Plastic Bank Indonesia telah mengidentifikasi lebih dari tiga ratus titik di wilayah pesisir pantai Indonesia yang membutuhkan infrastruktur pengumpulan plastik, memberdayakan pengepul lokal untuk mendirikan cabang pengumpulan plastik di lokasi yang strategis, serta membentuk komunitas pengumpul plastik untuk mencegah polusi plastik di perairan dan lautan.

Sampah plastik yang dikumpulkan dapat ditukarkan di cabang Plastic Bank dengan berbagai macam manfaat yang dapat meningkatkan kesejahteraan hidup komunitas dan mengamankan pendapatan, sehingga membantu mengatasi kemiskinan. Selain itu, komunitas Plastic Bank juga bisa mendapatkan manfaat lainnya seperti akses terhadap BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, konektivitas digital, dan layanan sosial lainnya.

“Plastik Bank Indonesia bangga bermitra dengan Aladin dalam misi pelestarian lingkungan dan lautan Indonesia sekaligus mengurangi kemiskinan di kalangan pengumpul sampah plastik”, ujar Frederick Saman, Country Manager Plastic Bank Indonesia.

“Melalui kerjasama ini, kami turut mendukung upaya pemerintah Indonesia untuk mengurangi 70% sampah plastik yang berakhir di lautan pada tahun 2025. Kami berharap kerjasama ini akan membangkitkan semangat para pemangku kepentingan lainnya untuk mengambil tindakan nyata dan menjadi bagian dari solusi untuk mengatasi polusi plastik di laut, sembari mengurangi kemiskinan dan meningkatkan perekonomian Indonesia”.

Baca Juga: Rugi Bersih Bank Aladin Bengkak 141,12% Jadi Rp 146,41 Miliar per Kuartal III-2022

Tentang Aladin

PT Bank Aladin Syariah Tbk atau dikenal dengan Aladin adalah Bank Digital Syariah pertama di Indonesia yang mengembangkan produk perbankan terpercaya, memberikan pengalaman perbankan yang lancar untuk memperluas inklusi keuangan. Aladin mempermudah akses layanan perbankan syariah berbasis digital bagi seluruh lapisan masyarakat, serta menjalin kerjasama dengan industri di berbagai sektor. Dilengkapi dengan teknologi mutakhir, kami bertujuan untuk mengembangkan produk pendanaan, pembiayaan, dan layanan keuangan lainnya, untuk memudahkan transfer dana, pembayaran, dan pembelian Anda.

Aladin meraih penghargaan ESG dari Berita Satu sebagai “Disclosure Rating Awareness” pada tahun 2021 dan penghargaan ESG dari B Universe sebagai “Disclosure Rating Commitment C” pada tahun 2022.

Tentang Plastic Bank

Plastic Bank memberdayakan para Pahlawan Samudra untuk mencegah pencemaran sampah plastik di laut. Komunitas pengumpulan plastik kami menukar plastik dengan berbagai macam manfaat yang meningkatkan kesejahteraan hidup mereka. Transaksi plastik dicatat melalui platform blockchain kami yang mendukung terciptanya pengumpulan plastik yang terlacak dari hulu ke hilir, mengamankan pendapatan anggota, dan memverifikasi pelaporan. Material plastik yang dikumpulkan kemudian didaur ulang menjadi bahan baku Social Plastic® untuk digunakan kembali dalam produk dan kemasan.

PlasticBank, Social Plastic dan Alchemy adalah merek dagang dari The Plastic Bank Recycling Corporation.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved