Aerputh Dorong Pertumbuhan Solopreneur lewat Inisiatif LakuinBareng
Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti
KONTAN.CO.ID - Aerputh, brand air mineral dalam kemasan terbaru, melakukan inisiatif #LakuinBareng untuk mendukung para solopreneur di Indonesia. Inisiatif itu diharapkan bisa mengajak masyarakat luas untuk mendukung para solopreneur menemukan jalan kesuksesannya sebagai pengusaha.
Produk Aerputh adalah salah satu business project dalam pelatihan khusus dari startup edutech Rumah Siap Kerja lewat program SiapUsaha, yang memberikan wadah bagi setiap calon pengusaha dengan terjun langsung ke lapangan, salah satunya dengan produk Aerputh tersebut.
CEO Rumah Siap Kerja, Roestiandi Tsamanov mengatakan, pihaknya memilih produk air mineral dalam kemasan untuk dijadikan sebagai business project karena potensi pasarnya yang terus berkembang dengan nilai pasar mencapai US$2,5 miliar. Dengan begitu, produk air mineral ini cocok untuk para solopreneur yang ingin memulai bisnisnya.
“Nantinya, produk Aerputh ini hanya bisa dibeli langsung dari para solopreneur di sekitarmu. Hasil keuntungan dari penjualan produk air mineral ini sepenuhnya dimiliki para solopreneur yang sedang merintis bisnis lewat Aerputh,” jelasnya.
Inisiatif #LakuinBareng yang dilakukan sepanjang April 2023 pun diharapkan memberikan ruang kepada para solopreneur untuk mempercepat proses pembelajaran bisnisnya. Dengan inisiatif itu, masyarakat juga akan lebih sadar keberadaan produk air mineral dalam kemasan yang dijual langsung oleh para solopreneurs. Jadi, inisiatif ini akan membantu solopreneurs untuk langsung merasakan bagaimana menjual dan membuka bisnis hingga bertemu dengan para konsumen secara langsung.
Dalam inisiatif itu, Aerputh memperkenalkan produk air mineralnya dengan cara membagikan secara cuma-cuma di beberapa titik di wilayah Jabodetabek. Dari aksi inisiatif #LakuinBareng selama sepekan, produk Aerputh mendapatkan eksposure langsung dari sektiar 9.000 konsumen.
Sementara itu, program SiapUsaha dari Rumah Siap Kerja ini diharapkan menjadi solusi untuk masyarakat dalam mengembangkan bisnisnya.
Program SiapUsaha Aerputh yang diluncurkan sejak April 2023 sudah memiliki komunitas solopreneurs sebanyak lebih dari 150 anggota. Para solopreneurs itu tersebar di daerah Jabodetabek, dengan jumlah terbesar dari Jakarta Timur sebanyak 23,6% dan Bogor 20,8%.
Founder Rumah Siap Kerja, Sandiaga Uno mengungkapkan keberadaan program SiapUsaha dari Rumah Siap Kerja juga diharapkan bisa membuka peluang usaha hingga lapangan kerja baru di Indonesia.
“Apalagi, program SiapUsaha juga menyediakan komunitas solopreneurs untuk saling mendukung dan memberdayakan,” ungkapnya.
Rumah Siap Kerja pun mengajak kepada siapapun yang punya keinginan untuk menjadi solopreneur bergabung dalam program SiapUsaha tersebut. Para Solopreneurs yang ingin bergabung cukup mendaftarkan dirinya di situs Rumah Siap Kerja. Setelah mendaftar, para solopreneurs akan mendapatkan perkenalan secara gratis. Kemudian, mereka sudah bisa menjual produk dari business project SiapUsaha, yakni Aerputh.
Melalui programnya ini, Rumah Siap Kerja memiliki tujuan ingin membuat banyak orang menemukan definisi kesuksesan, yakni ketika kita bisa membahagiakan diri sendiri, orang sekitar, orang tua, hingga saling memberikan manfaat antar sesama manusia.
Roestiandi mengatakan pihaknya ingin merangkul lebih banyak lagi individu yang memiliki minat memulai bisnis untuk dibantu dalam program SiapUsaha. Harapannya, komunitas SiapUsaha di area Jabodetabek juga bisa terus berkembang.
"Kami pun membuka kolaborasi bagi instansi swasta maupun pemerintah, serta masyarakat umum untuk mendukung para solopreneur dalam merintis bisnisnya," ujarnya.
Rumah Siap Kerja pun menargetkan bisa memperluas jangkauan program SiapUsaha lewat business project Aerputh ke daerah baru lainnya sebelum akhir 2023 nanti.
Tentang Rumah Siap Kerja
Rumah Siap Kerja adalah startup edutech yang didirikan sejak 2019 dengan salah satu pendirinya adalah Sandiaga Uno. Rumah Siap Kerja memiliki visi menciptakan peluang bagi profesional dan pengusaha melalui pengembangan kompetensi soft skill, hard skill, dan kreativitas sumber daya mausia Indonesia.
Rumah Siap Kerja memiliki empat program belajar, Siapusaha untuk memulai bisnis, Siapmahir untuk meningkatkan skill, dan Siapkarier untuk mengembangkan karier. Setelah sekitar 4 tahun berdiri, Rumah Siap Kerja sudah memiliki lebih dari 1.200 program impian, 660.000 talenta, 620.000 program yang terlaksana, hingga 48 mitra profesional.
Baca Juga: Ribuan Air Mineral Kemasan Diberikan Gratis ke Warga Jakarta, Siapa Pencetusnya?
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News