October
19
2020
     11:12

Multi Bintang Indonesia Mengukuhkan Ambisi untuk Menjadi Perusahaan Terdepan Dalam Keberlanjutan di Indonesia

Multi Bintang Indonesia Mengukuhkan Ambisi untuk Menjadi Perusahaan Terdepan Dalam Keberlanjutan di Indonesia

Jakarta, 16 Oktober 2020 – Multi Bintang Indonesia, produsen minuman Bir Bintang dan Heineken di Indonesia, mengumumkan langkah-langkah dan perkembangan dalam upaya menjadi perusahaan terdepan dalam aspek keberlanjutan di Indonesia melalui peluncuran Sustainability Report 2019.

Saat ini, setengah dari energi yang digunakan di fasilitas produksi Multi Bintang berasal dari sumber energi terbarukan, dan perusahaan memiliki target untuk mencapai 100% penggunaan energi terbarukan pada tahun 2025 sebagai upaya mengurangi jejak karbon.

Sebagai peracik bir tertua di Indonesia, sepanjang perjalanannya Multi Bintang telah belajar untuk berkembang dalam kondisi lingkungan yang selalu berubah, dan perubahan iklim merupakan salah satu tantangan terbesar yang kita hadapi di era ini. Perusahaan berkomitmen untuk terus berkontribusi menciptakan masa depan yang lebih cerah dan berkelanjutan bagi masyarakat dan bumi ini, melalui strategi keberlanjutan “Brewing a Better World”, yang berpusat pada kemitraan dan kolaborasi dengan para karyawan, masyarakat sekitar, dan pemangku kepentingan lainnya.
 
“Selama sembilan dekade, kami meracik dan menyajikan Bir Bintang, merek bir paling ikonik di Indonesia. Kami berkomitmen untuk selalu menyajikan produk dengan kualitas terbaik bagi para konsumen, dengan senantiasa menempatkan bumi ini dan manusia yang ada di dalamnya sebagai pusat dari perusahaan kami. Oleh karena itu, kami menetapkan target yang ambisius untuk perusahaan ini dalam perjalanan keberlanjutan kami dan selalu berusaha untuk membuat dampak yang berarti,” ujar Ika Noviera, Direktur Corporate Affairs Multi Bintang Indonesia.
 
Mengangkat tema "Brewing a Limitless Tomorrow", Sustainability Report 2019 menggambarkan bagaimana perusahaan mengintegrasikan seluruh kegiatan bisnis dan berkolaborasi dengan para pemangku kepentingan utama dalam berbagai inisiatif. Laporan tersebut mengangkat berbagai progres dan pencapaian Multi Bintang terkait area fokus penting yang mendukung upaya perusahaan untuk mengembangkan rantai nilai berkelanjutan secara menyeluruh:
 
Pengurangan Emisi Karbon:
Percepatan ambisi Multi Bintang untuk menggunakan 100% energi terbarukan dalam proses produksi, sebagai upaya mendukung ambisi pemerintah Indonesia untuk mencapai 23% energi terbarukan pada 2025.
Pencapaian 97,34% kemasan yang dikembalikan dan digunakan kembali (botol bekas, kaleng, dan barel) serta 98% byproducts yang didaur ulang (spent grain, sludge, dan abu sekam padi).
 
Perlindungan Sumber Daya Air:
Air merupakan salah satu bahan dasar utama dari bir. Oleh karena itu, setiap tetesnya menjadi penting, dan merupakan tanggung jawab perusahaan untuk melindungi sumber daya air. Melalui program Pengelolaan Restorasi Terpadu Berbasis DAS bersama Yayasan Konservasi Alam Nusantara, kami ingin melindungi dan memulihkan DAS Cisadane untuk mencapai target pemulihan air 100%. Melalui upaya reboisasi, kami telah mengembalikan 35 juta liter air ke alam setiap tahunnya, atau setara dengan konsumsi air 350.000 orang per hari.
Peluncuran program tiga tahun untuk pemulihan sumber daya air yang bernama “River2River Journey”, dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang penurunan kualitas sumber daya air akibat limbah rumah tangga.
 
Tumbuh Bersama Masyarakat Melalui Advokasi Pengelolaan Limbah Bertanggung Jawab:
Peluncuran program “Sungai Watch” di Bali bekerja sama dengan Make a Change World, untuk memperkenalkan budaya pengelolaan limbah bertanggung jawab di kawasan pariwisata dengan tujuan mencegah limbah mencemari sungai-sungai dan lautan.
Penambahan jumlah bank sampah dari 238 unit pada 2018 menjadi 273 unit per Desember 2019, yang tersebar di 18 wilayah di Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur dan Kota Tangerang, Banten.
 
Konsumsi Bertanggung Jawab:
Kami percaya bahwa produk-produk kami harus dinikmati secara bertanggung jawab, dan penting bagi kami untuk menciptakan lingkungan yang positif bagi konsumen. Kami melibatkan para pelanggan, seperti bar dan restoran, untuk mendukung konsumsi yang bertanggung jawab dengan memberikan pelatihan kepada outlet mitra dan para karyawan mereka.
Secara bersamaan, kami juga menawarkan lebih banyak pilihan minuman bebas alkohol kepada para konsumen.
 
Di tahun yang sama, Multi Bintang mendapat kehormatan untuk menerima Sustainable Business Awards 2019, dengan kategori Special Recognition on Workforce. Penghargaan tersebut merupakan simbol pengakuan atas kontribusi Multi Bintang dalam mendukung budaya inklusif dan keragaman dalam perusahaan.
 
“Multi Bintang selalu berusaha untuk menjadi lebih baik, sekarang dan untuk generasi mendatang. Sepanjang 88 tahun perjalanan kami di Indonesia, kami percaya bahwa semua yang telah kami capai tidak akan mungkin terjadi jika kami melakukannya sendiri. Bersama dengan masyarakat sekitar, pemerintah, maupun masyarakat secara luas, kita semua dapat membantu membangun Indonesia yang lebih cerah dan lebih hijau,” tutup Ika.
 
Sustainability Report 2019 dan informasi lebih lanjut tentang kebijakan perusahaan, perkembangan, dan berita lainnya tersedia di situs resmi Multi Bintang www.multibintang.co.id/id/sustainability.
 
Tentang PT Multi Bintang Indonesia (Persero) Tbk – www.multibintang.co.id
 
Multi Bintang Indonesia, bagian dari The HEINEKEN Company, tumbuh kuat menjadi perusahaan minuman yang terkemuka dan bertanggung jawab serta dengan bangga menjadi bagian sejarah Indonesia selama lebih dari 88 tahun. Multi Bintang identik dengan Bir Bintang, merek bir ikonik di Indonesia.

Selain itu, Multi Bintang juga menawarkan portofolio merek bir seperti Heineken (merek bir premium di dunia), Bintang Radler dengan kadar alkohol rendah, dan minuman nonalkohol seperti Bintang Radler 0.0%, Bintang Zero 0.0%, Green Sands, dan Fayrouz di Indonesia. Baru-baru ini, Multi Bintang juga memasarkan Strongbow, merek cider no. 1 di dunia. Selain produk, Multi Bintang juga bersinar melalui kinerja dan sumber daya manusianya. Multi Bintang dianugerahi Top Capital Market sektor makanan minuman 2017, Stellar Workplace Awards 2017, Sustainable Business Awards 2016-2018, dan Bir Bintang dianugerahi sebagai Most Valuable Indonesian Brand 2013-2019.


Release Terkini


2020 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved