May
02
2023
     17:22

Adu Manuver, Formula E Berlin Jadi Double-Header Paling Menantang Hankook iON Race

Adu Manuver, Formula E Berlin Jadi Double-Header Paling Menantang Hankook iON Race
ILUSTRASI. Dua balapan mendebarkan di Berlin E-Prix adalah iklan terbaik untuk Formula E di Ibu Kota Jerman, di mana semua pembalap dalam seri balap serba listrik kembali menggunakan produk premium Hankook, ban iON Race.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Dua balapan mendebarkan di Berlin E-Prix adalah iklan terbaik untuk Formula E di Ibu Kota Jerman, di mana semua pembalap dalam seri balap serba listrik kembali menggunakan produk premium Hankook, ban iON Race, seperti yang telah mereka lakukan sejak awal musim ini.

Di depan tribun yang terjual habis pada Bandara Tempelhof yang dinonaktifkan, Mitch Evans dari Selandia Baru yang merupakan tim Jaguar TCS Racing meraih kemenangan pada hari Sabtu yang juga mengklaim kemenangan kedelapannya di Kejuaraan Dunia ABB FIA Formula E. Rekan satu timnya, Sam Bird, menjadi runner-up di bawah langit biru cerah dengan suhu sekitar 20 derajat selsius.

Maximilian Günther (Maserati MSG Racing) melakukan manuver yang sangat kuat di tikungan terakhir sebelum checkered flag melewati Sebastien Buemi (Envision Racing) dan mengamankan posisi ketiga dengan ban Hankook di depan para penggemar tuan rumah yang bersuka cita.

Setelah 66 tahun, ini adalah podium pertama Maserati dengan mobil balap Formula. “Karena treknya sangat agresif, saya memperkirakan akan mendapat kesulitan pada ban. Namun, saya harus mengatakan bahwa manajemen ban jauh lebih baik daripada tahun-tahun sebelumnya.

Bannya sangat konsisten. Permukaan jalanan yang beragam dan berarti tingkat genggaman juga bervariasi. Itu adalah tantangan nyata, tetapi saya sangat menikmatinya,” ujar Gunther, yang hasil podiumnya membawa ia sebagai pembalap Jerman dengan posisi terbaik di Berlin.

Hujan meninggalkan Bandara Tempelhof tepat pada waktunya untuk aksi balapan hari Minggu, dan balapan kedua dari double-header ini berlangsung di jalur kering. Ke-22 pembalap sekali lagi menyuguhkan penggemar dengan pesta manuver menyalip dan perubahan posisi, dengan posisi terdepan dan podium secara teratur berpindah tangan.

Seperti hari Sabtu, lagi-lagi tim Jaguar yang mengambil checkered flag setelah 40 lap balapan. Nick Cassidy (Envision Racing) dari Selandia Baru meraih kemenangan di depan Jake Dennis dari Inggris (Avalanche Andretti Formula E) dan pembalap Prancis Jean Éric Vergne (DS Penske). “Bannya benar-benar sangat konsisten, dan saya bisa push sepanjang waktu,” kata pemenang yang berbahagia.

Kemenangan Cassidy membuatnya mendekati empat poin dari pemimpin kejuaraan Pascal Wehrlein dari Jerman (TAG Heuer Porsche Formula E Team), yang menempati posisi keenam pada hari Sabtu dan ketujuh pada hari Minggu.

Kejutan besar adalah penampilan dua pembalap ABT Cupra Formula E Team di sesi kualifikasi basah pada hari Minggu. Posisi terdepan dipegang oleh pembalap belanda Robin Frijns dan tempat kedua dipegang oleh rekan setimnya Nico Muller dari Swiss mewakili hasil terbaik tim dalam kualifikasi sejauh ini.

Sayangnya, mereka tidak dapat mengulangi performa sebelumnya dalam balapan, di mana Muller menempati posisi kesembilan dan Frijns turun ke urutan 17. “Kami memahami ban Hankook dengan sangat baik hari ini. Sangat penting dalam hujan untuk menempatkan ban pada working window dan menguji setiap cengkraman kecil darinya. Robin dan saya melakukannya dengan baik dan kami merasa sangat nyaman dengan ban di trek basah,” jelas Muller.

Untuk pertama kalinya di Musim 9, para pembalap turun ke trek di tengah hujan. Kondisi basah di jalur sepanjang 2.355 kilometer di Bandara Tempelhof yang dinonaktifkan untuk sesi latihan bebas ketiga pada Minggu pagi dan sesi kualifikasi. Selain itu, permukaan lintasan di apron bandara juga menjadikan double-header sebagai tantangan terbesar sejauh ini untuk Hankook iON Race.

Hankook Formula E Race Engineer Thomas Baltes: “Tantangan besar untuk ban di trek Tempelhof adalah pelat beton. Terkadang berkerikil, terkadang tidak, dan banyak perbaikan di beragam tempat. Namun, selama bertahun-tahun kerikil telah berkurang, berulang kali membuat tingkat cengkraman yang berbeda, yang tidak membuat penanganan mudah bagi pengemudi.

Ditambah lagi, betonnya sangat ringan dan tidak sepanas aspal-aspal gelap. Hujan pada hari Minggu pagi mengurangi tingkat cengkraman lebih jauh, dan membutuhkan teknik berkemudi yang sensitif pada mobil Gen3.”

Pada hari Sabtu, Presiden Hankook Eropa, Sang Hoon Lee, secara pribadi menyerahkan trofi kepada tim Jaguar TCS Racing yang menang. Ia sebelumnya mengunjungi grid awal dan menghadiri janji penting di Berlin.

Para tamu dan jurnalis yang diundang oleh Hankook ke “Tyre Mounting” hari Jumat menikmati inisiatif yang luar biasa ini. Setelah sambutan dan perkenalan dari Direktur Komunikasi Hankook, Felix Kinzer, para tamu diizinkan untuk memasang Hankook iON Race ke dalam pelek sesuai dengan panduan yang diberikan.

Peserta yang paling menonjol adalah mantan pembalap Formula E, pakar TV dan influencer Daniel Abt. Setelah acara, Direktur Hankook Motorsport Manfred Sandbichler dan Hankook Formula E Race Engineer Thomas Baltes hadir untuk menjawab pertanyaan dari perwakilan Media.

Apa yang membuat Hankook iON Race begitu istimewa, berapa banyak ban yang diangkut ke sirkuit, dan apa yang terjadi pada ban setelah balapan? Pertanyaan-pertanyaan ini menarik perhatian para tamu dari sponsor utama Formula E, ABB. Direktur Hankook Motorsport, Manfred Sandbichler mengundang ABB dan tamunya ke area pemasangan Hankook, di mana ia memberikan informasi rinci tentang ban resmi baru Formula E.

Penggemar motorsport dan mobil vintage Daniel Brühl, juga mengunjungi Formula E pada akhir pekan. Aktor ini sangat menikmati grid walk sesaat sebelum balapan hari Sabtu. Bruhl memerankan Niki Lauda dalam film “Rush” dan namanya semakin tenar dikancah internasional melalui perannya dalam “Good Bye, Lenin!”, “Inglorious Basterds” dan “All Quiet on the Western Front”.

Mobil balap bisa menjadi hal yang indah. Desain untuk mobil Formula E, yang dikembangkan secara khusus oleh seorang seniman dan Allianz, menarik perhatian ribuan pasang mata dari penggemar di Berlin. Dan Hankook iON Race turut memainkan perannya.

Selain 22 pembalap di trek, pembalap simulator juga mengambil tempat kemudi mereka di Berlin. Seri E-sports yang diselenggarakan oleh Formula E, Accelerate, kini memasuki musim ketiga. di Berlin dan Roma, dua balapan kualifikasi akan diadakan, dengan sebelas pembalap lolos untuk grand final, yang akan berlangsung sebagai bagian dari Hankook London E-Prix (28 - 30 Juli). Seperti halnya mobil Gen3 yang “nyata”, Hankook iON Race juga memberikan cengkraman optimal di trek balap virtual.

Tentang Hankook Tire & Technology Co., Ltd.

Dengan mengejar inovasi dan memberikan teknologi unggul sebagai inti bisnis, Hankook Tire & Technology terus aktif berinvestasi dalam memperluas peranan penting perusahaan untuk memberikan konsumen kepuasan penuh dalam berkendara. Beroperasi di lebih dari 160 negara, Hankook memiliki delapan pabrik dan lima pusat R&D di seluruh dunia, dengan lebih dari 20,000 pekerja profesional berdedikasi tinggi. Hankook Tire memproduksi ban berkualitas luar biasa yang berperforma tinggi untuk mobil, 4x4s, SUV, truk ringan, campers, truk, bus, dan kendaraan balap.

Hankook Tire & Technology aktif berpartisipasi dalam gagasan global yang ramah lingkungan dan berkomitmen untuk menjadikan bumi tempat yang lebih baik untuk dihuni. Upayanya telah diakui dalam Dow Jones Sustainability Indices World (DJSI World) sejak 2011 (DJSI Korea mulai dari tahun 2011 sampai 2015, DJSI World pada tahun 2016) dan menerima peringkat tertinggi dari EcoVadis Business Sustainability Rating pada tiga tahun terakhir semenjak 2019.

Baca Juga: Hankook Tire Umumkan Kinerja Global Tahun 2022: Raih Rekor Penjualan Global Tertinggi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved