June
10
2020
     12:20

Temasek Foundation dan Bank DBS Indonesia Memberikan Bantuan Pangan untuk Pekerja Harian Lepas dan Masyarakat

Temasek Foundation dan Bank DBS Indonesia Memberikan Bantuan Pangan untuk Pekerja Harian Lepas dan Masyarakat

Jakarta - Temasek Foundation (TF) bekerja sama dengan Bank DBS Indonesia menyediakan makanan siap saji bagi pekerja harian lepas dan masyarakat terdampak wabah COVID-19 guna memenuhi kebutuhan mereka sehari-hari. Penyerahan bantuan itu dilakukan secara simbolis oleh Temasek Foundation kepada Bank DBS Indonesia pada 4 Juni 2020 melalui konferensi video dan disaksikan Kedutaan Besar Singapura untuk Indonesia.

Bantuan tersebut akan disalurkan melalui Foodbank of Indonesia (FOI) dan Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI). Bantuan tersebut terdiri atas 3.700 porsi makanan, yang disalurkan melalui FOI, dan 1.400 paket sembako atau setara dengan lebih dari 66.000 porsi makanan, yang disalurkan melalui KSBSI. Bantuan disalurkan di Provinsi DKI Jakarta dan Provinsi Jawa Barat.

“Ini adalah masa sulit. Penting bagi negara, masyarakat dan komunitas bersatu padu dalam menghadapi tantangan yang ditimbulkan COVID-19. Dalam kaitan itu, kerja sama TF dengan Bank DBS Indonesia menyatukan dua lembaga, yang masing-masing memiliki rekam jejak baik dalam melakukan kerja sama aktif dengan komunitas di Indonesia. Bantuan hari ini dari TF dan Bank DBS Indonesia juga mencerminkan semangat gotong royong, dan akan melengkapi upaya bisnis lain dan lembaga masyarakat, termasuk yang memiliki kaitan dengan Singapura, dalam membantu masyarakat Indonesia, yang terdampak COVID-19,” ujar Duta Besar Singapura untuk Indonesia H.E Anil Kumar Nayar.

Kerja sama Bank DBS Indonesia dengan berbagai pihak diharapkan mendorong semakin banyak pihak lain ikut membantu masyarakat terdampak wabah COVID-19. “Semangat DBS Group, ‘Stronger Together’, diterjemahkan ke dalam bentuk gotong-royong dan berbagi untuk mengurangi dampak wabah COVID-19. Oleh karena itu, mari kita bersama-sama menyalurkan bantuan kepada pekerja harian lepas, yang menghadapi tantangan berat selama wabah COVID-19 ini,” kata Presiden Direktur PT Bank DBS Indonesia Paulus Sutisna.

"Pada masa penuh ketidakpastian seperti saat ini, kita perlu tetap bersatu dan bekerja sama untuk membantu yang terdampak wabah COVID-19 agar mereka lebih kuat. Kami berterima kasih atas kesempatan bermitra dengan Bank DBS Indonesia, Foodbank of Indonesia, dan Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia dalam kegiatan bermakna ini dan kami berharap upaya kolektif kami dapat mengurangi beban masyarakat dalam melalui masa sulit," kata Chief Executive Temasek Foundation International Benedict Cheong.

Sebagai serikat buruh terbesar di Indonesia, KSBSI memainkan peran penting dalam menjaga kesejahteraan buruh di Indonesia. “Kami sangat menghargai dan merasa terhormat dapat dipercaya oleh Temasek Foundation dan Bank DBS Indonesia untuk menyalurkan bantuan paket sembako dan makanan siap saji kepada pekerja harian lepas, yang kehilangan pendapatan karena wabah COVID-19,” kata Presiden Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia Elly Rosita Silaban.

Senada dengan itu, Founder Foodbank of Indonesia, Hendro Utomo mengatakan, “Bantuan yang diberikan oleh Temasek Foundation dan Bank DBS Indonesia sangat bermanfaat bagi mereka yang sekarang kehilangan pekerjaannya maupun yang saat ini berkurang peminat dagangannya. Terima kasih juga untuk kepercayaan yang diberikan kepada FOI yang berjuang membuka akses pangan bagi masyarakat terbawah agar mereka mendapatkan hak dasar atas pangan dan bekerja dengan baik. Hal itu adalah esensi gerakan “Mereka Butuh Kita” yang kami suarakan. Hal ini juga menjadi model kerja sama bertetangga antara rakyat Singapura yang diwakili Yayasan Temasek, sektor swasta yang diwakili Bank DBS Indonesia, dan CSO seperti FOI bagi rakyat Indonesia, untuk bersama mengelola persoalan sosial saat ini dan di masa depan.”

Bank DBS Indonesia juga mengajak seluruh nasabah untuk turut dalam penggalangan bantuan melalui Yayasan Benih Baik Indonesia. Setiap donasi akan digandakan oleh Bank DBS Indonesia, maksimal Rp1.000.000/donasi. Donasi itu akan digunakan untuk pengadaan sembako untuk pekerja harian lepas melalui KSBSI. Nasabah yang ingin ikut dapat mengunjungi www.benihbaik.com/campaign/dbsdonasi hingga 30 Juni. Sebelumnya pada pertengahan Mei lalu, Bank DBS Indonesia telah memberikan donasi senilai SGD2,5 juta atau setara dengan 26,2 miliar Rupiah dalam bentuk peralatan medis dan paket sembako untuk membantu pemerintah menghadapi COVID-19. Bantuan peralatan medis tersebut diserahkan melalui Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi. Rangkaian donasi yang diberikan oleh DBS Group ini, tergabung dalam kampanye “DBS Stronger Together Fund”.

Tentang DBS

DBS adalah grup jasa keuangan terkemuka di Asia, dengan kehadiran di 18 pasar, berkantor pusat dan terdaftar di Singapura, memiliki pertumbuhan dalam tiga sumbu pertumbuhan utama Asia: Cina, Asia Tenggara, dan Asia Selatan. Peringkat kredit "AA-" dan "Aa1" bank DBS termasuk yang tertinggi di dunia.

DBS, yang dikenal dengan kepemimpinan globalnya, telah dinobatkan sebagai “World’s Best Bank” oleh Euromoney, “Global Bank of the Year” oleh The Banker dan “Best Bank in the World” oleh Global Finance. Bank DBS berada di garis terdepan dalam memanfaatkan teknologi digital untuk membentuk masa depan perbankan, yang diberi nama “World’s Best Digital Bank” oleh Euromoney. Selain itu, DBS telah mendapatkan penghargaan “Safest Bank in Asia” dari Global Finance selama sebelas tahun berturut-turut sejak 2009 hingga 2019.

DBS menyediakan berbagai layanan lengkap untuk nasabah, SME dan juga perbankan perusahaan. Sebagai bank yang lahir dan dibesarkan di Asia, DBS memahami seluk-beluk berbisnis di pasar paling dinamis di kawasan. DBS bertekad membangun hubungan langgeng dengan nasabah, dan berdampak positif terhadap masyarakat melalui dukungan perusahaan sosial dengan cara bank-bank Asia. DBS juga telah mendirikan yayasan dengan total dana senilai SGD 50 juta untuk memperkuat upaya tanggung jawab sosial perusahaan di Singapura dan di seluruh Asia.

Dengan jaringan operasional ekstensif di Asia dan menitikberatkan pada keterlibatan dan pemberdayaan stafnya, DBS menyajikan peluang karir yang menarik. Bank DBS mengakui gairah, tekad, dan semangat 28.000 karyawannya, yang mewakili lebih dari 40 kebangsaan. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi www.dbs.com.

Tentang Temasek Foundation

Temasek Foundation mendukung program yang mengangkat kehidupan dan komunitas di Singapura dan di luar Singapura. Yayasan itu bertujuan memperkuat ketahanan sosial, mendorong pertukaran internasional dan meningkatkan kemampuan kawasan, serta memajukan ilmu pengetahuan dan alam untuk dunia berkelanjutan.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.temasekfoundation.org.sg.

Tentang KSBSI

Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia, disingkat KSBSI, adalah wadah perjuangan buruh, yang berdiri pada 25 April 1992. KSBSI, semula bernama Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia, pada kongres VIII pada 1999 mengubah namanya menjadi Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia, yang tetap disingkat KSBSI.

Organisasi itu memiliki 10 Federasi (sektor kerja), yang berafiliasi, serta dua lembaga eksekutif sebagai pelengkap organisasi untuk memperjuangkan keadilan, kesetaraan dan kesejahteraan buruh.

Tentang FOI

FOI hadir untuk membantu mengatasi kesenjangan pangan di masyarakat. Dalam praktiknya, FOI menjadi jembatan masyarakat berlebihan makanan dengan yang membutuhkan, seperti yang tertera pada Pembukaan UUD 1945 alinea 1 dan 2, bahwa bangsa yang merdeka adalah yang berdaulat atas pangannya dan mampu mengatur untuk membentuk impian masyarakat yang adil dan sejahtera. FOI juga mendukung negara dalam mencapai kedaulatan pangan seperti yang ditargetkan oleh SDGs (tujuan pembangunan berkelanjutan) nomor 2, yaitu mengakhiri kelaparan, mencapai ketahanan pangan, memperbaiki gizi dan meningkatkan pertanian berkelanjutan. Selain itu, mendukung SDGs nomor 12, yaitu pola produksi dan konsumsi bertanggung jawab.


Release Terkini


2020 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved