July
11
2019
     20:27

National Anti Fraud Conference (NAFC) 2019

National Anti Fraud Conference (NAFC) 2019

Untuk kesepuluh kalinya, ACFE Indonesia menggelar perhelatan akbar, 2019 National Anti Fraud Conference (NAFC). Mengambil tempat di Discovery Kartika Plaza Hotel Bali, event ini berlangsung selama dua hari, Rabu dan Kamis tanggal 10 dan 11 Juli 2019.

“Embracing Technology to Sustain Economic Growth – Anti Fraud Perspective” menjadi tema NAFC tahun ini, seiring dengan keberadaan revolusi industri 4.0 yang telah membawa perubahan besar dalam kehidupan manusia, terutama terkait perubahan bentuk dan pengelolaan bisnis, keterbukaan informasi dan kemudahan bertransaksi. Perubahan tersebut telah menimbulkan konsekuensi berupa isu keamanan yang harus dikelola risikonya. Melalui NAFC 2019 ini, para penggiat anti fraud diharapkan memperoleh perspektif baru dalam pencegahan dan investigasi fraud yang berkembang kian canggih dan sulit ditelusuri.

Sesaat setelah pembukaan acara oleh Presiden ACFE Indonesia Chapter, Gatot Trihargo, Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi Bali, Dewa Made Indra menyampaikan ungkapan terima kasih kepada ACFE Indonesia dalam Keynote Speech-nya karena Bali telah dipercaya sebagai tempat penyelenggaraan NAFC 2019. Dewa Made Indra juga mengungkapkan bahwa topik yang diangkat dalam NAFC ini in line dengan visi Pemerintah Provinsi Bali dalam mewujudkan kehidupan krama Bali yang sejahtera dan bahagia serta berbasis pada teknologi dengan tetap memperhatikan keseimbangan alam, krama dan budaya Bali. Salah satu di antara upaya yang ditempuh Pemerintah Provinsi Bali adalah membangun konsep “Bali Smart Island”.

Agenda dilanjutkan dengan panel diskusi maupun track diantaranya terkait potensi fraud di era teknologi informasi, pencegahan fraud pada e-commerce dan millennials business, identity theft, continuous audit and continuous monitoring for effective fraud prevention, pemanfaatan forensic data analytic dalam pendeteksian fraud, social media investigation, serta human behaviour observation pada proses investigasi.

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, ACFE Indonesia juga menyelenggarakan National Call for Paper (NCfP) Seminar 2019 tepat sehari sebelum NAFC dilaksanakan yaitu pada hari Selasa, 9 Juli 2019. Mengangkat tema “Fostering Anti-Fraud Measures to Support Government Programs”, penyelenggaraan NCfP 2019 diharapkan menjadi sarana bagi para penggiat maupun pemerhati anti fraud baik dari kalangan praktisi maupun akademisi agar menghasilkan penelitian-penelitian terkait ragam alternatif program anti-fraud yang dapat mengawal program­-program pemerintah guna memajukan perekonomian negara. Tak kurang dari 30 makalah telah diterima ACFE Indonesia sejak Maret 2019 dan sebanyak 13 makalah dipresentasikan dalam NCfP Seminar tahun ini.

Seluruh rangkaian kegiatan ini merupakan bentuk kontribusi ACFE Indonesia secara dinamis dan terus menerus dalam upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi serta kejahatan ekonomi di Indonesia seiring dengan perkembangan yang ada sesuai dengan visi ACFE Global Together Reducing Fraud Worldwide.


Contact Information 1:
Randy Rizki

secretariat@acfe-indonesia.com
(021) 57933295

Release Terkini