September
10
2021
     16:47

Percepat Penyerapan Anggaran, Menkominfo: Government Spending Gerakkan Ekonomi Nasional

Percepat Penyerapan Anggaran, Menkominfo: Government Spending Gerakkan Ekonomi Nasional

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan, situasi dan tantangan pandemi Covid-19 mendorong pemerintah untuk terus menyatukan langkah dalam mempercepat belanja dan pemanfaatan anggaran tahun 2021. Menurutnya, percepatan itu perlu dilakukan agar dapat mendukung pergerakan ekonomi nasional, menjadi daya ungkit kesejahteraan bangsa, dan memberikan manfaat yang tepat sasaran juga tepat guna bagi masyarakat Indonesia.

“Government spending harus menjadi stimuli dan Kementerian Kominfo perlu meningkatkan kecepatan dan percepatan realisasi serta daya serap anggaran untuk mendorong likuiditas perekonomian masyarakat,” ujarnya dalam Rapat Koordinasi Keuangan Kementerian Kominfo Tahun 2021, dari Jakarta, Kamis (09/09/2021).

Satu tahun lebih melewati pandemi Covid-19, menurut Menteri Johnny laju aktifitas masyarakat di berbagai sektor telah banyak berubah. Merespons perubahan itu, Pemerintah Indonesia melakukan refocusing kegiatan dan realokasi anggaran untuk mempercepat penanganan pandemi melalui pemulihan kesehatan dan kebangkitan ekonomi nasional.

“Pemerintah menetapkan bahwa belanja infrastruktur akan diarahkan untuk memperkuat infrastruktur digital, mendorong efisiensi logistik, dan memperluas konektivitas,” jelasnya.

Menkominfo menegaskan ketersediaan infrastruktur dan layanan digital menjadi semakin krusial, terlebih di tengah pandemi Covid-19.

“Mengingat saat ini, koneksi internet sudah menjadi kebutuhan primer masyarakat. Percepatan transformasi digital menjadi keharusan untuk meningkatkan internet link rasio, memperkecil disparitas digital, to bridge the digital divide, menghubungkan yang belum terhubung tanpa meninggalkan yang lain,” tandasnya.

Alokasi 87% untuk Program Prioritas

Kementerian Kominfo sebagai regulator, fasilitator, dan akselerator transformasi digital memegang peran penting dalam pelaksanaan dan penggunaan anggaran secara akuntabel dan kredibel melalui pendekatan good governance.

Menurut Menteri Johnny, dalam tahun anggaran 2021 setelah beberapa kali mengalami perubahan DIPA, Kementerian Kominfo mendapat PAGU sebesar Rp23,97 triliun atau hampir tiga kali lipat lebih besar dibandingkan anggaran tahun 2020 sebesar Rp8,09 triliun.

“Untuk mendorong pelaksanaan agenda akselerasi transformasi digital indonesia, 87% anggaran tahun ini dialokasikan untuk membiayai berbagai program prioritas, yang mendukung transformasi digital nasional,” ujarnya.

Halaman   1 2 Show All

Release Terkini


2021 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved