August
17
2020
     15:57

Rayakan Kemerdekaan, Bukalapak Ajak Masyarakat BerjuangBareng dengan Bela Produk Lokal

Rayakan Kemerdekaan, Bukalapak Ajak Masyarakat BerjuangBareng dengan Bela Produk Lokal

Jakarta, 17 Agustus 2020 - Pandemi yang berdampak cukup signifikan terhadap sektor UMKM mendesak para UMKM tanah air untuk terus beradaptasi dan berinovasi dengan kondisi pasar. Salah satunya, dengan bergabung dan memaksimalkan penjualan lewat platform dagang-el yang selama masa pandemi menjadi alternatif masyarakat untuk memenuhi kebutuhan.

Mengutip Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki pada salah satu keterangan resminya, saat ini baru 13 persen atau 8 juta pelaku UMKM yang terhubung secara online, sehingga diperlukan pendampingan, pelatihan digital marketing, serta kerja sama dengan sektor usaha besar.

Situasi ini terus memacu Bukalapak untuk mengajak semakin banyak lagi pelaku UMKM untuk dapat memanfaatkan keberadaan marketplace untuk memperluas jangkauan bisnis dan mendapatkan sokongan pendapatan, salah satunya melalui program terkini, Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia yang diluncurkan pada Mei 2020 lalu.

CEO Bukalapak Rachmat Kaimuddin, melalui video #BerjuangBareng yang diluncurkan secara khusus oleh Bukalapak dalam rangka HUT Indonesia yang ke-75, mengatakan, “Meskipun tahun ini bangsa Indonesia harus merayakan kemerdekaan dengan cara yang tidak seperti biasanya, kami di Bukalapak tetap mengibarkan tekad bahwa kita akan tetap merdeka dari rasa pesimis.

Dengan keberadaan 90 juta pengguna, 6 juta Pelapak dan 5 juta Mitra Bukalapak dan dukungan seluruh masyarakat Indonesia mari kita bersama membangun ekonomi negeri ke arah yang lebih baik.”

Seperti misi Bukalapak untuk menciptakan “Fair Economy For All” atau keadilan ekonomi untuk semua, Bukalapak mengajak masyarakat untuk memanfaatkan teknologi dan keberadaan marketplace untuk membuat peluang yang lebih baik dan mendukung ketahanan ekonomi di tengah pandemi.

Lebih lanjut, Rachmat menambahkan partisipasi masyarakat pada gerakan Bangga Buatan Indonesia dapat menjadi upaya gotong royong yang berdampak pada keberlangsungan UMKM nasional. “Kualitas produk semakin baik, preferensi selera lokal yang semakin meluas, dan beragamnya inovasi untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat menjadi kesempatan bagi para produsen lokal untuk menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

Hal yang sama juga berlaku bagi konsumen, mari kita sama - sama membuat aksi nyata untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dengan cara membela produk lokal dan meningkatkan konsumsi barang dalam negeri.

Saat ini, Bukalapak menerima antusiasme yang tinggi dari masyarakat untuk program Bangga Buatan Indonesia dengan terus bertambahnya pelaku UMKM yang bergabung dan jumlah barang yang dipasarkan pada setiap harinya. Selain itu, Pengguna juga dapat menikmati berbagai penawaran menarik khusus transaksi produk lokal mulai dari bahan makanan, barang-barang fashion, produk rumah tangga, hingga perlengkapan bersepeda, berupa diskon dan gratis ongkir.

“Untuk meningkatkan gairah belanja barang produk lokal, kami memberikan diskon hingga 50% dan gratis ongkos kirim untuk para pahlawan produk lokal ini, selain itu di internal Bukalapak, kami juga membuat program Rabu Lokal, dimana kami mengajak seluruh karyawan untuk memakai dan  produk lokal (minimal) di hari Rabu,”papar Rachmat.

Halaman   1 2 Show All

Release Terkini

No Release Found

Terpopuler


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved