November
19
2021
     11:46

Pertamina Mandalika International Street Circuit Lulus Homologasi

Pertamina Mandalika International Street Circuit Lulus Homologasi

The Mandalika, 19 November 2021 – Pertamina Mandalika International Street Circuit di Lombok, NTB, telah lulus homologasi oleh Feìdeìration Internationale de Motocyclisme (FIM).

Berdasarkan hasil inspeksi lapangan yang dilakukan FIM pada Kamis (18/11) lalu, Sirkuit baru yang dimiliki oleh PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) dan dikelola oleh Mandalika Grand Prix Association (MGPA) selaku bagian dari ITDC Group ini, dinyatakan layak digunakan untuk penyelenggaraan ajang balap MOTUL FIM Superbike World Championship (WSBK) 2021.

Direktur Utama MGPA Ricky Baheramsjah menyampaikan, "Ini adalah kabar gembira bagi kita semua dan sebuah kebanggaan yang besar mengingat sirkuit ini adalah sirkuit yang baru. Kita telah membuktikan bahwa sirkuit ini layak dan memiliki kualitas yang memenuhi syarat untuk menggelar event balap motor internasional. Pembangunan sirkuit juga dilakukan dengan cepat yaitu memakan waktu hanya 14 bulan. Kami berterima kasih atas dukungan semua pihak sehingga kita dapat mencapai prestasi ini.”

Ricky menambahkan, ”Dengan selesainya homologasi, memacu semangat kita untuk semakin all out dalam menggelar rangkaian balapan WSBK yang mulai berlangsung hari ini. Saat ini, seluruh peralatan siap dan lengkap, perangkat penyelenggara dan pendukung balapan juga sudah siap. Kami mohon doa dan dukungan agar event ini berjalan lancar dan sukses.”

Sebagai informasi, mulai hari ini akan berlangsung rangkaian balapan IATC dan WSBK. Adapun agenda balapan adalah Jumat (19/11), mulai 09.00 hingga 16.15 WITA, berupa 6 sesi free practice IATC dan WSBK, serta IATC race 1. Pada Sabtu (20/11) terdapat 8 sesi, termasuk IATC race 2 & 3, The Supersport World Championship (WorldSSP) race 1, WSBK free practice dan race 1, yang dimulai pukul 09.00 hingga 16.30 WITA. Sementara Minggu, 21 November 2021 yang akan berlangsung dari pukul 09.00 WITA hingga 16.15 WITA, terdiri dari 7 sesi termasuk IATC race 4, WSSP race 2, final race WSBK, serta Winners’ Awards Presentation.

Tentang ITDC

PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) merupakan BUMN yang memiliki lini bisnis membangun dan mengembangkan kawasan pariwisata di Indonesia. Selama 47 tahun, Perseroan telah membangun dan mengelola The Nusa Dua, kawasan pariwisata terpadu seluas 350 ha yang berlokasi di Bali bagian selatan, yang menjadi salah satu kawasan pariwisata terbaik di dunia.

Dengan infrastruktur, akomodasi, dan fasilitas pertemuan yang berstandar internasional, membuat kawasan ini menjadi tuan rumah berbagai event resmi berskala internasional seperti APEC 2013, Bali Democratic Forum, Miss World 2013, dan IMF-World Bank Group Annual Meetings 2018.

Sejalan dengan strategi Pemerintah untuk meningkatkan sektor pariwisata menjadi sumber utama devisa negara dengan meningkatkan kunjungan wisatawan asing ke Indonesia, ITDC ditugaskan untuk mengembangkan destinasi pariwisata di luar Pulau Bali. Dengan dukungan Pemerintah, ITDC memperoleh hak untuk mengembangkan dan mengelola kawasan pariwisata di KEK Mandalika/The Mandalika di Lombok Tengah, NTB, dengan luas 1.175 hektar. The Mandalika memiliki 16km garis pantai yang indah dan dikelilingi bukit-bukit yang hijau, serta merupakan satu dari sepuluh destinasi pariwisata prioritas atau ‘Bali Baru’ yang ditetapkan Pemerintah.


Release Terkini

No Release Found

Terpopuler


2022 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved