February
24
2020
     16:51

Penjualan Ban SUV Meningkat, Hankook Tire Umumkan Pencapaian Kinerja Global Perusahaan Tahun 2019

Penjualan Ban SUV Meningkat, Hankook Tire Umumkan Pencapaian Kinerja Global Perusahaan Tahun 2019

Seoul, Korea, 20 Februari 2020 - Produsen ban global terkemuka, Hankook Tire minggu lalu mengumumkan pencapaian finansial perusahaan tahun 2019 dengan penjualan konsolidasi global yang mencapai KRW 6,896.4 triliun, serta perolehan operating profit atau laba operasional sebesar KRW 542,9 miliar.

Didukung oleh teknologi terkemuka dan produk dengan kualitas premium, penjualan ban high-inch (ban dengan diameter lebih dari 17 inci) mampu mendominasi penjualan sebesar 55,4% dari seluruh penjualan, mengalami peningkatan 3,1% secara year-on-year atau periode yang sama dengan tahun sebelumnya. Penjualan ini khususnya didukung berkat penjualan ban high-inch yang meningkat di Cina sehingga Hankook mengalami pertumbuhan yang lebih stabil di pasar replacement market (RE) sebagai produk pengganti ban orisinil kendaraan.

Selaras dengan pertumbuhan permintaan segmen produk SUV (sports utility vehicle) secara global, Hankook terus memperkuat pemasaran lini ban high-inch-nya dengan memperbanyak kemitraan strategis dengan produsen mobil premium ternama, seperti Porsche Cayenne generasi ketiga, Audi Q8 generasi terbaru, dan Audi SQ8 TDI.

Sementara itu, penjualan perusahaan juga dipengaruhi oleh persaingan pasar ban global yang semakin intens disebabkan penurunan permintaan pasar otomotif secara global, dan ketidakpastian dari perang dagang sehingga penurunan laba perusahaan tak terhindarkan.

Di tahun 2020 ini, Hankook Tire menargetkan perolehan penjualan sebesar KRW 7,2 triliun dan peningkatan laba operasional year-on-year. Hankook Tire ingin fokus memperkuat citra premium dengan menggenjot penjualan ban high-inch. Sementara itu, President Hankook Tire Sales Indonesia Yoonsoo Shin menyiapkan sejumlah strategi bagi PT. Hankook Tire Sales Indonesia yang menaungi seluruh kegiatan penjualan dan distribusi produk di Indonesia.

“Kami di Indonesia juga memiliki fokus produk yang sejalan dengan orientasi global, yaitu produk ban penumpang segmen SUV. Target penjualan global tahun 2020 ini menjadi tugas bersama bagi seluruh jaringan penjualan Hankook di seluruh wilayah, tak terkecuali Indonesia yang membutuhkan strategi khusus dalam merebut pasar yang lebih luas. Kami berencana tidak hanya mengandalkan jaringan retail saja. Hankook siap memasok produk bagi manufaktur mobil di Indonesia yang ingin mencari alternatif ban berkualitas premium dengan nilai ekonomis sebagai Original Equipment (OE)” ungkap President Hankook Tire Sales Indonesia Yoonsoo Shin.

Agar mampu bertahan di tengah dinamika industri yang kerap berubah, Hankook Tire konsisten memperkuat budaya perusahaan yang berorientasi kecepatan dan fleksibel, sehingga dapat mendorong budaya kerja yang proaktif melalui inovasi cara kerja karyawan, dan mempercepat kinerja perusahaan menjadi perusahaan global papan atas.

Q4 2019 Hasil Keuangan Konsolidasi

(Unit: Milyar KRW)

Q4 2018

Q3 2019

Q4 2019

Penjualan

1,725.2

 1,835.3

 1,678.1

Laba Operasional

145.0

 180.4

 116.2

 

(Unit: Juta USD)

Q4 2018

Q3 2019

Q4 2019

Penjualan

 1,530.1

 1,538.1

1,427.2

Laba Operasional

 128.6

 151.2

98.8

 

 

*Nilai Tukar:

 

 

Q4 2018

Q3 2019

Q4 2019

USD / KRW

1,127.52

1,193.24

1,175.81

 

Hasil Keuangan Konsolidasi 2019

(Unit: Milyar KRW)

2018

2019

Penjualan

6,795.0

6,896.4

Laba Operasional

702.6

542.9

 

(Unit: Juta USD)

2018

2019

Penjualan

6,175.76

5,916.4

Laba Operasional

638.6

465.7

 

 

*Nilai Tukar:

 

2018

2019

USD / KRW

1,100.30

1,165.65

EUR / KRW

1,298.63

1,304.81

 (CATATAN: Nilai tukar rata-rata untuk periode tahunan yang diberikan, diambil dari Korea Exchange Bank).

Tentang Hankook Technology Group Co., Ltd.
Pada 8 Mei 2019, Hankook Tire Group mengubah nama perusahaan induk (holding) dan afiliasinya. Guna membangun sistem merek terpadu yang menghasilkan inovasi berbasis teknologi dan merek global ‘Hankook’ dengan afiliasi utama, maka nama ‘Hankook Technology Group’ menjadi nama baru yang diresmikan.

Hankook Technology Group terdiri dari sejumlah perusahaan induk, yaitu Hankook Technology Group Co., Ltd., Hankook Tire & Technology Co., Ltd., Hankook AtlasBX Co., Ltd., Hankook Precision Works Co., Ltd., Hankook Networks Co., Ltd., Hankook Engineering Works Co., Ltd., Hankook Car & Life Co., Ltd., and Model Solution Co., Ltd.

Hankook Tire & Technology Co, Ltd adalah produsen ban pertama Korea yang tumbuh bersama dengan industri ban Korea. Saat ini Hankook menjadi produsen ban mobil terbesar di Korea, dengan empat kantor pusat regional, tiga puluh cabang penjualan, lima pusat R&D dan delapan lokasi produksi di seluruh dunia. Hankook menjual produknya di lebih dari 180 negara, sehingga Hankook memegang peringkat produsen ban terbesar ke-6 di dunia dalam hal penjualan. Hankook merupakan perusahaan global dengan lebih dari 80% dari total penjualannya di pasar internasional.

Hankook Tire & Technology dicintai pengguna berkat kualitas produk yang istimewa dan pengalaman yang memuaskan. Hankook akan terus mengembangkan teknologi yang ramah lingkungan dan melakukan beragam kegiatan yang dapat berkontribusi bagi masyarakat setempat, untuk berbagi dan memberikan kembali cinta dari para pengguna serta terus mencapai pertumbuhan yang sehat dan berkelanjutan.

 


Release Terkini


2020 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved