Penjualan Beras Sehat HOKI Tumbuh 104% YoY di Kuartal III – 2024
Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti
KONTAN.CO.ID - PT Buyung Poetra Sembada, Tbk., (HOKI), produsen beras ternama merek ‘Topi Koki’ yang tercatat di Bursa Efek Indonesia semakin solid dalam mengembangkan pasar beras sehat. Penjualan produk beras sehat merek Dailymeal milik Perseroan, yaitu Nasi Singkong dan Nasi Jagung mencatatkan pertumbuhan 104% YoY menjadi Rp7,21 miliar pada Kuartal III tahun 2024.
“Upaya edukasi mengenai pentingnya mempraktikkan gaya hidup sehat melalui produk-produk Dailymeal menjadi kunci keberhasilan kami meraih pertumbuhan signifikan pada penjualan produk beras sehat,” kata Direktur HOKI, Budiman Susilo.
Gencarnya kegiatan edukasi tersebut antara lain bisa dilihat dari dua kali seminar dalam rangka hari diabetes sedunia yang digelar Perseroan di bulan November. Pada tanggal 23 November, dengan menggandeng Siloam Hospitals di Karawaci, HOKI melalui anak usahanya PT Hoki Distribusi Niaga (HDN) menggelar seminar tentang pemberdayaan kesehatan global. Sebelumnya, pada tanggal 7 November, Perseroan juga menggelar kegiatan serupa bertema “Medical Knowledge Update seputar Diabetes Melitus bersama Dailymeal” dengan menggandeng Rumah Sakit Mentari di Tangerang.
Selain edukasi yang gencar, ketersediaan produk Dailymeal secara luas di seluruh saluran perdagangan modern (MT) dan seluruh gerai Indomaret, serta di berbagai platform online (Tokopedia, Shopee, Tiktok Shop, GoMart, dll.) juga menjadi faktor penting yang mendorong pertumbuhan tersebut.
“Oleh karenanya, kami berencana untuk memperluas cakupan dengan meningkatkan distribusi di luar Jawa, dengan memanfaatkan saluran distribusi yang paling efektif. Kami sadar, dua hal ini, edukasi mengenai produk Dailymeal, serta memastikan bahwa produk Dailymeal mudah didapatkan konsumen merupakan kunci utama keberlanjutan pertumbuhan signifikan dari penjualan,” imbuh Budiman.
Untuk itu, Perseroan akan terus memperkuat jaringan distribusi untuk mendongkrak penjualan beras putih dan produk beras sehat alternatif berbahan baku lokal dengan merek Dailymeal tersebut.
Selain mengedukasi dan mempromosikan produknya, Perseroan juga giat mengembangkan produk baru yang menyehatkan. Pada September lalu, Perseroan telah meluncurkan Beras Hokairi Japonica yang telah diterima oleh pasar. Selanjutnya pada Kuartal 4 tahun ini, HOKI juga akan meluncurkan produk Dailymeal terbaru, yaitu beras sehat alternatif yang praktis, Beras Porang Cassava.
Produk-produk Dailymeal seperti Nasi Singkong, Nasi Jagung, dan Beras Merah memiliki indeks glikemik yang rendah serta serat yang tinggi. Oleh karenanya, produk ini bisa menjadi alternatif asupan yang baik bagi penderita diabetes, serta bagi masyarakat yang ingin diet untuk menerapkan gaya hidup sehat. Tidak heran, kalau produk ini mendapat julukan beras sehat.
"Kami optimis dari hasil kinerja kuartal III yang lalu dan juga berbagai upaya edukasi terkait kesehatan, melalui produk beras sehat ini HOKI bisa meraih pertumbuhan positif penjualan dan laba bersih di akhir tahun 2024," tutup Budiman.
Sekilas PT Buyung Poetra Sembada Tbk:
PT Buyung Poetra Sembada Tbk (HOKI) didirikan pada tahun 2003 adalah perusahaan produksi dan distribusi beras premium dengan merek “Topi Koki”, di mana awal pendiriannya adalah pengembangan usaha dari Toko Buyung Palembang (berdiri sejak tahun 1977). Selain itu, HOKI juga memproduksi beras dengan merek: HOK-1, Setra Ramos, Rumah Limas, BPS, Super Belida (beras pera), dan menjual ke B2B seperti beras menir (Broken Rice) ke pabrik bihun dan untuk keperluan lainnya.
HOKI juga memproduksi Beras Private Brand untuk perusahaan lain seperti Indomaret, Alfamart, dll. Selain itu, merek TopiKoki Setra Ramos juga saat ini telah hadir di mini market. Pemasaran HOKI selain dilakukan di pasar tradisional (general trade) juga didistribusikan ke pasar modern dan online marketplace. HOKI memiliki pabrik dan Gudang di Subang, Jawa Barat dan Cipinang, Jakarta Timur dengan total kapasitas 55 ton per jam.
Seiring dengan perkembangan bisnis, HOKI melakukan IPO pada tahun 2017. Sejak tahun 2020, HOKI menambahkan alternatif sumber pendapatan baru sekaligus meningkatkan implementasi praktik ESG melalui pembangunan pembangkit listrik tenaga sekam padi dan menyewakannya.
Pada tahun 2022, HOKI bertransformasi menjadi perusahaan Fast Moving Consumer Goods (FMCG) melalui peluncuran produk Dailymeal dan di distribusikan melalui PT Hoki Distribusi Niaga (HDN). Di tahun yang sama HOKI juga mendirikan PT Hoki Investasi Sejati (HIS) sebagai bagian dari diversifikasi perseroan untuk memasuki bisnis equity investment pada perusahaan terbuka.
Secara keseluruhan HOKI memiliki 4 sumber pendapatan: 1) Produksi & distribusi produk beras, 2) Produksi energi terbarukan (Dari sekam padi), 3) Produk FMCG (“Dailymeal”), dan 4) Equity investment pada perusahaan terbuka.
Baca Juga: Buyung Poetra (HOKI) Raih Penjualan Beras Sehat Rp 7,21 Miliar pada Kuartal III-2024
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News