March
18
2021
     15:45

Sajikan Beragam Webinar Inspiratif, Salah Satu Cara BCA Mendampingi Pelaku UMKM

Sajikan Beragam Webinar Inspiratif, Salah Satu Cara BCA Mendampingi Pelaku UMKM

Jakarta, 10 Maret 2021 – PT Bank Central Asia Tbk (BCA) sebagai satuan sistem keuangan nasional terus berupaya memberikan nilai tambah bagi Indonesia, khususnya dalam rangka Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Masih dalam rangkaian BCA Expoversary Online 2021, BCA mengadakan sejumlah webinar inspiratif bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Salah satu webinar yang dilaksanakan adalah “Pembiayaan UMKM oleh Fintech dimasa Pandemi” di mana audience dibekali agar makin jeli dalam mengajukan pembiayaan. Merujuk data Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, sepanjang Mei-Juni 2020 yang merupakan fase awal Pandemi, terdapat peningkatan jumlah pelaku UMKM yang merambah ke bisnis online.

Bertindak sebagai pembicara Co-Founder & COO Modalku Iwan Kurniawan. Iwan mengatakan penggunaan layanan digital di Indonesia meningkat di masa Pandemi. “Lebih banyak konsumen menggunakan layanan e-commerce untuk membeli kebutuhan sehari-hari, yang sebelumnya tidak pernah terpikirkan di masa pre-covid.” Setidaknya ada lima besar layanan digital yang sering digunakan selama Pandemi, yaitu e-commerce, e-wallet, kesehatan, pendidikan, dan transportasi.

Dalam upaya pengembangan UMKM, BCA telah memberikan sejumlah pendampingan secara virtual seperti webinar ini. Selain itu juga penyaluran kredit bagi pelaku bisnis UMKM juga terus dilakukan terlebih di masa pandemi COVID-19. Per Desember 2020, BCA telah menyalurkan kredit sejumlah Rp77,17 triliun kepada pelaku UMKM.

Selain menyalurkan kredit dan memberikan pembinaan kepada UMKM, BCA juga bekerja sama dengan fintech peer-to-peer lending (P2P) yaitu Modalku sejak tahun 2019. Kerja sama ini telah membantu BCA dalam memberikan kemudahan akses pinjaman kepada berbagai pelaku UMKM yang belum terjangkau dan layak mendapatkan kesempatan untuk berkembang.

Sinergi yang dilakukan antara perbankan dan fintech merupakan bentuk kolaborasi harmonis yang diyakini dapat membantu kebangkitan UMKM. Penyaluran kredit modal menjadi salah satu yang sangat dibutuhkan oleh UMKM dalam berjuang melawan pandemi. Maka dari itu, perlu adanya kemudahan penyaluran ini melalui berbagai platform yang memadai.

“Harapannya dengan adanya webinar seperti ini dapat membantu siapa pun yang ingin memulai usaha mereka dan membuka kesempatan baru bagi fintech yang ingin berkolaborasi membantu UMKM. Semoga di tahun ke-64 BCA dapat terus menyalurkan kemudahan dan kenyamanan bertransaksi bagi seluruh UMKM di Indonesia,” tutup Petrus Karim, Ketua Panitia BCA Expoversary Online 2021.

Tentang PT Bank Central Asia Tbk (per 31 Desember 2020)

BCA merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial, UKM, dan konsumer. Pada akhir Desember 2020, BCA melayani 25 juta rekening nasabah dan memproses sekitar 32 juta transaksi setiap harinya, didukung oleh 1.248 kantor cabang, 17.623 ATM, serta layanan internet & mobile banking dan contact center Halo BCA yang dapat diakses 24 jam.

Kehadiran BCA didukung oleh sejumlah entitas anak yang berfokus pada pembiayaan kendaraan, perbankan Syariah, sekuritas, asuransi umum dan jiwa, perbankan digital, pengiriman uang, dan pemodal ventura. BCA berkomitmen untuk membangun relasi jangka panjang dengan nasabah, mengutamakan kepentingan Bersama, dan menciptakan dampak positif pada masyarakat luas. Dengan lebih dari 24.000 karyawan, visi BCA adalah untuk menjadi bank pilihan utama andalan masyarakat yang berperan sebagai pilar penting perekonomian Indonesia.

Halaman   1 2 Show All

Release Terkini

No Release Found

Terpopuler


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved