September
09
2021
     08:44

Standard Chartered Luncurkan Solusi Penagihan Dana Digital untuk Bantu Perusahaan Tangkap Peluang Ekonomi Digital

Standard Chartered Luncurkan Solusi Penagihan Dana Digital untuk Bantu Perusahaan Tangkap Peluang Ekonomi Digital

Jakarta, 8 September 2021 – Standard Chartered Bank Indonesia (“Bank”) meluncurkan Straight2Bank Pay (S2B Pay) sebagai gerbang digital global tunggal bagi perusahaan di Indonesia untuk melakukan penagihan dana dengan berbagai metode. Sebagai salah satu dari beberapa bank internasional pertama di Indonesia yang memperkenalkan layanan komprehensif tersebut, Standard Chartered menawarkan beberapa pilihan pembayaran gabungan melalui kemitraan dengan pemain terkemuka di bidang pembayaran, dan koneksi langsung ke skema pembayaran instan di seluruh negara yang dilayani oleh Bank.

S2B Pay juga mendukung perdagangan digital lintas batas di seluruh saluran penjualan perusahaan, termasuk penjualan online (eCommerce), penjualan melalui aplikasi seluler (mCommerce), pembayaran secara digital saat pengiriman/di dalam toko, tautan pembayaran, penyajian tagihan, dan penagihan berbasis faktur.

Pandemi COVID-19 telah mempercepat adopsi digital yang mendorong cepatnya pertumbuhan opsi pembayaran dan peningkatan nilai transaksi yang signifikan. Pada tahun 2020 transaksi pembayaran digital meningkat, dengan lebih dari 70,3 miliar transaksi pembayaran real-time diproses secara global, meningkat 41% dibandingkan tahun 20191.

Bank Indonesia mencatat nilai transaksi uang elektronik pada Juli 2021 mencapai Rp25,4 triliun atau tumbuh 57,71% (yoy). Volume transaksi digital banking juga terus meningkat dengan mencapai 649,8 juta transaksi atau tumbuh 56,07% (yoy) pada Juli 20212. Dengan laju transaksi digital yang makin cepat, penting untuk memastikan bahwa semua metode pembayaran diakomodasi untuk mendukung penjualan online, terutama untuk proses penagihan hasil penjualan.

Banyak perusahaan ditantang untuk dapat mengikuti digitalisasi proses penagihan dana dan permintaan pelanggan yang terus meningkat agar perusahaan go digital. Menurut survei digital Standard Chartered yang dilakukan pada Agustus 2020, 80% orang di Indonesia sekarang mengharapkan untuk sepenuhnya tidak lagi menggunakan uang tunai, dengan mayoritas masyarakat mengharapkan transisi ini terjadi pada tahun 2025.

Peluncuran S2B Pay di Indonesia juga sejalan dengan salah satu inisiatif utama Bank Indonesia yang tertuang dalam Cetak Biru Sistem Pembayaran Indonesia 2025, yaitu memperkuat konfigurasi sistem pembayaran ritel. S2B Pay melengkapi inisiatif ini karena berkontribusi untuk memajukan pengembangan infrastruktur yang mendukung ketersediaan layanan pembayaran (termasuk penagihan) secara real time, lancar, berlangsung 24 jam serta didukung dengan efisiensi dan keamanan menyeluruh tingkat tinggi

Hal ini juga sejalan dengan upaya Bank Indonesia untuk mendorong transformasi digital di industri perbankan untuk menopang peran bank sebagai institusi utama dalam ekonomi digital melalui penerapan solusi digital.

Melalui konektivitas langsung ke skema pembayaran instan di seluruh negara tempat Bank beroperasi, bersama dengan kemitraan dengan penyedia layanan pembayaran terkemuka dan pemain teknologi finansial, Standard Chartered melayani kebutuhan pengoleksian dana digital yang efisien bagi perusahaan.

Para nasabah korporasi sekarang dapat mengandalkan Bank sebagai penyedia tunggal layanan penagihan dana mereka – ini berarti mereka tidak perlu lagi membuat beberapa koneksi teknis, membuka banyak akun, menegosiasikan banyak kontrak atau melakukan uji tuntas pada banyak mitra, sehingga efisiensi operasional dan penghematan biaya perusahaan perusahaan dapat dicapai. S2B Pay juga membantu perusahaan Indonesia dengan menawarkan:

• Solusi tunggal untuk penagihan dana secara omni-channel yang mencakup berbagai metode pembayaran (termasuk pembayaran instan, eWallet, transfer bank, kartu) di berbagai negara
• Periode penyelesaian (settlement) yang lebih singkat melalui pembayaran instan dan pengurangan risiko operasional dan eksekusi, karena layanan dijalankan oleh bank
• Pelaporan standar dengan rekonsiliasi otomatis melalui laporan mutasi bank
• Jangkauan yang lebih luas sehingga memungkinkan perusahaan untuk memanfaatkan penjualan online demi meningkatkan pertumbuhan penjualan mereka dengan memperluas jangkauan mereka ke semua kota di Indonesia, serta ke negara lain. Saat ini, S2B Pay melayani 13 negara di seluruh Asia.

Halaman   1 2 Show All

Release Terkini

No Release Found

Terpopuler


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved