September
16
2020
     14:12

Tinjau Posko Aman Bersama Gojek, Kadishub Kota Makassar : Program J3K Gojek Konsisten Lindungi Mitra & Konsumen

Tinjau Posko Aman Bersama Gojek, Kadishub Kota Makassar : Program J3K Gojek Konsisten Lindungi Mitra & Konsumen

Makassar, 15 September 2020 - Kesehatan dan keselamatan mitra driver dan konsumen merupakan prioritas utama Gojek. Mengerti bahwa hal ini merupakan hal terpenting dalam upaya menekan penyebaran Covid-19, Gojek menggalakan inisiatif J3K (Jaga Kesehatan, kebersihan & Keamanan).

Inisiatif J3K ini juga merupakan upaya Gojek dalam memastikan seluruh ekosistem termasuk mitra dan pelanggan dapat tetap beraktivitas dan menjalani keseharian dengan produktif. Dengan mengusung inisiatif J3K, Gojek memperkuat standar pelayanannya dengan menerapkan protokol kesehatan yang merujuk pada rekomendasi Kementerian Kesehatan RI dan Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Upaya-upaya J3K yang Gojek lakukan demi mewujudkan hal tersebut adalah sebagai berikut:

Posko Aman J3K Bagi Mitra Driver

Penyediaan Posko Aman J3K merupakan wujud upaya berkelanjutan Gojek dalam memastikan mitra driver selalu berada dalam kondisi sehat dan kendaraannya senantiasa di-disinfeksi. Sehingga prinsip keamanan, kebersihan dan kesehatan bersama dapat dijaga untuk dapat memberikan layanan terbaik kepada konsumen.

Posko Aman J3K di Indonesia beroperasi di lebih dari 170 lokasi yang tersebar di kota-kota besar di Indonesia. Posko dioperasikan oleh petugas terlatih, termasuk diantaranya mitra driver yang tergabung dalam komunitas-komunitas. Hal ini dilakukan untuk memperluas jangkauan layanan sekaligus memberikan pendapatan tambahan bagi Mitra Gojek.

Untuk Posko Aman Bersama Gojek di Makassar ada di dua titik, yakni di SPBU, Jl.Sultan Alauddin (samping MAN 2 MODEL Makassar) dan Area Parkir Begos, Jl. Perintis Kemerdekaan. Posko Aman Bersama Gojek ini beroperasional dari Senin-Sabtu pukul 08.00 -17.00. Kurang lebih 1.200 Mitra GoRide dan GoCar mengunjungi Posko Aman Bersama Gojek untuk melakukan pengecekan suhu tubuh yang wajib dilakukan seminggu sekali, pembagian paket kesehatan (masker, hand sanitizer, hairnet, serta sekat pelindung dan penyemprotan desinfeksi kendaraan.

Secara bertahap, mitra driver diwajibkan untuk datang ke Posko Aman J3K yang tersebar di berbagai kota. Dengan tetap menjaga jarak fisik (physical distancing), di posko ini, mitra akan mendapat tiga jenis layanan, yang dilakukan secara drive thru, sebagai langkah nyata kami membantu menekan penyebaran virus corona:

Pengecekan suhu tubuh

Pengecekan suhu tubuh mitra driver dilakukan secara berkala, minimal satu minggu sekali dan akan dicatat dalam sistem. Pencatatan dilakukan untuk memastikan seluruh mitra driver yang bertugas, senantiasa dalam keadaan sehat.

Pembagian healthy kit (paket kesehatan)

Pembagian paket kesehatan ini dilakukan tiap bulan, di mana setiap mitra driver mendapatkan 1 paket yang terdiri dari masker dan hand sanitizer. Sebelumnya jutaan masker, vitamin dan hand sanitizer telah didistribusikan kepada ratusan ribu mitra driver di 90 kota di seluruh Indonesia.

Penyemprotan kendaraan dengan disinfektan

Setiap kali mitra driver mengunjungi Posko Aman J3K, kendaraan mereka akan disemprot dengan cairan disinfektan.

Informasi mengenai pengecekan suhu tubuh mitra driver dan status desinfeksi kendaraannya dapat dilihat di profil mitra driver yang dapat diakses saat melakukan pemesanan layanan GoRide/GoCar, GoSend dan GoFood.

Menyampaikan Edukasi Secara Rutin Kepada Mitra Driver Gojek

Tidak hanya menyediakan Posko Aman J3K, kami juga secara rutin memberikan imbauan dan edukasi kepada para mitra driver agar tetap menjaga kesehatan serta keselamatan, antara lain:

? Mengingatkan mitra driver untuk beristirahat yang cukup, terutama ketika merasa tidak enak badan.

? Menerapkan perilaku hidup sehat dan bersih, seperti rajin mencuci tangan dengan sabun selama minimal 20 detik atau menggunakan hand sanitizer, dan menggunakan masker selama bertugas.

? Mengajak mitra driver menggunakan pakaian dan atribut yang bersih. Kami mengimbau mitra driver untuk mengenakan sarung tangan agar terhindar dari kontak fisik langsung dengan pelanggan dan membersihkan helm dengan menggunakan cairan desinfektan setiap kali pemakaian.

? Mengimbau mitra driver untuk menjaga kebersihan kendaraan,terutama di area motor yang sering terkena kontak fisik dengan mitra driver atau pelanggan. Beberapa area tersebut meliputi:

? Stang motor, rem tangan, jok, pegangan belakang jok, dan area lainnya untuk GoRide.

? Stir mobil dan jok duduk penumpang untuk GoCar.

? Mengimbau mitra driver agar lebih berhati-hati saat menjemput, mengantar, dan menurunkan pelanggan, dengan cara:

? mengurangi kontak fisik dengan pelanggan selama proses pengantaran,

? mengurangi percakapan dengan pelanggan sebagai tindak pencegahan.

Tak hanya di mitra driver, upaya Gojek memastikan keamanan dan kesehatan pada layanannya juga menjangkau konsumen. Gojek juga menghadirkan 'Zona NyAman J3K' di shelter dan titik jemput penumpang, yang berlokasi di area-area strategis seperti terminal bus, bandara maupun stasiun kereta api. Pada layanan GoFood, GoShop dan GoMart, Gojek juga telah mengaktifkan layanan pengantaran tanpa kontak langsung (contactless delivery) untuk menjaga kesehatan bersama.

Kami berharap, langkah proaktif ini dapat membantu seluruh lapisan masyarakat untuk beradaptasi dengan situasi sekarang. Dengan menerapkan protokol J3K bersama-sama, #PastiAdaJalan untuk membuat hidup lebih nyAman.

Zona NyAman J3k dan Shelter Gojek di Makassar ada di beberapa titik diantaranya, Trans Studio Mall, Phinisi Point, Pasar Segar

Head of Regional Corporate Affairs Gojek Mulawarman mengatakan “Sejak awal pandemi, Gojek telah memikirkan bagaimana menyediakan layanan yang memudahkan masyarakat tetapi tetap dapat memberikan rasa aman. Salah satunya inisiatifnya adalah dengan menyediakan Posko Aman Bersama Gojek beserta dengan aktifitas yang ada di dalamnya. Posko Aman Bersama Gojek ini merupakan standar layanan baru Gojek untuk mempersiapkan Mitra-Mitra Gojek sebelum beroperasional dengan mengedepankan protokol kesehatan. Dengan adanya inisiatif ini, Gojek berharap masyarakat dapat merasa aman dan dapat mengandalkan layanan kami.”

Inisiatif Gojek ini ditinjau langsung oleh Kepala Dinas Perhubungan Kota Makassar Mario Said dengan mengunjungi Posko Aman Bersama Gojek yang ada di SPBU di jalan Sultan Hasanuddin didampingi oleh District Head Gojek Makassar Adwin Pratama Anas. Dalam kunjungannya tersebut, Kadishub sempat berbincang dengan Mitra Gojek yang tengah melakukan protokol kesehatan J3K di Posko Aman Bersama Gojek sebelum mulai beroperasional.

Seluruh Inisiatif J3K Gojek untuk mendorong produktivitas di cara hidup baru mendapatkan tanggapan positif dari Kepala Dinas Perhubungan Kota Makassar Mario Said mengatakan “Saya kira ini bagus sekali, apa yang dilakukan oleh Gojek merupakan contoh yang baik. Dimana Gojek melakukan konsistensi penerapan protokol kesehatan bagi Mitra dan juga konsumennya.”

 


Release Terkini


2020 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved