September
16
2020
     10:20

Pertama Kali di Indonesia, Bukalapak Lengkapi Pelapak dengan Fitur Canva untuk Tingkatkan Daya Saing UMKM

Pertama Kali di Indonesia, Bukalapak Lengkapi Pelapak dengan Fitur Canva untuk Tingkatkan Daya Saing UMKM

Jakarta, 15 September 2020 – Demi mendukung peningkatan daya saing pelaku UMKM di tengah pandemi, di mana antusiasme masyarakat terhadap transaksi online meningkat, Bukalapak menggandeng Canva, platform desain asal Australia, penyedia fitur khusus yang dapat memudahkan para pelapak menambahkan berbagai elemen desain pada foto produk ketika hendak diunggah ke lamannya sehingga terlihat semakin menarik dan profesional.

Fitur ini dinamakan “Mempercantik Gambar dengan Canva” dan dapat digunakan di Seller Center secara gratis. Bukalapak adalah platform pertama yang menambahkan sarana ini sebagai bagian dari fitur platformnya di Indonesia.

Kurnia Rosyada, VP Marketplace Bukalapak mengatakan, “Gambar produk tentunya memegang peranan penting dalam strategi pemasaran karena bisa membantu menarik sebanyak - banyaknya pelanggan. Melalui fitur ini, kami berharap dapat membantu 6 juta Pelapak kami untuk terus meningkatkan penjualan, terutama di momen seperti sekarang di mana pemenuhan kebutuhan melalui platform online menjadi bagian dari tatanan hidup baru”.

Bukalapak sendiri mencatat kenaikan transaksi hingga 25% di semester pertama tahun ini dibandingkan dengan semester pertama tahun sebelumnya. Di awal Pandemi pada bulan Maret hingga Juni, produk kesehatan, alat penunjang kesehatan serta alat pendukung bekerja dari rumah menjadi produk yang paling banyak dicari oleh pelanggan di Bukalapak.

Kategori fashion dan makanan serta barang - barang pokok menjadi kategori produk yang paling banyak dicari beberapa bulan belakangan ini. Selain itu, tentunya kategori makanan, produk kesehatan, barang rumah tangga dan hobi menjadi kategori produk yang paling diminati diikuti dengan sepeda dan motor yang mengalami peningkatan yang sangat signifikan.

“Seiring dengan tren transaksi online yang meningkat, kami ingin para Pelapak kami dapat memanfaatkan tren ini dengan daya saing bisnis yang terus berkembang”, tambah Kurnia.

Kolaborasi ini juga bagian dari strategi Bukalapak untuk mewujudkan misinya, yaitu menciptakan “A Fair Economy for All”, di mana seluruh pelaku UMKM Indonesia dapat mengoptimalkan platform Bukalapak untuk meningkatkan kapasitas bisnisnya melalui teknologi. Hal ini meliputi dukungan di aspek logistik, metode pembayaran, modal usaha,  investasi, produk virtual, hingga peningkatan kemampuan bisnis melalui program pelatihan dan pemberdayaan.  

Untuk terus mengajak pelaku UMKM dalam negeri memanfaatkan Bukalapak untuk berjualan, Bukalapak senantiasa menjaga jumlah kategori yang cukup pada SKU yang ditawarkan dan secara aktif menjamin harga terbaik bagi para pengguna.

Informasi lengkap mengenai penggunaan fitur Canva bagi pelapak dapat dilihat di Mempercantik Gambar dengan Canva.

Tentang Bukalapak

Kami adalah perusahaan teknologi berbasis di Indonesia yang memfokuskan diri untuk membantu menciptakan kesetaraan perekonomian untuk seluruh masyarakat. Melalui platform perdagangan, baik di online maupun offline, kami ingin memberikan pilihan dan kesempatan untuk semua orang agar dapat hidup dengan lebih baik.

Sejak tahun 2010, kami telah melayani lebih dari 6 juta Pelapak (online sellers), 5 juta Mitra Bukalapak serta 90 juta pengguna, dan pada tahun 2017 kami resmi menjadi unicorn. Untuk melengkapi layanannya, sejak 2016, kami juga meluncurkan salah satu lini bisnis B2B e-procurement melalui BukaPengadaan Indonesia (BPI).

Kami juga selalu mencurahkan pemikiran dan kegiatan kami untuk membantu meningkatkan kapasitas UMKM Indonesia, dan sebagai salah satu apresiasi dari pemerintah akan fokus kerja kami, dua pendiri kami dianugerahi Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya dari Pemerintah Indonesia pada tahun 2016 (Achmad Zaky) dan 2019 (Fajrin Rasyid) atas kontribusinya pada bangsa.  

Beberapa pengakuan terhadap kinerja kami juga termasuk diantaranya berasal dari Financial Times sebagai perusahaan dengan tingkat pertumbuhan tertinggi ke-14 di Asia Pasifik, dan kami juga mendapatkan penghargaan dari HR Asia sebagai Best Companies to Work For di tahun 2019, dan dinobatkan sebagai The Best Contact Center Indonesia tahun 2018 dan 2019 oleh Indonesia Contact Center Association (ICCA).

 


Release Terkini


2020 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved