September
12
2017
     18:51

Peran Serta Indonesia Eximbank dalam The 14th China-Asean Expo (CAEXPO) 2017

Peran Serta Indonesia Eximbank dalam The 14th China-Asean Expo (CAEXPO) 2017

Nanning, 12 September 2017–Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau Indonesia Eximbank ikut berperan serta dalam pameran dagang the 14th China-ASEAN Expo (CAEXPO) 2017 di Nanning, Tiongkok. Pameran ini bersifat rutin setiap tahunnya yang bertujuan sebagai platform ‘business matching’ antara pelaku usaha dari 10 negara di Kawasan ASEAN dan importir dari Tiongkok selaku tuan rumah. Perwakilan dari Indonesia adalah Pemerintah Indonesia yaitu Kementerian Perdagangan dalam hal ini Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (DJPEN) yang mengirim sebanyak 52 eksportir nasional, serta Indonesia Eximbank. Eksportir Indonesia yang berpartisipasi antara lain bergerak di sektor makanan dan minuman, consumer good, home decoration dan furnitur.

“Kita  harus  gencar  promosi  ekspor  ke  Tiongkok  untuk  menyeimbangkan  hubungan  perdagangan  Indonesia dengan Tiongkok. Mengacu pada target ekspor tahun ini, strategi pengembangan pasar  ekspor  produk  Indonesia  di  Tiongkok  menjadi  hal  yang  kita  perhatikan,”  tegas   Dirjen  Pengembangan  Ekspor  Nasional  (PEN) Kemendag,  Arlinda  di sela  kunjungan  kerja  ke  Nanning,  Republik Rakyat Tiongkok (10 /9).

Dalam pameran CAEXPO ke 14 ini, Indonesia Eximbank bersama Kementerian Perdagangan menempati paviliun city of charm dengan luas 108m2. Pada paviliun ini ditampilkan kebudayaan tanah air berupa tarian dan pengenalan pariwisata Indonesia. Untuk booth bagi 52 eksportir nasional akan berada di paviliun Indonesia dengan luas 2.160m2. Kehadiran Indonesia Eximbank merupakan perwujudan komitmen institusi untuk mendukung setiap langkah promosi dagang Pemerintah baik dalam bentuk Pameran, Misi Dagang dan Misi Pembelian.

“Peluang  dalam  CA Expo ini dapat memberikan  kesempatan  baik  untuk  mem ulai  interaksi  bisnis,  memperluas   pasar   di   Tiongkok,   dan   meningkatkan   perdagangan   ekspor   Indonesia,” tandas    Arlinda.

Menurut Arlinda dengan adanya upaya promosi ekspor ke Tiongkok, para pelaku usaha  Indonesia diharapkan mampu mengembangkan pasarnya di Tiongkok secara mandiri.

Sementara itu, Indra W. Supriyadi, Direktur Pelaksana Indonesia Eximbank yang membawahi unit Pembiayaan UKME serta Penjaminan dan Asuransi menyampaikan berharap kehadiran Indonesia Eximbank pada CAEXPO 2017 dapat membuat perdagangan antara Cina dan Indonesia lebih meningkat dan menguntungkan. Tiongkok dan ASEAN merupakan mitra dagang penting bagi Indonesia dengan nilai ekspor non migas masing-masing mencapai USD10,7 miliar dan USD18,2 miliar selama Jan-Juli 2017. Bagi Indonesia Eximbank, Tiongkok dan ASEAN adalah destinasi utama ekspor dari sejumlah debitur. Selama tahun 2016, terdapat 54 debitur yang memasarkan produk ekspornya ke Tiongkok dengan nilai penjualan mencapai USD1,1 miliar dengan komoditas terbesar adalah batubara, pulp, kertas, besi baja dan bahan kimia anorganik. Sementara ke ASEAN, sebanyak 75 debitur dengan nilai penjualan mencapai USD1,5 miliar dengan komoditas terbesar adalah kertas, perhiasan, mineral, CPO, dan bahan kimia organik. Peluang untuk melakukan diversifikasi produk ekspor ke kedua destinasi tersebut masih sangat terbuka.

Dalam pameran dagang ini, Indonesia Eximbank berkesempatan memperkenalkan peran institusi dan fasilitas yang dapat diberikan yakni produk-produk Pembiayaan, Penjaminan dan Asuransi Ekspor kepada pelaku usaha Tiongkok dan negara-negara ASEAN lainnya, terutama untuk overseas financing antara lain buyers credit. Manfaat lainnya mengikuti promosi ekspor ini adalah (i) mengetahui tren permintaan produk di Tiongkok dan ASEAN, (ii) mengidentifikasi persaingan produk Indonesia dengan negara ASEAN lainnya, (iii) menambah jejaring dan menjaga hubungan baik dengan pelaku usaha di negara-negara tersebut, dan (iv) pertemuan dengan distributor produk Indonesia dan pelaku usaha Indonesia yang telah membuka bisnis di Tiongkok. Sehingga pada gilirannya, Indonesia Eximbank dapat semakin mendukung penetrasi pasar melalui diversikasi produk yang bernilai tambah yang sejalan dengan mandat UU nomor 2/2009 dalam mendukung program ekspor nasional.

Sebelumnya, Indonesia Eximbank juga berpartisipasi dalam promosi ekspor lainnya yaitu misi dagang ke Nigeria dan Afrika Selatan, misi dagang ke Russia, dan Trade Expo Indonesia (TEI).

Ke depan, Indonesia Eximbank akan terus mendukung upaya Pemerintah dalam kegiatan promosi ekspor mengingat promosi sebagai ujung tombak untuk memperkenalkan barang dan jasa Indonesia di pasar Internasional. Harapannya, kinerja ekspor nasional dapat terus tumbuh dan semakin berkontribusi pada pertumbuhan industri dalam negeri dan perekonomian bangsa.

 


Release Terkini

No Release Found

Terpopuler


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved