November
01
2017
     17:36

Tandai Pertumbuhan Positif Industri Digital Indonesia, M Cash Integrasi Mencatatkan Sahamnya Senilai Lebih dari Rp 300 M

Tandai Pertumbuhan Positif Industri Digital Indonesia, M Cash Integrasi Mencatatkan Sahamnya Senilai Lebih dari Rp 300 M

Jakarta, 1 November 2017 – PT M Cash Integrasi Tbk (MCI), hari ini membuat sejarah baru di lantai bursa dengan mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI) sebagai startup digital distribution champion pertama di Indonesia yang meraih lebih dari Rp 300 Milyar lewat Initial Public Offering (IPO) di BEI. Momentum ini menandai pertumbuhan positif industri digital dan startup di Indonesia, yang juga ditunjukkan kelebihan permintaan (oversubscribed) saham MCI sebesar 10,69 kali. Terlebih lagi, tingginya minat para investor institusi baik lokal (62,3%) maupun asing (37,7%) terhadap saham MCI ditunjukkan dengan penawaran pooling untuk investor ritel yang mengalami oversubscribed sebesar 69,5 kali. Pencatatan perdana saham ini dihadiri oleh Bapak Triawan Munaf, Kepala Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF), Direksi PT Bursa Efek Indonesia, Komisaris dan Direksi PT M Cash Integrasi Tbk, Direksi Penjamin Emisi Efek, serta Undangan dan Lembaga dan Profesi Penunjang. Sebagai anak usaha PT Kresna Graha Investama Tbk, MCI menjadi startup digital distribution champion pertama di Indonesia.

“Sebagai negara dengan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara, Indonesia memiliki banyak sekali potensi yang dapat dikembangkan. Saat ini kami memiliki 1000 kios dan menargetkan 4.000 kios pada tahun 2018 dan 10.000 kios pada tahun 2020. Melalui IPO MCI ini kami ingin memperluas jangkauan kios digital kami ke seluruh lapisan masyarakat serta memberikan edukasi dan awareness kepada masyarakat akan model bisnis baru ini, yang akan memudahkan kebutuhan sehari-hari mereka. IPO ini menjadi salah satu milestone kami,” Martin Suharlie, Direktur Utama MCI menyampaikan.

Octavianus Budiyanto, Direktur Utama PT Kresna Sekuritas, selaku penjamin pelaksana emisi (underwriter) saham perseroan, menyampaikan, “Penawaran saham MCI mengalami oversubscribed sebesar 10,69 kali, bahkan penawaran pooling untuk investor ritel mengalami oversubscribed sebesar 69,5 kali. IPO ini menjadi momen yang sangat dinantikan oleh para investor retail yang ingin bergabung dengan investor institusi lokal maupun asing dari Hong Kong, Australia, US, dan Singapura, dengan anchor investor di antaranya PAG Asia Capital dan Maybank Asset Management,” tambahnya.

“Kami percaya bahwa masa depan berada di tangan para pemain industri digital. IPO MCI ini hanya sebagai awal dari perjalanan Kresna untuk lebih mendorong pertumbuhan industri startup dan digital di Indonesia, bahkan di tingkat global nantinya. Era baru telah dimulai, dan kami ingin mengambil peran di industri ini, yang tentunya mendorong perekonomian Indonesia. Bisnis digital ini merupakan lokomotif kami untuk mendukung digital economy di Indonesia. Selanjutnya, tiga anak usaha kami juga akan melakukan IPO, tidak hanya di Indonesia, namun juga di luar negeri. Salah satunya akan ada di semester 1 tahun 2018,” ungkap Michael Steven, Komisaris Utama MCI.

MCI melepas sebanyak 25% saham atau setara dengan 216,983,300 saham kepada investor publik. Sekitar 60% dana IPO saham MCI akan digunakan untuk modal kerja tahun depan, 30% akan digunakan untuk pembelian mesin, perangkat lunak, dan infrastruktur teknologi informasi, sedangkan 10% sisanya akan digunakan untuk peningkatan kompetensi perusahaan, termasuk Sumber Daya Manusia (SDM). PT Kresna Sekuritas dan PT Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk bertindak sebagai penjamin pelaksana emisi efek utama (lead underwriter) dari IPO tersebut.

Seiring dengan pertumbuhan digital yang cukup pesat di Indonesia, MCI memiliki visi untuk menjadi Digital Distribution Champion di Indonesia, memegang peran penting dalam ekosistem digital Indonesia yang merupakan salah satu pasar dengan pertumbuhan tercepat untuk produk digital. MCI mengembangkan suatu kios digital yang revolusioner, pertama di Indonesia, yang mampu mengeluarkan berbagai jenis kartu fisik, termasuk mobile SIM (Subscriber Identity Module) dan e-money dengan registrasi secara otomatis, selain berbagai fitur-fitur menarik lainnya, seperti: top up pulsa telepon, pembayaran tagihan rutin, mall/mart directory, iklan (co-branding), berbagai voucher dan bentuk promosi lainnya, flash sales points, transaksi e-commerce dan berbagai produk digital lainnya.

Tentang PT M Cash Integrasi Tbk. (MCI)

M Cash adalah perusahaan distribusi digital yang menyediakan lifestyle platform, dikembangkan untuk mempermudah kehidupan sehari-hari dan membantu masyarakat Indonesia dalam melakukan transformasi, dari gaya hidup konvensional menjadi gaya hidup digital. M Cash menggunakan model bisnis yang terintegrasi untuk memaksimalkan nilai melalui platform O2O (Online to Offline), aplikasi, dan sustainable IoT dengan teknologi terdepan untuk meningkatkan bisnis mitra kerja dan menyediakan kenyamanan bagi para pengguna. M Cash mengembangkan kios digital dan layanan solusi IT yang inovatif yang menawarkan berbagai produk digital, seperti top up, multi-billers, travel bookings, e-ticket, dan voucher digital lainnya.

Informasi lebih lanjut, silakan mengunjungi http://www.mcash.id

Tentang PT Kresna Graha Investama, Tbk

Halaman   1 2 Show All

Release Terkini

No Release Found

Terpopuler


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved